Cara Mengatasi Invalid Signature di Aplikasi PeduliLindungi

nafa cahyani

Cara Mengatasi Invalid Signature di Aplikasi PeduliLindungi

Rancakmedia.com – Tidak jarang orang mengalami invalid signature di aplikasi PeduliLindungi, bagaimana cara mengatasi invalid signature yang sudah menjadi masalah umum yang mengganggu pengguna di aplikasi PeduliLindungi?

PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting untuk kita miliki saat ini. Selain untuk memeriksa riwayat vaksinasi dan berbagai seluk beluk lain mengenai Covid-19.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk check in dan out dari lokasi di mana pemindaian kode QR diperlukan untuk masuk.

Tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindung, walaupun telah divaksinasi, tindakan kamu untuk mengunjungi daerah atau tempat tertentu dapat terhambat.

Banyak tempat yang perlu divaksinasi dan penggunaan aplikasi PeduliLindung antara lain sarana transportasi, mall, bandara, atau berbagai tempat umum lainnya.

Apa Itu Invalid Signature

Invalid Signature PeduliLindungi adalah pesan kesalahan yang muncul ketika seseorang mencoba memverifikasi sertifikat vaksinasi COVID-19 yang dikeluarkan oleh PeduliLindungi dan tanda tangan digital pada sertifikat tersebut tidak valid.

Sertifikat vaksinasi COVID-19 diterbitkan oleh PeduliLindungi sebagai aplikasi pelacakan kontak COVID-19 yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia.

Tanda tangan digital pada sertifikat vaksinasi COVID-19 digunakan untuk memastikan keaslian dan integritas data pada sertifikat tersebut. Jika tanda tangan digital tidak valid, maka sertifikat tersebut dianggap tidak sah atau dapat dimanipulasi.

Oleh karena itu, Invalid Signature PeduliLindungi menunjukkan bahwa sertifikat vaksinasi COVID-19 mungkin telah dimanipulasi atau tidak dapat dipercaya.

Dalam hal ini, orang yang memeriksa sertifikat vaksinasi COVID-19 harus melakukan verifikasi dan validasi yang lebih lanjut untuk memastikan keaslian dan integritas data pada sertifikat tersebut.

Download Aplikasi PeduliLindungi

Nama AplikasiSATUSEHAT Mobile
Versi5.3.1
Perlu Android versi6.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal28 Maret 2020
Diupdate pada27 Mar 2023
DeveloperMinistry of Health Republic of Indonesia
DownloadKlik Disini

Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Error

Ada beberapa alasan mengapa invalid signature bisa muncul di aplikasi PeduliLindungi, di antaranya:

  • Masalah pada jaringan internet, Invalid signature bisa terjadi jika koneksi internet kamu tidak stabil atau terputus selama pengiriman atau penerimaan data melalui aplikasi.
  • Aplikasi tidak diperbarui, Invalid signature juga bisa muncul jika kamu menggunakan versi lama dari aplikasi PeduliLindungi yang tidak diperbarui. Pastikan aplikasi kamu selalu diperbarui ke versi terbaru.
  • Kesalahan pada data pengguna, Invalid signature bisa terjadi jika data pengguna kamu tidak valid atau rusak. Pastikan data kamu valid dan sesuai dengan yang tertera pada identitas kamu.
  • Kesalahan pada proses verifikasi, Invalid signature bisa terjadi jika proses verifikasi yang dilakukan oleh aplikasi PeduliLindungi gagal atau terganggu. Hal ini bisa terjadi karena masalah teknis atau kesalahan pada sisi aplikasi.

Cara Mengatasi Invalid Signature Aplikasi PeduliLindungi

Agar aplikasi ini kembali berfungsi dengan baik, kamu dapat mencoba beberapa hal berbeda. Berikut adalah beberapa metode yang dapat kamu coba untuk mencapainya.

1. Install Ulang Aplikasi

Pada langkah awal ini, kamu dapat menginstal atau menginstal ulang aplikasi PeduliLindung di smartphone Android atau iOS kamu dengan terlebih dahulu menghapus aplikasi yang diinstal.

Setelah itu, kamu dapat langsung mengakses aplikasi Google Play Store atau App Store di ponsel kamu. Maka kamu bisa langsung menginstal aplikasi PeduliLindung disana.

Kemudian, kamu dapat mencoba meluncurkan aplikasi dan mengalami perubahan. Jika masih tidak berubah, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut di bawah ini.

2. Gunakan Jaringan yang Baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat kesehatan jaringan kamu. Masih banyak yang menyepelekan hal ini, realitanya aplikasi Pedulilindungi harus diakses dengan koneksi online, diutamakan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Jika kamu berada di wilayah terpencil dan memiliki koneksi jaringan yang buruk, coba temukan koneksi Wi-Fi terdekat.

Cek terlebih dahulu kecepatan koneksi internet kamu sebelum meluncurkan aplikasi Pedulilindungi (speedtest.net). Setelah kamu membuat koneksi internet yang andal dan cepat, coba buka aplikasi Care for Protection sekali lagi.

3. Hapus Cache Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah menghapus cache aplikasi CareProtect melalui pengaturan telepon. Mengikuti petunjuk ini akan memungkinkan kamu untuk menghapus cache di ponsel kamu:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel kamu
  2. Kemudian klik aplikasi Aplikasi dari menu tarik-turun
  3. Cari aplikasi CareProtect
  4. Pilih opsi Hapus Cache dan Hapus Memori
  5. Mulai ulang ponsel kamu

4. Mengunjungi Situs PeduliLindungi.id

Apakah kedua pendekatan di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan situs web CaresLindung untuk melihat apakah program vaksinasi masih aktif atau untuk mendapatkan salinan sertifikat imunisasi.

Namun sayangnya, saat menggunakan situs ini kamu tidak dapat memindai kode QR untuk digunakan saat memasuki beberapa tempat yang memintanya.

Cara akses sistem Pedulilindungi melalui website resminya, yaitu:

  1. Langkah awal, buka browser Chrome, Firefox, atau lainnya
  2. Kemudian, kunjungi situs resmi PeduliLindungi
  3. Setelah itu, apabila ingin mengecek status program vaksinasi, kamu bisa memasukan Nama Lengkap dan NIK pada kolom yang sudah disediakan
  4. Tambahan, jika kamu ingin mengunduh sertifikasi maka perlu melakukan login pengguna terlebih dahulu dengan cara klik menu Login / Register

Untuk itu, jika kamu mengalami hal ini, kamu harus menunggu selama beberapa saat. Karena kemungkinan error tidak bisa login PeduliLindungi Invalid Signature aplikasi PeduliLindungi ini karena masalah sistem.

Masalah Lain Terkait dengan Aplikasi PeduliLindungi

Selain Invalid Signature Error, masih ada beberapa masalah lain yang mungkin terkait dengan aplikasi PeduliLindungi.

Beberapa masalah yang sering dilaporkan oleh pengguna aplikasi tersebut antara lain:

  • Aplikasi tidak bisa diakses
  • Kesalahan pengisian data diri
  • Masalah pada pendaftaran vaksinasi
  • Kesalahan dalam menampilkan hasil tes COVID-19

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan koneksi internet stabil
  2. Periksa kembali data yang telah diisi, pastikan tidak ada kesalahan penulisan
  3. Jika ada masalah pada pendaftaran vaksinasi atau tes COVID-19, segera hubungi petugas terkait untuk mendapatkan bantuan atau informasi lebih lanjut

Dalam beberapa kasus, masalah mungkin tidak dapat diatasi oleh pengguna sendiri. Jika demikian, sebaiknya hubungi layanan pelanggan PeduliLindungi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Mengatasi masalah pada aplikasi PeduliLindungi sangat penting untuk memastikan efektivitas dan keberhasilan penggunaannya dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.

Oleh karena itu, pengguna harus memperhatikan setiap masalah yang muncul dan segera mencari solusi yang tepat.

Kesimpulan

PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting untuk kita miliki saat ini. Selain untuk memeriksa riwayat vaksinasi dan berbagai seluk beluk lain mengenai Covid-19.

Demikian artikel tentang cara mengatasi invalid signature di aplikasi PeduliLindungi, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.