Berikut Ini 11 Keunggulan Menggunakan Smartphone Android Dibandingkan Dengan iPhone

Berikut Ini 11 Keunggulan Menggunakan Smartphone Android Dibandingkan Dengan iPhone – Tak bisa dipungkiri, iPhone merupakan smartphone apik dengan banyak poin plus. Namun bagi para fans fanatik Android, akan sangat sulit tergoda untuk beralih menggunakan iPhone karena tahu kelebihan Android dan keuntungan menggunakannya.

Tulisan ini jelas tidak mengatakan bahwa iPhone itu jelek. Siapapun akan mudah tergoda melihat desain apik dan fitur-fitur canggih seperti Touch ID milik iPhone. Ini mungkin adalah ponsel yang tepat untuk banyak orang, tetapi bagi sebagian dari kita, pengalaman Android tidak dapat ditandingi.

Menggunakan analogi sederhana, iPhone adalah calon pasangan yang cantik. Tetapi bagi para fans Android yang senang mengutak-atik dengan smartphone-nya, tentu akan bisa merasakan perbedaan yang cukup banyak antara Android dan iPhone.

Kelebihan HP Android Dibanding iPhone

Well, tanpa bermaksud untuk berpromosi, tapi berikut ini poin-poin penting yang akan Anda lewatkan jika Anda pernah memutuskan untuk meninggalkan Android dan beralih ke iPhone.

  • Kostumisasi Banyak Pilihan

Kelebihan Android dari iPhone yang pertama terkait dengan kustomisasi. Anda bisa dengan bebas mencampur dan mencocokkan setiap aplikasi dan widget untuk membuat tampilan yang unik di home screen smartphone Android.

Anda bahkan bisa mengatur shortcut untuk widgets dan aplikasi pada lock screen. Selain itu, Anda juga memiliki aplikasi serta launcher third-party yang membolehkan Anda untuk mengkustomisasi setiap aspek dari keindahan, termasuk animasi dan layout.

Sementara di iPhone, Anda akan memiliki daftar dari aplikasi yang telah di install. Tapi Anda hanya bisa memilih gambar background serta membuat folder kumpulan aplikasi.

Kelebihan Android juga adalah memiliki berbagai macam widgets dan Anda bisa mengutak-atiknya dengan mengganti ukuran, warna, font, serta data yang ditunjukkan widgets.

Kelebihan ini akan membuat Anda sulit untuk meninggalkan Android, terutama yang sering menghabiskan waktu mengutak-atik tampilan smartphone.

  • Aplikasi dan Layanan Google

Google telah “hadir” di iOS sejak iPhone pertama kali diluncurkan, meskipun telah secara bertahap diganti oleh Apple dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa aplikasi seperti Google Keep yang tentu tidak akan Anda dapatkan di iPhone.

Dan bila Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari Google Now, Chrome, Gmail, Google Maps, dan banyak lainnya, maka Anda harus menggunakan perangkat Android.

Hal ini menjadi semakin vital karena Google tampaknya ingin memberikan nilai lebih pada setiap versi Android terbarunya. Google terus berusaha meningkatkan kemampuan Android sebelumnya.

  • Software Android Fleksibel

Android lebih mudah diubah atau dikustomisasi sesuai selera. Hal ini tidak bisa Anda dapatkan saat menggunakan iPhone. Anda bisa mengubah seluruh tampilan Android, baik secara manual maupun dengan menggunakan launcher.

Android juga memungkinkan penggunanya untuk mengganti aplikasi yang sudah ada ke aplikasi lainnya yang mereka pilihan. Seperti misalnya browser, keyboard atau pemutar musik. iOS sendiri sudah mulai menirunya, tetapi masih belum sebebas Android.

iOS memang lebih rutin mendapatkan update software. Meski begitu, Anda jangan pernah berharap soal kustomisasi seperti yang didapatkan di Android.

  • Data sharing

Bicara soal data sharing atau berbagi data, Android berada di atas angin jika dibandingkan iPhone. Bahkan ada yang mengatakan ini menjadi salah satu kelemahan iPhone yang paling menjengkelkan dibandingkan Android.

🔥TRENDING:  Bikin Tampilan Foto 3D di Google Photos

Karena, untuk mengirim atau menerima data seperti lagu, para pengguna iPhone harus memindahkannya lewat iTunes. Artinya, Anda juga harus memasang aplikasi iTunes di laptop atau PC. Sangat ribet dan menjengkelkan, bukan!.

Masalah itu tidak akan Anda jumpai di Android, yang memberikan kebebasan dalam urusan berbagi data. Android bisa menerima atau mengirim data tanpa perlu repot seperti yang dialami pengguna iPhone. Yang penting ada kabel data, semua urusan berbagi data beres di Android.

  • Pengaturan Defaults Aplikasi Android

Anda akan menemukan lebih banyak aplikasi di Android daripada di iOS. Sementara tidak banyak aplikasi Android yang tidak Anda temukan di App Store. Dan bagi pengguna Android, aplikasi yang tidak tersedia di iOS akan menjadi masalah besar bagi mereka.

Android memungkinkan Anda mengatur alternatif aplikasi pihak ketiga sebagai default untuk segala macam hal. Anda bisa menggunakannya untuk aplikasi messaging, mengetik pencarian, browser, dan masih banyak lagi. Semua Anda yang menentukan, bukan Google.

Kontrol penuh ini yang menjadi alasan mengapa beberapa aplikasi Android, seperti video player gratis yang bisa meng-handle semua format, emulator, dan lain-lainnya terkadang tidak akan Anda jumpai di iOS.

  • Rooting dan Modifikasi

Kelebihan Android selanjutnya adalah perangkatnya sangat nyaman digunakan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan atau rasa penasaran pada batas kemampuan rooting mereka.

Anda dapat mengakses dan men-tweak (mengubah) apapun yang ada di perangkat Android untuk mendapatkan pengaturan sesuai keinginan Anda.

Asyiknya, pengguna Android bisa bergabung dengan komunitas-komunitas modding yang banyak dijumpai di Internet. Forum XDA Developers adalah tempat terbaik untuk mulai mencoba mengeksplorasi kemampuan Anda.

  • Charger Universal

Apple dikenal sebagai vendor yang hanya “mengizinkan” perangkatnya digunakan dengan ekosistem yang mereka punya. Bahkan untuk mengecas baterai iPhone, Anda tidak bisa memakai charger sembarangan.

Kerumitan ini tidak akan Anda temukan di Android, karena kabel charger universal yang sudah paten. Anda bisa memakai charger dari HP Android apa saja, yang penting tipenya sama.

  • Varian HP Android Lebih Banyak

Keunggulan Android berikutnya adalah banyaknya varian HP Android dibandingkan iPhone yang lebih terbatas. Hal ini disebabkan karena Android merupakan sistem operasi yang terbuka, yang bisa dikembangkan banyak vendor.

Anda bisa menemukan ponsel Android dari semua segmen, mulai dari kelas flagship yang berharga mahal, dan juga kelas mid-end, low-end, hingga entry-level yang dibanderol dengan harga HP 1 jutaan hingga 5 jutaan ke atas.

Desainnya pun cukup bervariasi, karena masing-masing vendor punya ciri khas masing-masing dengan teknologi yang diusungnya. Sedangkan iPhone memiliki varian yang lebih terbatas, dan desainnya mirip-mirip semua.

  • Suku Cadang Murah

Pengguna Android bisa tersenyum lebar, karena jika Anda bicara soal suku cadang, maka akan lebih mudah didapat dan harganya pun relatif lebih murah. Sedangkan suku cadang iPhone dijual lebih mahal dan sulit didapat. Seperti misalnya LCD layar, charger, dll.

🔥TRENDING:  Apk Penghasil Pulsa 2021 Terpercaya

Salah satu contoh terbaru adalah soal masalah charger. Para pengguna iPhone 12 bahkan harus merogoh kocek tambahan yang lumayan mahal untuk membeli charger yang dijual terpisah oleh Apple.

Kondisi berbeda justru dialami para pengguna Android. Anda tak perlu khawatir jika kabel charger bawaannya rusak, karena Anda bisa menggunakan kabel charger dari smartphone Android yang berbeda karena dibuat universal, alias bisa dipakai untuk semua merek.

  • Hardware dan Aksesoris

Karena HP Android memiliki banyak varian model, Anda bisa mendapatkan hal-hal yang tidak ada di iPhone. Seperti misalnya colokan earphone, slot microSD, hingga kapasitas baterai yang lebih besar dengan teknologi isi ulang lebih cepat.

Bicara soal kamera, HP Android lebih variatif, karena menawarkan banyak fitur dengan teknologi baru hasil kerjasama dengan sejumlah pabrikan kamera, seperti Leica dan Huawei, atau juga lensa kamera dari Sony.

Hal ini membuat kualitas dari hasil jepretan HP kamera terbaik dari Android sudah tak kalah dengan kamera iPhone. Resolusi dan jumlah lensa di HP Android juga banyak yang lebih tinggi dan banyak.

  • Kapasitas Memori Besar + Memori Eksternal

Pengguna HP Android patut bersyukur, karena bisa menikmati kapasitas memori yang besar dan tersedianya kartu memori eksternal sebagai tambahan. Jadi, jika kapasitas memori internal 8 GB atau 16 GB yang disediakan terasa kurang, Anda bisa menambahnya dengan memori eksternal hingga 512 GB.

Tentunya kelebihan ini sangat berarti bagi para pengguna Android yang sering bermain game-game berat di HP gaming terbaik Android mereka. Tidak ada lagi masalah kekurangan kapasitas memori, karena Anda bisa menambah kapasitasnya.

Hal ini tidak bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone, karena Apple sudah menentukan besaran kapasitas memori di setiap seri. Jika kapasitas memeri internal yang disediakan 8 GB atau 16 GB, maka cuma segitulah kapasitasnya, tidak bisa ditambah. Karena iPhone tidak menyediakan memori eksternal seperti di Android

Well, itu tadi 11 kelebihan HP Android jika dibandingkan iPhone. Tapi sebagai catatan, iPhone bukannya tidak bagus, karena sejatinya kedua pesaing ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tergantung selera Anda mau pilih yang mana.

Sumber : telset.id

Back to top button