Berikut Ini Cara Untuk Menghilangkan Virus Pada Smartphone Anda

Lovata Andrean

Cara Menghapus Virus di Android
Cara Menghapus Virus di Android

Berikut Ini Cara Untuk Menghilangkan Virus Pada Smartphone Anda – Langkah menghilangkan virus di ponsel benar-benar gampang. Anda dapat secara gampang hilangkan virus di ponsel Android cukup dengan beberapa langak simpel.

Seperti computer, hp Android Anda menjadi korban malware. Malware dapat perlambat mekanisme Anda dan membuat masalah yang membuat susah memakai telephone.

Anda harus menghentikannya secara cepat untuk melindungi hp. Ada beberapa langkah yang bisa Anda kerjakan untuk meniadakan malware atau virus dan membuat perlindungan hp Anda.

Ada banyak pilihan untuk pelindungan dan program antivirus yang bisa Anda pakai untuk mengembalikan kesehatan hp Anda dan mengawasinya masih aman.

Berikut cara menghilangkan virus dari gadget anda :

  • Matikan Perangkat

Usai Anda yakin ponsel diserang oleh malware, tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Cara ini mungkin tidak menghentikan malware yang menyebabkan kerusakan, tapi dapat menghentikan masalah menjadi buruk.

Mematikan perangkat juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan meneliti. Apakah Anda tahu aplikasi tertentu yang terinfeksi yang membawa malware ke perangkat Anda? Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi sebagai akar masalahnya, Anda tidak dapat menghapusnya.

  • Beralih ke Safe Mode

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat dan masuk untuk mengisolasi aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu ketuk dan tahan opsi Matikan.

Cara ini akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk untuk Reboot ke Safe mode. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda melakukan reboot sebelum Anda melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai gantinya, untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan mana pun. Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas bayangan pemberitahuan Anda.

  • Arahkan ke Settings dan Temukan Aplikasi

Kunjungi Settings di perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi, tapi itu tergantung pada tema dan pengaturan Anda. Cari jika Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat.

Di Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian bernama Aplikas dan masukkan. Cari daftar semua aplikasi Anda saat ini. Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkapnya. Sesampai di sana, gulir hingga Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi di tengah masalah Anda.

Pilih aplikasinya, dan ini akan memunculkan opsi untuk Uninstall, Force Close, atau Force Stop (seringkali Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya, tetapi aplikasi ini tidak mungkin menjadi masalah).

  • Hapus Aplikasi yang Terinfeksi dan Apa pun yang Mencurigakan

Cukup pilih Uninstall, dan perangkat Android Anda akan menghapus aplikasi yang dimaksud. Ada baiknya juga untuk meninjau daftar aplikasi Anda dan mencopot unduhan yang mencurigakan. Jika belum pernah melihat daftar ini sebelumnya, Anda mungkin terkejut dengan beberapa hal aneh yang dimiliki perangkat Anda di dalamnya.

  • Download Pelindung Malware

Anda harus memberikan banyak perlindungan keamanan dan malware untuk setiap perangkat Android, tapi sangat penting untuk menginstal perangkat lunak antivirus jika Anda sebelumnya tidak beruntung dengan aplikasi yang meragukan. Setelah Anda secara manual menghapus aplikasi yang membuat Anda berduka, Anda perlu meningkatkan keamanan ponsel Anda secara keseluruhan.

Ada banyak pilihan aplikasi untuk membantu Anda dalam hal ini. Lebih baik menggunakan satu aplikasi keamanan dengan banyak kemampuan daripada beberapa aplikasi berbeda yang masing-masing hanya dapat menjalankan satu atau dua fungsi.

Sumber : inews.id

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks