Advertisement

Cara Transfer ShopeePay ke DANA Tanpa Ribet

Rancakmedia.com – Kabar gembira buat kita semua tentunya, sekarang kita mudah sekali untuk melakukan Transfer ShopeePay ke DANA, tanpa ribet yuk simak artikel berikut ini.

Untuk mentransfer dana ShopeePay ke DANA atau rekening bank lain atau dompet digital, kamu hanya membutuhkan aplikasi Shopee yang sudah dikonfirmasi. ShopeePay adalah layanan dompet elektronik yang ditawarkan oleh pengecer online.

Layanan ini tidak hanya memudahkan pembayaran pembelian, tetapi juga memberikan sejumlah keuntungan lainnya. Salah satu fitur ini adalah kemampuan untuk memindahkan uang antara rekening bank dan dompet digital.

Perkembangan Dompet Digital

Jelas, dompet digital telah menjadi mekanisme pembayaran yang populer. Menurut JP Morgan, pada tahun 2021, pertumbuhan dompet digital telah mencapai 47 persen. Pertumbuhan yang jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Perkembangan Dompet Digital

Bisnis dompet digital sedang dalam pengawasan pemerintah Indonesia. Bank Indonesia harus menyetujui semua penyedia dompet digital yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan tersebut dapat melayani masyarakat secara sah sekarang setelah diberikan izin oleh Bank Indonesia.

Pada tahun 2020, transaksi uang elektronik dengan menggunakan dompet digital diperkirakan akan melebihi nilai Rp 201 triliun, menurut Bank Indonesia. Nilai ini naik sekitar 38,62 persen dibandingkan tahun 2019 yang hanya Rp 145 triliun.

Pembelian ritel menyumbang 28% dari total penggunaan dompet digital pada kuartal pertama tahun 2020. Layanan transportasi (27 persen), pesanan makanan (20 persen), e-commerce (15 persen), dan layanan pembayaran tagihan mengikuti di belakang (7 persen). ).

Dompet Digital Paling Populer di Indonesia Tahun 2020

  1. ShopeePay (34%)
  2. OVO (28%)
  3. DANA (14%)
  4. LinkAja (7%)

Tentu saja, potensi dompet digital di Indonesia akan berkembang di tahun-tahun mendatang. Orang-orang yang mulai mengikuti dunia digital pada akhirnya akan terbiasa dengan dompet digital dan mulai menggunakannya.

Memang benar bahwa dompet digital memudahkan untuk melakukan pembayaran. Tidak hanya di internet, tetapi juga di dunia nyata. Selain itu, dompet digital juga mencakup kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk membayar hutang, membayar tagihan, berinvestasi dan sebagainya.

Tinjauan Singkat ShopeePay

ShopeePay tidak seperti dompet digital stand-alone lainnya. Tidak perlu mengunduh aplikasi Shopee di aplikasi untuk menggunakan ShopeePay. Sejak awal, layanan ini diberikan oleh Shopee agar pengguna dapat menggunakan opsi pembayaran yang nyaman.

ShopeePay adalah layanan dompet digital yang disediakan oleh Shopee, memungkinkan pengguna Shopee untuk menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. ShopeePay dapat digunakan untuk berbagai hal, antara lain:

  1. Gunakan aplikasi Shopee atau kartu kredit situs web kamu untuk melakukan pembelian.
  2. Aplikasi dan situs web merchant langsung, seperti yang tidak dihosting oleh Shopee, dapat digunakan untuk menyelesaikan pembelian online kamu.
  3. Lakukan transaksi pembayaran secara offline, melalui QRIS atau QR Code.
  4. Transfer saldo Shopee ke rekening bank dan dompet digital.
  5. Dll.

ShopeePay telah populer di kalangan pengguna Shopee sebagai mekanisme pembayaran sejak pertama kali dirilis. ShopeePay memudahkan pembayaran belanjaan di Shopee. ShopeePay tidak memerlukan penggunaan rekening bank.

Untuk memanfaatkan ShopeePay, kamu hanya perlu mengaktifkannya. kamu dapat mendaftar dengan memberikan nomor telepon yang aktif. kamu hanya dapat menggunakan ShopeePay jika kamu telah memenuhi semua syarat dan ketentuan.

Cara Mengaktifkan ShopeePay

Pengguna baru Shopee mungkin tidak tahu cara menggunakan ShopeePay. kamu tidak bisa langsung memanfaatkan fungsi ini, meski sudah bisa diakses di Shopee. Fitur ini hanya tersedia ketika aktivasi telah terjadi.

Sebelum mempelajari cara transfer ShopeePay ke DANA, kamu harus bisa mengaktifkan ShopeePay terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, luncurkan aplikasi Shopee yang terpasang di ponsel.
  2. Buka menu ShopeePay dengan memilihnya dari daftar drop-down.
  3. Klik Saya Setuju setelah kamu membaca dan memahami syarat dan ketentuan.
  4. Kemudian tunggu beberapa saat hingga sistem mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor ponsel yang kamu daftarkan di Shopee.
  5. Setelah kode verifikasi dimasukkan, masukkan ke dalam kolom yang diberikan.
  6. Selanjutnya, buat PIN ShopeePay, yang diperlukan untuk verifikasi saat kamu akan melakukan pembayaran.
  7. Setelah membuat PIN ShopeePay, klik halaman untuk otentikasi identitas, yaitu sidik jari (Android) dan Face IDE/Touch IDE (Apple) (Apple).
  8. Kamu dapat mengonfigurasi otentikasi identitas nanti jika kamu tidak memerlukannya.
  9. Selesai, ShopeePay sudah aktif dan kamu dapat menggunakannya untuk penggunaan yang berbeda.

Apakah ShopeePay sudah bisa digunakan? kamu harus melakukan top up akun ShopeePay kamu terlebih dahulu. Ya, kamu harus memasukkan saldo kamu untuk menggunakan ShopeePay sebagai opsi pembayaran.

Cara Top Up ShopeePay

Saldo ShopeePay tidak cukup untuk transfer ke DANA? Jangan khawatir; ada berbagai metode yang tersedia untuk mengisi saldo ShopeePay kamu. Siapapun dapat melakukannya, bahkan jika mereka tidak memiliki nomor rekening. Berikut adalah beberapa metode untuk menambahkan dana ke akun ShopeePay kamu:

ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Kamu dapat menambahkan uang ke saldo ShopeePay kamu di ATM dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Masukkan kartu ATM kamu ke dalam slot.
  2. Pilih Penagihan Akun Virtual dari menu utama yang muncul.
  3. Masukkan nomor Virtual Account 8807 + Nomor Handphone yang terdaftar di Shopee.
  4. Minimum Rp 10.000 diperlukan sebagai top-up.
  5. Jika nama penerima muncul di layar ATM dan cocok dengan akun Shopee, pilih Ya.
  6. Selesai.

Cara Top Up ShopeePay

Mobile Banking

Jika kamu menginstal aplikasi mobile banking di ponsel cerdas kamu, kamu dapat menggunakannya untuk mengisi saldo ShopeePay kamu. Pendekatan ini lebih sederhana dan lebih cepat, tidak perlu keluar rumah sama sekali. Namun pastikan untuk memanfaatkan koneksi internet yang stabil, agar materi saldo tidak sulit.

  1. Luncurkan aplikasi mobile banking kamu.
  2. Masuk ke menu dompet elektronik.
  3. Pilih ShopeePay.
  4. Pilih New Input dari menu drop-down (jika kamu belum pernah top up sebelumnya).
  5. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di Shopee.
  6. Mengisi ulang akun kamu semudah memasukkan jumlah yang sesuai.
  7. Setelah itu, nama penerima akan muncul di layar; periksa kembali apakah sudah benar.
  8. Terakhir, masukkan kata sandi transaksi dan klik Lanjutkan.
  9. Selesai.
Baca Juga:  Cara Pinjam Uang di Aplikasi DanaRupiah

Internet Banking

  1. Akses akun perbankan online kamu.
  2. Masuk ke menu Transfer dan pilih Virtual Account Billing.
  3. Masukkan nomor VA ShoppePay yaitu 807 + nomor handphone yang terdaftar.
  4. Klik Next setelah memilih Debit Account sebagai metode pembayaran kamu.
  5. Kemudian masukan nominal top up minimal Rp 10.000.
  6. Pastikan nama di layar sesuai dengan akun Shopee kamu.
  7. Jika sudah, masukkan Kode Otentikasi Token dan klik Proses.
  8. Selesai.

Alfamart, Alfamidi dan Dan+Dan

  1. Buka Shopee.
  2. Pilih Saya dan lanjutkan ke
  3. Pilih Isi Saldo dan pilih Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan.
  4. Selanjutnya akan muncul nomor telepon yang terdaftar di Shopee, jika sudah sesuai klik OK.
  5. Setelah konfirmasi, silakan langsung ke Alfamart/Alfamidi/Dan + Dan.
  6. Saat kamu pergi ke register, berikan nomor telepon Shopee kamu kepada petugas dan jumlah yang diminta.
  7. Selesai.

Hampir semua ATM bank, internet banking, dan mobile banking dapat digunakan untuk mengisi saldo ShopeePay kamu. Jika kamu belum memilikinya, kamu dapat mengisi saldo ShopeePay kamu di minimarket langsung di atas.

Namun, sebelum mengisi saldo kamu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui:

  1. Minimal saldo minimal Rp 10.000.
  2. Saldo maksimum ShopeePay adalah Rp2.000.000 jika tidak divalidasi.
  3. Saldo ShopeePay dapat dimiliki hingga Rp10.000.000.
  4. Batas akumulasi uang yang masuk ke ShopeePay setiap bulan adalah Rp. 20.000.000, sebelum dikembalikan ke 0 lagi setiap tanggal 1.

Cara Upgrade ShopeePay

kamu harus meningkatkan ke ShopeePay Plus untuk mentransfer ShopeePay ke akun atau lokasi lain. Lebih banyak fitur ShopeePay, seperti batas saldo Rp10.000.000,- kini tersedia untuk kamu.

Ada banyak layanan tambahan yang bisa kamu nikmati setelah menggunakan ShopeePay Plus, seperti transfer, tarik tunai, minta dana dan lain sebagainya. Memverifikasi kartu ID kamu adalah semua yang diperlukan.

Tentu saja, orang yang pertama kali mengaktifkan ShopeePay akan bingung. Namun, ini cukup sederhana dan cepat. Sebelumnya, pelajari syarat dan ketentuan upgrade ke ShopeePay Plus di bawah ini:

  1. Buka akun Shopee.
  2. Menggunakan aplikasi terbaru dari Shopee.
  3. Telah mengkonfirmasi nomor telepon dan alamat email.
  4. Sudah mengaktifkan opsi ShopeePay.
  5. Verifikasi KTP atau KITAS digunakan.
  6. kirimkan foto KTP dan selfie memegang KTP.
  7. Jangan lupa untuk memilih jaringan internet yang layak agar prosedur upgrade ke ShopeePay Plus berjalan dengan sukses. Ya, kamu dapat meningkatkan ke ShopeePay Plus di PC atau smartphone; pilihan ada padamu.

Tenang, proses upgradenya cukup cepat, hanya kurang lebih 5 menit. Namun, kamu harus menunggu setidaknya 2—24 jam setelah mendaftar sebelum menggunakan ShopeePay Plus. ShopeePay Plus dapat ditingkatkan dengan cara berikut.

  1. Buka aplikasi Shopee dan buka ShopeePay.
  2. Jika kamu belum memperbarui, akan ada tulisan “Upgrade ke ShopeePay Plus” untuk mengakses semua manfaat di situs web ShopeePay.
  3. Tingkatkan Sekarang adalah semua yang diperlukan.
  4. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke layar di mana kamu dapat memverifikasi kredensial KTP/KITAS kamu.
  5. Kemudian isikan nama, No. KTP/KITAS.
  6. Kemudian klik + untuk mengirimkan foto KTP/KITAS yang jelas. Usahakan untuk memotret di lingkungan yang terang agar hasilnya jelas dan tidak kabur.
  7. Menambahkan foto diri kamu dengan KTP/KITAS semudah mengklik tkamu Plus (+).
  8. Selanjutnya isikan seluruh data diri kamu, mulai dari TTL, jenis kelamin, alamat sesuai identitas, pekerjaan saat ini, nomor HP aktif hingga nama ngengat biologis kamu.
  9. Klik Konfirmasi setelah kamu selesai memasukkan semua informasi kamu.
  10. Harap periksa kembali entri kamu sebelum mengklik tombol Lanjutkan.
  11. Setelah itu akan muncul Sent Information, kamu tinggal klik OK.
  12. Selesai.
  13. Sekarang yang harus kita lakukan adalah menunggu Shopee kembali kepada kita.

Saat ini Terverifikasi akan muncul di akun kamu selama proses verifikasi, yang mungkin memakan waktu hingga dua hari. Setelah aplikasi diterima, kamu akan mendapatkan pesan yang menunjukkan bahwa KTP/KITAS kamu telah berhasil dikonfirmasi.

Jika kamu tidak memiliki identitas, lalu bagaimana? Jangan khawatir, kamu mungkin masih menggunakan kartu identitas lain, seperti paspor dan SIM. Orang Asing dapat menggunakan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan juga dapat menggunakan KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) (Kartu Izin Tinggal Tetap).

Keuntungan Melakukan Ppgrade ShopeePay

  1. Limit saldo ShopeePay bisa melebihi Rp10.000.000, yang awalnya hanya Rp2.000.000.
  2. Fungsi Penarikan Dana memungkinkan kamu untuk mentransfer dana dari akun ShopEePay kamu ke rekening bank atau dompet digital untuk digunakan di minimarket mitra untuk menarik uang tunai.
  3. Fungsi transfer untuk mengirimkan saldo ke rekening bank dan dompet digital lainnya.
  4. Meminta Layanan Dana, kamu dapat meminta transfer saldo ke pengguna ShopeePay lainnya.
  5. Transfer ke dan dari rekening bank, dompet digital, dan akun ShopeePay lainnya semuanya gratis.
  6. Diskon khusus, gratis ongkos kirim hingga pengembalian 90 persen.
  7. Tidak ada biaya untuk top up.
Baca Juga:  Cara Transfer Shopeepay Ke Gopay Tanpa Ribet

Cara Transfer dari ShopeePay ke DANA

Kabar baiknya, Shopee tidak mengenakan biaya admin saat kamu ingin mentransfer ShopeePay ke DANA. Jadi, saat transfer saldo ShopeePay ke DANA, saldo yang dikeluarkan hanyalah nominal transfer. Misalnya, jika kamu ingin mentransfer Rp. 20.000 bila saldonya Rp. 50.000, maka sisanya adalah Rp. 30.000.

Cara Transfer dari ShopeePay ke DANA

Bagi kamu yang ingin mentransfer ShopeePay ke DANA untuk pertama kalinya, di bawah ini kamu dapat menemukan cara mentransfer ShopeePay ke DANA yang sesuai:

  1. Unduh dan gunakan aplikasi Shopee di smartphone atau tablet kamu.
  2. Masuk ke menu ShopeePay.
  3. Kemudian pilih opsi Transfer.
  4. Kemudian pilih Tarik ke Rekening Bank.
  5. Selanjutnya, masukkan kode DANA + nomor ponsel yang terdaftar di DANA. 8059 + nomor ponsel adalah format stkamur; contohnya mungkin 805908123456789.
  6. Klik OK setelah kamu memasukkan PIN ShopeePay untuk mengonfirmasi transfer.
  7. Prosedur transfer ShopeePay ke DANA sudah selesai, silahkan buka DANA untuk cek ada uang masuk.

Cara Menggunakan Dompet Digital DANA

Kemajuan teknologi terus-menerus mengarah pada peningkatan yang lebih menarik, lugas, dan bermanfaat. Dompet digital elektronik, terkadang dikenal sebagai “e-wallet”, adalah salah satu jenis teknologi keuangan, seperti DANA.

Ya, ini menjawab pertanyaan kamu tentang aplikasi pendanaan untuk apa. Karena betapa bermanfaatnya itu, ada banyak pilihan untuk bagaimana membelanjakan uang ini. DANA juga sangat menguntungkan karena dapat digunakan baik offline maupun online.

Sangat praktis dan mengurangi bahaya kehilangan uang atau dompet karena uang elektronik tidak memiliki bentuk fisik. Aplikasi yang diinstal sebelumnya pada ponsel cerdas kamu mungkin membantu kamu menghemat uang.

Cara Menggunakan Dompet Digital DANA

Cara Transfer Dana ke ShopeePay

Selain perlu mengetahui cara transfer ShopeePay ke DANA, kamu juga harus mengetahui cara sebaliknya yaitu transfer dari DANA ke ShopeePay. Tenang, caranya juga sama mudahnya, simak petunjuknya di bawah ini:

  1. Unduh dan gunakan aplikasi Shopee di smartphone atau tablet kamu.
  2. Masuk ke ShopeePay dan klik Isi Saldo.
  3. Selanjutnya pilih mau kemana uangnya, seperti Bank Mandiri.
  4. Selanjutnya, setuju untuk mendapatkan kode transfer, yaitu 893+nomor ponsel yang terdaftar di ShopeePay, misalnya 8930833XXXXXXXX.
  5. Setelah kamu mengklik Salin, kode disalin ke papan klip kamu.
  6. Menggunakan DANA di ponsel cerdas kamu, pilih Kirim saat aplikasi terbuka.
  7. Kemudian pilih Kirim ke Rekening Bank.
  8. Pilih Bank Mandiri sebagai bank tujuan kemudian paste kode transfer dari ShopeePay sebelumnya.
  9. Isi semua informasi penting lalu klik Add New Bank.
  10. Sekarang masukkan jumlah yang ingin kamu kirim ke ShopeePay, dengan minimal Rp 10.000.
  11. Selanjutnya cek kembali nomor handphone dan nominal transfer, jangan sampai ada yang salah.
  12. Konfirmasikan pilihan kamu dengan mengklik Konfirmasi dan memasukkan PIN DANA yang muncul di layar konfirmasi.
  13. Tunggu ShopeePay menyelesaikan prosedur transfer DANA.

Cara Tarik saldo ShopeePay

Saldo ShopeePay kamu dapat dikirim ke DANA atau ditarik dan dikirim ke saldo bank kamu melalui DANA. Bagaimana caranya? Pastikan kamu sudah menggunakan ShopeePay Plus, dan kamu siap melakukannya.

Kamu dapat mempelajari cara memeriksa uang dari saldo ShopeePay kamu di sini:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel kamu.
  2. Masuk ke menu ShopeePay dan pilih Tarik Dana.
  3. Kemudian klik Add untuk memasukkan rekening bank yang kamu inginkan.
  4. Kemudian isi Bank Details dengan lengkap dan akurat dan klik Next.
  5. Periksa kembali detail rekening bank kamu di konfirmasi
  6. Jika kamu yakin tidak ada yang salah, klik Selesai.
  7. Sekarang giliran kamu untuk menunggu; prosedur verifikasi dapat memakan waktu hingga dua puluh empat jam.
  8. Setelah rekening yang kamu masukkan telah tervalidasi dengan benar, pilih rekening dan jumlah saldo yang ingin kamu transfer (minimal Rp 5.000). (minimal Rp 5.000).
  9. Langkah selanjutnya adalah memverifikasi rincian penarikan dan kemudian klik Next.
  10. Kemudian klik Konfirmasi untuk menyelesaikan penarikan.
  11. Verifikasi metode pembayaran kamu menggunakan PIN ShopeePay atau Touch/Face ID.
  12. Akhirnya, rincian penarikan kamu akan ditampilkan.
  13. Penarikan akan ditangani dalam 1 hari kerja.
  14. Selesai.

Cukup mudah untuk memindahkan uang dari ShopeePay ke DANA atau sebaliknya. Hebatnya lagi, Shopee tidak akan mengenakan biaya administrasi, sehingga saldo ShopeePay tidak akan berkurang banyak. kamu dapat menarik uang dari ShopeePay ke rekening bank Indonesia serta mengirimkannya ke DANA.

Kesimpulan

ShopeePay adalah layanan dompet elektronik yang ditawarkan oleh pengecer online. Untuk mentransfer dana ShopeePay ke DANA atau rekening bank lain atau dompet digital, kamu hanya membutuhkan aplikasi Shopee yang sudah dikonfirmasi.

Situs cashback seperti ShopEePay dan LinkAja. ShopeePay adalah layanan dompet digital yang disediakan oleh Shopee.  Pengguna dapat menggunakannya untuk berbagai tujuan, termasuk melakukan pembelian online dan mentransfer uang ke rekening bank dan dompet digital. Untuk memanfaatkan ShopeePay, kamu hanya perlu mengaktifkannya.

Back to top button