Cara Menonaktifkan Download Media Otomatis di Whatsapp Serta Manfaatnya

Cara Menonaktifkan Download Media Otomatis di Whatsapp Serta Manfaatnya – WhatsApp selaku program olah pesan paling populer di dunia didukung banyak feature untuk tingkatkan pengalaman pemakai. Diantaranya ialah kekuatan untuk kirim media berbentuk photo, video, audio, dan file.

Untuk beberapa pemakai WhatsApp, feature ini kemungkinan benar-benar berguna, tapi belum pasti untuk beberapa yang lain. Bisa, bukannya bermanfaat, feature unduh media automatis ini malahan mengusik kenyamanan.

Ditambah, bila pemakai adalah anggota dari beberapa grup WhatsApp yang mempunyai banyak anggota dengan intensif pembicaraan tinggi sekali, dapat dipikirkan seberapa banyak photo dan video yang tanpa diakui terunduh.

Berkaitan ini, WhatsApp sediakan jalan keluar untuk mematikan feature itu di Settings > Penyimpanan and data > Media auto-download.

Di sana ada opsi apa yang perlu dilaksanakan oleh WhatsApp saat ada media yang disertakan di pembicaraan, dengan keadaan jika tersambung ke jaringan Wi-Fi, jaringan mobile, dan roaming.

🔥TRENDING:  Aplikasi Tool Skin Free Fire

Pilih pilihan No media pada beberapa kondisi itu bermakna pemakai mematikan feature unduh media secara automatis.

Nah, perlu kamu ketahui mematikan fitur itu juga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  • Mengurangi “sampah” di galeri

Buat kamu yang selalu menata dan merapikan galeri di ponsel, foto dan video yang otomatis diunduh dari grup-grup WhatsApp merupakan “sampah”.

Karena itu, mematikan fitur download media otomatis ini berarti mengurangi foto dan video yang tak ingin kamu simpan di galeri dan berpotensi “merusak” tatanan galeri kamu.

  • Menghemat ruang penyimpanan

Entah apa yang dipikirkan oleh pengguna yang dengan mudahnya meneruskan (forward) atau mengirim video berukuran besar ke grup WhatsApp.

Buat mereka yang memakai smartphone dengan ruang penyimpanan lapang, mungkin itu bukan masalah.

Namun, itu akan jadi masalah bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan kapasitas ruang penyimpanan terbatas. Kalau kamu termasuk ke dalam kategori ini, ada baiknya kamu mematikan fitur download media otomatis untuk menghemat ruang penyimpanan.

  • Mengurangi pemakaian data

Terakhir, mematikan fitur download media secara otomatis sangat bermanfaat untuk kamu yang sehari-hari tergantung pada koneksi mobile saja.

🔥TRENDING:  16 Cara Menyimpan Video dari Tiktok Ke Galeri Tanpa Watermark

Bayangkan, kalau tiap hari misalnya 3 orang pengguna dari grup-grup WhatsApp yang mengirim video berukuran 15MB, dalam sehari kamu bisa menghemat 45MB dan dalam sebulan kamu dapat menghemat 1350 MB yang berarti lebih dari 1GB.

Sebagai perbandingan, 1GB data kurang lebih setara dengan konsumsi konten video di Netflix selama sejam dengan setelan SD.

Sumber : liputan6.com

Back to top button