Advertisement

Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome

Rancakmedia.com – Ada beberapa cara untuk cek kuota Indihome kamu yang sudah terpakai. Untuk mengetahui cara lengkapnya simak artikel ini sampai habis ya.

Mengetahui sisa internet indihome atau FUP sangat penting. Karena akan sering melambat dengan sendirinya jika sudah mencapai ambang batas penggunaan minimal. Namun, bahkan sedikit penurunan kecepatan dimungkinkan.

Itu sebabnya menjaga kecepatan tetap konsisten sambil tetap memanfaatkan internet saat ini harus diperhatikan. Artinya, kamu tidak akan menggunakan internet secara berlebihan sehingga penggunaan kamu konsisten dari awal hingga akhir dalam satu sesi.

Apa Saja Cakupan Layanan Indihome

Indihome adalah salah satu penyedia layanan internet broadband paling populer di Indonesia. Karena PT Telkom yang masih tergabung dalam BUMN mengelola dan mengembangkan layanan ini, dulunya bernama Telkom Speedy.

Apa Saja Cakupan Layanan Indihome

Setelah merambah internet ke banyak lokasi di Indonesia. Akhirnya, terjadi rebranding, dan perusahaan tersebut kini dikenal dengan nama indihome. Selain itu, layanan yang diberikan juga lebih beragam dan disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Banyak wilayah Indonesia yang dilayani oleh layanan indihome. Masyarakat tidak lagi harus pergi ke pusat kota untuk menggunakan internet karena layanan ini telah mampu menjangkau sejumlah pelosok pedesaan dan jauh.

Karena Indonesia tertinggal dari negara lain dalam hal ini, pemerintah telah memperhatikan layanan ini, yang telah menyebar ke setiap pelosok tanah air. Keberadaan internet dan layanan digital di berbagai tempat yang jauh dan merata akan memperluas sumber daya manusia di Indonesia.

Maka tidak heran jika layanan dari planet ini telah menjangkau banyak lokasi, bahkan yang sebelumnya tidak memiliki koneksi internet sama sekali. Selanjutnya, biaya layanan internet ini cukup masuk akal untuk disesuaikan dengan anggaran individu.

Batas Pemakaian Wajar (FUP) Indihome

Satu hal yang harus diperhatikan dengan matang jika ingin memanfaatkan layanan internet dari indihome adalah ketersediaan FUP atau yang biasa disebut dengan batas penggunaan wajar. Batas penggunaan yang wajar ini harus ada agar layanan dapat dipertahankan dengan tepat.

Saat memilih paket tertentu, biasanya kecepatan yang diberikan akan sama dengan yang diiklankan. Ketika telah digunakan hingga beberapa ratus GB, biasanya akan menyesuaikan kecepatan karena telah mencapai batas penggunaan minimum.

Batas penggunaan minimum awal adalah pengurangan kecepatan 25 persen. Ini menunjukkan bahwa kecepatan yang tersisa hanya 75% dari kecepatan awal. Misalnya, kecepatan unduh awal 20 Mbps adalah milik kamu. Karena sudah turun kecepatannya menjadi 15 Mbps.

Indihome memberlakukan dua kali lipat batas penggunaan wajar atau FUP. Setelah batas penggunaan wajar pertama terpenuhi dan batas penggunaan wajar kedua tercapai, kecepatan akan berkurang 40%.

Ini menyiratkan bahwa jika set kecepatan awal atau tikungan adalah 20 Mbps. Kecepatan hanya akan tersisa sekitar 8 Mbps. Jika melihat perbandingan ini tentunya kecepatannya akan berkurang sehingga tidak bisa disesuaikan dengan tuntutan kamu.

Jenis FUP Indihome

Jenis FUP indihome berbeda antara bundle yang satu dengan yang lainnya. Karena itu, ada baiknya untuk meninjau daftar FUP berikut sebelum melakukan pembelian atau pemilihan paket.

Jenis Paket FUP 1 FUP 2

  1. 20 Mbps 500 GB (15 Mbps) 800 GB (8 Mbps)
  2. 30 Mbps 700 GB (22,5Mbps) 1200 GB (12 Mbps)
  3. 40 Mbps 900 GB (30 Mbps) 1600 GB (16 Mbps)
  4. 50 Mbps 1200 GB (37,5 Mbps) 2000 GB (20 Mbps)
  5. 100 Mbps 2000 GB (50 Mbps) –
    Suhu terendah paket ini adalah 500 derajat Fahrenheit, seperti yang dapat disimpulkan dari penampilannya. Total 2.000 GB sekarang tersedia. Dari batas ini kamu dapat memodifikasi sendiri paket yang akan diambil.

Katakanlah kamu akan mengambil paket yang digunakan untuk membangun kafe atau tempat nongkrong. Diperlukan bandwidth atau kecepatan yang lebih tinggi untuk wi-fi karena banyaknya individu yang akan menggunakannya.

Dengan begitu kecepatan dapat dimodifikasi dan batas penggunaan wajar masih tinggi. Kecepatannya akan berkurang drastis, dan sepertinya tidak bisa digunakan lagi jika kamu memilih paket yang lebih kecil.

Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome

Setidaknya ada empat pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan kuota indihome. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara mengecek konsumsi kuota indihome kamu.

Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome

Menggunakan My Indihome

Teknik pertama yang bisa dilakukan untuk cek kuota indihome adalah dengan memanfaatkan aplikasi My Indihome. Untuk menggunakan aplikasi, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bagian berikut.

Jika kamu belum memiliki aplikasi ini di smartphone kamu, disarankan untuk mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store jika kamu menggunakan Android dan App Store jika kamu menggunakan iPhone.

Setelah mengunduh kamu dapat masuk jika kamu sudah memiliki akun sebelumnya atau mendaftar jika kamu belum memiliki akun sebelumnya. Setelah prosedur login kamu akan mengakses halaman utama atau rumah.

Untuk melihat jumlah atau sisa kuota yang kamu miliki, kamu dapat mengunjungi Internet dan kemudian Lihat Detail. Di sana kamu akan menemukan informasi kuota yang telah digunakan dalam satu periode.

Pakai Situs Indihome

Pilihan lain yang bisa dilakukan untuk melakukan proses monitoring kuota data adalah dengan memanfaatkan situs dari indihome itu sendiri. Untuk memeriksa, ikuti petunjuk ini.

  1. Coba masuk dulu ke situs indihome.
  2. Jika kamu sudah memiliki akun, kamu dapat dengan mudah masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi kamu.
  3. Jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat melalui prosedur pendaftaran terlebih dahulu.
  4. Setelah kamu berhasil masuk dan mengunjungi halaman utama, kamu akan langsung melihat nama pengguna dan juga spesifikasi internet yang telah digunakan.
  5. FUP sisa atau konsumsi batas wajar akan dapat diakses di sana.

Memanfaatkan SMS

Jika kamu tidak ingin menggunakan dua cara yang disebutkan di atas. kamu masih dapat memeriksa dengan menggunakan SMS. Jadi meskipun pengecekan dilakukan pada smartphone yang sudah usang, mungkin masih bisa beroperasi dengan lancar.

Berikut adalah tindakan yang perlu kamu lakukan untuk memeriksa melalui SMS.

  1. Buka menu SMS pada ponsel Android atau ponsel iPhone yang kamu miliki.
  2. Setelah itu, kamu dapat mengirim email ke 98108 dengan mengetikkan cara berikut.
  3. ISP <spasi> IH <spasi> Lokasi + No Telp IndiHome.
  4. Mengirim formulir semudah mengisinya dan menekan “kirim”.
  5. Dalam beberapa detik akan ada balasan yang merinci kuota yang telah digunakan.
  6. Hal ini dikarenakan pengiriman SMS memerlukan pembayaran biaya operator.
  7. Untuk mendapatkan diskon Rp 350, kamu harus memiliki pulsa minimal Rp 5.000 di ponsel yang ingin digunakan.

Pakai Cara Manual

Membaca yang terakhir secara manual adalah pilihan yang layak bagi mereka yang menginginkannya. Dengan menggunakan aplikasi internet, kamu dapat melacak berapa banyak internet yang dihabiskan online dalam waktu tertentu. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu akan mengetahui berapa banyak data yang digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Jika kamu menggunakan strategi ini, bahkan pemantauan harian akan jauh lebih sederhana bagi kamu. Jadi kamu akan tahu kira-kira berapa banyak internet yang digunakan dalam 1 hari atau dalam 1 minggu. Jika suatu hari kamu telah menggunakan terlalu banyak, kamu dapat dengan cepat membuat simpanan.

Yang terbaik adalah tetap menggunakan internet jika kamu akan menggunakan strategi ini. Ini menyiratkan bahwa itu tidak dapat digunakan dengan orang lain karena perhitungan internet akan menjadi tidak akurat jika digunakan dengan orang lain.

Cek Kuota IndiHome Online Tanpa Login

Berikut tata cara pengecekan sisa kuota IndiHome tanpa login online melalui web:

  1. Kunjungi indihome.co.id untuk informasi lebih lanjut.
  2. Untuk informasi lebih lanjut, link berikut adalah https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota.
  3. Masukkan Nomor IndiHome.
  4. Pastikan nomor IndiHome yang diberikan sudah benar, agar sisa kuota bisa ditampilkan.
  5. Klik Kirim.
  6. Setelah submit, informasi sisa kuota IndiHome akan dapat diakses.

Cek Kuota IndiHome Via Call Center Tanpa Login

Berikut cara cek pemakaian kuota IndiHome melalui contact center:

  1. Hubungi 147.
  2. Panggilan ke 147 harus didahului dengan kode area + 147 agar dapat terkirim. Misalnya menghubungi call center IndiHome Surabaya 031147.
  3. Pilih untuk Berbicara dengan Layanan Pelanggan.
  4. Kamu tidak akan terhubung langsung ke CS IndiHome saat menekan 147. kamu harus memilih untuk berbicara dengan CS IndiHome.
  5. Ajukan Permintaan untuk Cek Kuota IndiHome kamu.
  6. Cek CS untuk bantuan menentukan sisa kuota IndiHome kamu.

Cek Kuota IndiHome Online Via Web di PC

Berikut cara cek kuota IndiHome online melalui web di PC atau laptop:

  1. Kunjungi situs resmi indihome untuk informasi lebih lanjut.
  2. Cari menu Masuk.
  3. Untuk masuk, buka menu Masuk dan pilih opsi yang sesuai.
  4. Masukkan nomor ponsel atau email kamu, lalu klik Login. Bagi yang belum memiliki akun, pelajari cara mendaftar myIndiHome.
  5. Kamu akan diminta memasukkan Kode Kata Sandi Sekali Pakai di bawah.
  6. Kode OTP akan diberikan ke nomor ponsel atau email sesuai dengan login sebelumnya.
  7. Di Bagian Internet di Halaman Berkamu.
  8. Untuk informasi selengkapnya, pilih Lihat semua.
  9. Kuota penggunaan IndiHome ditampilkan di sini.

Mengapa FUP Cepat Habis?

Terkadang seseorang mungkin tidak mengetahui apakah kecepatan internet yang digunakannya telah berkurang. Mereka terus-menerus memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang kecepatan internet indihome, dan mereka menganggapnya lambat dan tidak stabil.

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka mampu melebihi batas FUP dan mengalami penurunan kecepatan yang cukup besar. Untuk mengetahui mengapa batas pemakaian wajar sering habis, simak pertimbangannya berikut ini.

Mengapa FUP Cepat Habis

Digunakan oleh Banyak Orang

Penggunaan internet oleh banyak orang telah memperlambat kecepatannya. Batas Internet, di sisi lain, akan mendorong batas penggunaan wajarnya lebih cepat.

Oleh karena itu, kamu harus membatasi jumlah pengguna keluarga yang memiliki akses internet di rumah. Saat menggunakan indihome pastikan hanya beberapa orang yang mengetahui kata sandinya. Selain itu, pastikan bahwa hanya orang-orang terpilih yang mengetahui dan memanfaatkannya secara wajar.

Berbagi koneksi internet dengan orang lain adalah sesuatu yang sebagian orang suka lakukan. Ada yang bisa mereka lakukan untuk memperlambat. Penurunan kecepatan ini mungkin berjalan sangat substansial sehingga dapat mengganggu pekerjaan atau aktivitas siswa.

Gunakan Anggaran Rendah

Dalam memilih paket, beberapa konsumen sering melakukan kesalahan. Alih-alih mendapatkan jenis paket yang tepat untuk kebutuhan mereka yang sangat besar, mereka memilih opsi termurah. Mari kita asumsikan mereka memilih paket dengan kecepatan atau bandwidth hanya 20 Mbps.

Sedangkan jaringan internet akan dimanfaatkan untuk perusahaan-perusahaan seperti membuka kafe atau menjalankan bisnis lainnya. Jika kamu menggunakan paket yang tidak tepat, kecepatan hanya akan berkurang karena digunakan secara berlebihan. Bahkan kurang dari 1 minggu sudah mencapai FUP 2.

Sebelum membeli paket internet di indihome, pastikan dulu perusahaan yang kamu geluti. Bahkan kecepatan paling lambat pun tidak akan menjadi masalah jika hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Mengunduh Secara Teratur

Cukup jarang unduhan yang sering tidak terdeteksi. Apalagi ketika kamu mengunduh kamu memilih file dengan ukuran yang sangat tinggi. Peluang untuk mendapatkan FUP cukup besar.

Akibatnya, perencanaan ke depan disarankan saat mengunduh file besar. Ini tidak mungkin menjadi perhatian jika itu terjadi hanya kadang-kadang. Namun jika terlalu banyak, mungkin akan bermasalah, apalagi jika digunakan untuk kantor.

Sebelum kamu mulai mengunduh, pastikan untuk menetapkan batas waktu. Jika tidak maka dalam beberapa hari mungkin akan hilang. Terakhir, penggunaan komputer dan smartphone menjadi kurang menyenangkan karena presisi yang semakin berkurang.

Dibobol

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah keberadaan orang yang sengaja membobol internet. Saat ini banyak orang yang sengaja membobol proses tersebut karena tidak mau membayar biaya internet. Itu sebabnya mereka melakukannya secara rahasia.

Pengguna internet sering tidak menyadari bahwa data mereka telah diambil selama perampokan. Jadi, ada potensi yang tidak mereka ketahui sehingga tiba-tiba kecepatan internet akan turun dengan sendirinya.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan menjalankan serangkaian pemeriksaan. Jika ada masalah, bisa dilaporkan langsung ke pihak terkait, seperti operator Telkom, agar bisa cepat ditindaklanjuti.

Menjaga Koneksi Stabil

Untuk menjaga agar koneksi yang diadakan oleh indihome tetap stabil. Beberapa langkah tercantum di bawah ini untuk referensi kamu.

Menjaga Koneksi Stabil

Membatasi Jumlah Unduhan

Untuk menjaga kecepatan pengunduhan indihome yang konstan, kamu harus membatasi jumlah data yang diunduh terlebih dahulu. Pembatasan unduhan ini dapat diterapkan untuk jangka waktu mulai dari satu hari hingga satu minggu. kamu dapat menggunakan hingga 100 GB dalam seminggu.

Selama periode tersebut tidak melebihi 100 GB, tidak akan menjadi masalah jika kamu ingin mengunduh berbagai jenis data. Jika ada lebih dari itu, disarankan untuk membuat simpanan atau hanya menggunakannya untuk browsing.

Menggunakan Jaringan yang Sama

kamu harus dapat berbagi jaringan yang digunakan di rumah atau di bisnis. Misalnya dalam satu paket akan dipisahkan menjadi 2 jaringan dengan kecepatan yang berbeda-beda. Karena memanfaatkan kecepatan yang bervariasi ini, kamu dapat meningkatkan kecepatan untuk jaringan pribadi.

Tidak peduli berapa banyak orang lain yang menggunakan jaringan yang sama, check-in dengan akun yang berbeda tidak berpengaruh pada kecepatan internet. Jadi strategi ini sangat ideal untuk digunakan di tempat kerja sehingga setiap orang dapat memanfaatkan internet dengan baik.

Pemeriksaan Berkala

Lakukan prosedur pengecekan secara berkala dengan memanfaatkan teknik verifikasi penggunaan kuota indihome yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan menggunakan pendekatan ini, kamu dapat memeriksa berapa banyak GB yang telah digunakan setiap hari dan mencari tahu berapa banyak lagi yang tersisa untuk digunakan.

Cek bulanan ini akan memudahkan kamu untuk menabung. Artinya kecepatan internet indihome akan sama untuk seluruh waktu uji coba.

Pilih Ukuran yang Lebih Besar

Terakhir, kamu harus dapat membuat keputusan yang tepat tentang bundel yang kamu inginkan. Akibatnya, harga paket tidak hanya didasarkan pada jumlah pengguna, tetapi juga pada kebiasaan mengunduh masing-masing.

Jika setiap orang memiliki kebiasaan mendownload atau streaming, kemungkinan internet mereka akan cepat mengalami penurunan kecepatan. Akibatnya, peningkatan ke kecepatan internet yang lebih cepat diperlukan.

Saat ini indihome menyediakan berbagai paket internet atau bandwidth yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berdasarkan grafik di atas, kamu dapat memilih berapa banyak bandwidth yang kamu perlukan.

Cara cek pemakaian kuota Indihome sudah dibahas pada ulasan di atas. Idenya adalah bahwa sejumlah faktor harus dipertimbangkan selama prosedur verifikasi. Salah satunya dengan mengetahui nomor peserta dan sudah memiliki akun di indihome.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan faktor-faktor penting tertentu seperti bagaimana melakukan proses pengawetan data. Dengan melakukan save ini kamu tidak perlu khawatir jika terjadi penurunan kecepatan. Jika kamu tidak ingin berurusan dengan FUP, kamu dapat memilih raket yang lebih besar.

Kesimpulan

Indihome adalah salah satu penyedia layanan internet broadband paling populer di Indonesia. PT Telkom yang masih tergabung dalam BUMN mengelola dan mengembangkan layanan ini.

Ada beberapa cara untuk mengecek kuota Indihome kamu yang sudah terpakai. Indihome memberlakukan dua kali lipat batas penggunaan wajar atau FUP. Setelah batas penggunaan wajar pertama terpenuhi, kecepatan akan berkurang 40%.

Artinya, jika kecepatan awal atau tikungan yang ditetapkan adalah 20 Mbps, hanya akan tersisa sekitar 8 Mbps. Setidaknya ada empat pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan kuota indihome.

Related Articles

Back to top button