Cara Tukar Uang Baru Melalui Aplikasi Pintar BI, Tanpa Antri

nafa cahyani

Cara Tukar Uang Baru Melalui Aplikasi Pintar BI, Tanpa Antri

Rancakmedia.com – Mendekati hari raya Idul Fitri banyak masyarakat yang mencari cara tukar uang baru secara online untuk mempermudah proses penukaran dan juga dapat dilakukan dimana saja.

Kini kamu bisa menukarkan uang untuk THR dengan menggunakan aplikasi BI lhoo, tanpa harus antri dengan masyarakat lain.

Cara tukar uang baru secara online melalui Pintar BI sudah bisa dilakukan sejak 27 Maret hingga 20 April 2023 yang akan datang.

Setiap masyarakat hanya bisa memesan penukaran secara offline ataupun online dengan batasan maksimal sebesar Rp.3.800.000 per orang.

Apa Itu Pintar BI

Pintar atau aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan uang secara mudah dan cepat.

Aplikasi Pintar disediakan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI).

Dengan menggunakan layanan Pintar, kamu bisa melakukan penukaran uang biasa dan uang rupiah yang sudah rusak atau cacat.

Secara keseluruhan, Pintar adalah aplikasi yang sangat berguna bagi masyarakat yang sering melakukan transaksi keuangan, baik untuk penukaran uang tunai maupun top-up saldo digital.

Dengan layanan yang cepat dan mudah, serta sistem keamanan yang terjamin, Pintar dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan layanan penukaran uang yang aman dan terpercaya.

Daftar Cara Tukar Uang Baru untuk THR

Di bawah ini rancakmedia.com sudah merangkum daftar cara yang bisa kamu gunakan untuk menukarkan uang baru, sebagai berikut:

1. Aplikasi Pintar BI

Berikut cara penukaran dengan Pintar BI, yaitu:

  1. Masuk kedalam aplikasi Pintar BI atau buka situs Pintar BI go id pada browser kamu
  2. Setelah itu pilih menu “penukaran uang rupiah melalui Kas Keliling”
  3. Lalu pilih provinsi tempat penukaran uang baru
  4. Kemudian pilih jadwan penukaran uang baru sesuai kota kamu
  5. Selanjutnya isi dan lengkapi data diri seperti NIK, nama, nomor telepon, hingga email
  6. Lalu masukkan nominal yang ingin kamu tukarkan
  7. Kemudian selesaikan petujuk penukaran
  8. Jika sudah selesai, simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang
  9. Lalu kamu bisa datang ke kantor perwakilan yang sudah kamu pilih sebelumnya
  10. Jika kamu sudah datang kekantor, jangan lupa untuk hitung kembali nominal pecahan uang yang ditukarkan dari Bank Indonesia

2. Bank Umum

Berikut cara penukaran dengan Bank Umum, yaitu:

  1. Siapkan KTP saat ingin pergi ke kantor cabang bank atau mobil kas keliling bank
  2. Selain itu pastikan juga kamu sudah memiliki dan membawa rekening bank
  3. Kemudian perhatikan limit penukaran setiap bank yang kamu miliki, agar penukaran uang baru merata
  4. Setelah itu nantinya kamu akan diberikan instruksi dari petugas bank sebelum proses penukaran uang lama ke uang baru dilakukan

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Penukaran Kas Keliling

Jika kamu telah memesan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling menggunakan aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan penukaran.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan penukaran kas keliling:

  • Pastikan kamu datang tepat waktu dan ke tempat yang telah ditentukan pada bukti pemesanan yang sudah kamu dapatkan. Jangan sampai terlambat karena kamu bisa kehilangan kesempatan untuk menukar uang Rupiah kamu.
  • Jangan lupa membawa bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau hasil cetak saat kamu menukarkan uang Rupiah. Bukti pemesanan ini penting untuk memudahkan proses penukaran dan menghindari kebingungan saat menukarkan uang.
  • Siapkan uang Rupiah dalam jumlah pas dan sudah dikelompokkan berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi uang. Pastikan uang Rupiah disusun searah dan tidak berantakan ketika diberikan kepada petugas kas keliling.
  • Selalu patuhi protokol kesehatan yang diberlakukan selama proses penukaran. Gunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak dengan orang lain.
  • Jika kamu mengirimkan perwakilan untuk melakukan penukaran, pastikan perwakilan tersebut membawa KTP asli sesuai dengan nama yang tertera pada bukti pemesanan. Jangan sampai perwakilan kamu tertahan karena tidak membawa KTP asli.
  • Satu perwakilan hanya dapat mewakili penukaran untuk maksimal 2 (dua) bukti pemesanan penukaran saja. Pastikan kamu dan perwakilan kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Kesimpulan

Pintar atau aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan uang secara mudah dan cepat.

Demikian informasi tentang cara tukar uang baru melalui aplikasi pintar BI tanpa antri, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.