Advertisement

Cara Meliburkan Toko di Shopee saat Hari Raya

Rancakmedia.com – Jika kamu memiliki toko di shopee, inilah cara meliburkan toko di shopee saat hari raya, fitur, kekuranga, dan kelebihan yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut.

Di Indonesia, aplikasi belanja online Shopee adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Selain itu, Shopee biasanya menawarkan berbagai acara dan diskon unik untuk pengguna.

Shopee tidak diragukan lagi dikenal karena penawarannya yang sangat menguntungkan seperti diskon flash, pengiriman gratis, cod, dan cashback. Berbagai macam fitur pembayaran semakin meningkatkan fungsionalitas layanan.

Seiring dengan penyertaan dompet elektronik, khususnya pembayaran Shopee, sebagai fitur. Bagi pengguna yang ingin membuat pulsa, tidak perlu khawatir karena dapat mengaktifkan fitur Shopee bayar nanti.

Toko Libur di Hari Raya

Banyak pengguna Shopee akan menghargai peningkatan kegunaan aplikasi ini. Meski aplikasinya sedikit lebih berat dan lebih lambat, kenyamanan pembelian dan kemudahan memantau status pengiriman menjadi nilai tambah di Shopee.

Selain itu, seiring dengan meningkatnya popularitas pembelian online, ini merupakan situasi yang saling menguntungkan bagi penjual, terutama selama liburan belanja yang sibuk seperti ini.

Namun saat liburan, tentunya para penjual membutuhkan waktu liburan untuk menikmati liburan. Akibatnya, toko sering tutup.

Toko Libur di Hari Raya

Penjual dapat mengumpulkan pesanan karena jumlah pengguna Shopee yang terus bertambah. Penjualan akan melonjak dalam minggu-minggu dan bulan-bulan menjelang hari libur dan acara-acara besar.

Namun, jika menghadapi hari libur, tentunya penjual juga butuh liburan. Misalnya, saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri, Natal, dan Waisak.

Seperti yang kamu duga, penjual enggan memenuhi pesanan selama bulan suci Ramadhan karena hal ini. Akibatnya, kamu dapat meninggalkan toko untuk waktu yang singkat. Dengan begitu tidak akan ada pesanan yang masuk dan toko tetap terjaga.

Fitur Toko Libur Shopee

Fitur holiday shop merupakan salah satu fitur yang disediakan di Shopee Marketplace yang memungkinkan penjual menutup atau menonaktifkan toko untuk sementara waktu.

Dengan meliburkan toko Shopee, maka :

  1. Semua barang akan ditampilkan dengan benar. Namun, barang di toko kamu tidak dapat dicari oleh pengguna lain
  2. Pembeli tidak dapat melakukan pemesanan
  3. Kamu masih harus menyelesaikan pesanan yang dilakukan sebelum fitur Holiday Shop tersedia
  4. Kamu tidak dapat memperbarui informasi, menambah, mengarsipkan atau melihat barang

Cara Meliburkan Toko di Shopee Lewat Website

Untuk mengaktifkan fitur holiday shop di Shopee sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Untuk mengaktifkan penggunaannya, buka situs web atau gunakan aplikasi seluler. Berikut cara melakukannya.

Situs web adalah tempat pertama yang harus diputar jika kamu ingin menutup toko. Dengan mengaktifkan fitur toko liburan, akun toko akan dicap sebagai hari libur sehingga pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan.

Cukup ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka website Shopee menggunakan aplikasi Browser di perangkat
  2. Kemudian login atau masuk ke akun Shopee kamu
  3. Mulai prosedur liburan toko dengan mengklik opsi Pusat Penjual Shopee, jika kamu bisa
  4. Kemudian pilih Pengaturan Akun dari menu tarik-turun di sudut kanan atas layar kamu
  5. Mengaktifkan fitur Holiday Shop akan membawa kamu kembali ke halaman Pengaturan Dasar
  6. Untuk mengonfirmasi hari libur toko, pilihan pop-up akan ditampilkan. Untuk melanjutkan, cukup klik Lanjutkan
  7. Terakhir konfirmasi dengan menekan Ok

Bukankah itu sederhana? Setelah itu, gerai toko kamu di Shopee akan ditutup dan diklasifikasikan sebagai hari libur. Setelah fitur tersebut diimplementasikan, pengguna tidak akan dapat melakukan pemesanan produk.

Cara Meliburkan Toko di Shopee Lewat Aplikasi

Sekarang fitur toko liburan ini juga dapat dipicu menggunakan aplikasi Shopee. Jika kamu menggunakan aplikasi sebagai alat penjualan, kamu dapat mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  1. Masuk ke akun Shopee kamu seperti biasa dengan menjalankan aplikasi
  2. Setelah mengunjungi situs tersebut, klik menu Saya di pojok kanan bawah
  3. Pilih Asisten Penjualan dari opsi tarik-turun saat kamu tiba di toko saya
  4. Cukup aktifkan fitur Holiday shop dengan mengklik Store settings
  5. Konfirmasi hari libur dan toko akan langsung ditutup oleh Shopee

Dengan mengikuti teknik di atas, kamu sekarang dapat menutup toko di Shopee, dan pesanan otomatis tidak dapat dilakukan

Sedangkan untuk mengaktifkan atau membuka kembali toko dapat dilakukan dengan cara yang sama. Perbedaannya di sini adalah kita hanya perlu memulai kembali fitur toko liburan.

Ketentuan Meliburkan Toko

Ketika fitur “Toko Liburan” dihapus, toko kamu akan dapat menerima pesanan lagi dan item akan ditampilkan di halaman hasil pencarian. kamu dapat mengaktifkan kembali fitur Holiday Shop dalam waktu 24 jam.

Jadi harap berhati-hati karena jika kamu secara tidak sengaja mengaktifkan kembali toko, akan memakan waktu beberapa jam sebelum fitur ini dapat digunakan kembali.

Setelah toko tutup, calon pembeli yang datang akan melihat pesan di bawah profile yang menjelaskan bahwa toko sedang libur seperti ini:

“Toko sedang libur, jadikan produknya sebagai favorit anda dan buat pesanan setelah penjual aktif kembali”

Keuntungan Meliburkan Toko Shopee

Dengan menutup toko, tentunya toko dan barang yang ditawarkan tidak akan bisa dipesan dan tidak bisa ditemukan di halaman pencarian Shopee. Termasuk semua fitur tambahan seperti Shopee Feed, Shopee Streaming. Jadi kamu bisa menikmati liburan kamu tanpa diganggu oleh notifikasi Shopee.

Selain itu, dengan menutup sementara toko, bisnis akan menghindari denda toko atau kinerja toko yang lebih rendah karena penundaan pengepakan dan pengiriman atau waktu reaksi obrolan yang diperpanjang.

Ini akan sangat berguna bagi seller, khususnya seller yang telah mengikuti Star Program seperti Star Seller dan Star+ Shopee. Begitu juga penjual yang berstatus Shopee Mall tetap dapat mengaktifkan fitur holiday shop di Shopee.

Kerugian Meliburkan Toko

Sepintas sepertinya tidak ada masalah serius tetapi kamu perlu mengingat saat toko tutup maka:

  1. Omset toko jelas hilang
  2. Pelanggan yang biasanya membeli barang di toko kamu memiliki kemampuan untuk berpindah ke penjual lain
  3. Beberapa item yang diindeks di halaman pencarian Google mungkin masih ditemukan, tetapi ketika dipindahkan ke situs kamu, produk tidak dapat dibeli, sehingga menimbulkan kekecewaan
  4. Tidak dapat mengedit atau melihat barang
  5. Kehilangan potensi pelanggan baru. Misalnya kamu meliburkan toko pada hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, Imlek padahal momen tersebut sedang banyak pembeli

Kesimpulan

Shopee adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Selain itu, Shopee biasanya menawarkan berbagai acara dan diskon unik untuk pengguna.

Pada artikel di atas kami telah membahas tentang cara meliburkan toko shopee, dengan dua cara yaitu melalui aplikasi, dan website dan juga kami memberikan informasi mengenai keuntungan dan kekurangan meliburkan toko shopee.

Demikian artikel tentang Cara Meliburkan Toko di Shopee saat Hari Raya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button