Advertisement

Cara Menghitung Denda Shopee PayLater per Hari

Rancakmedia.com – Apakah kamu menggunakan Shopee PayLater? Jika iya, apakah kamu sudah mengetahui cara menghitung denda shopee paylater? Jika kamu belum mengetahuinya, kamu harus simak artikel di bawah ini.

Berbagai layanan disediakan oleh organisasi E-Commerce untuk membuat pengguna nyaman. Salah satunya adalah Shopee yang menyediakan fitur untuk memudahkan pengguna mendapatkan barang yang mereka cari.

Kemudahan ini diberikan melalui sistem transaksi yang memungkinkan pengguna mendapatkan barang tanpa harus membayarnya secara langsung. Berbeda dengan sistem Cash on Delivery, sistem ini terutama untuk Shopee untuk meminjamkan uang kepada pengguna.

Apa Itu SPayLater

SPayLater atau Shopee PayLater adalah nama sistem atau metodenya. Fitur tersebut bernama Shopee “Bayar Nanti” sesuai dengan namanya.

Meski begitu, masih banyak pengguna yang masih bingung dengan hal tersebut, terutama saat terlambat atau termin pembayaran. Jadi, mari kita selesaikan membaca artikel ini!

Apa Itu SPayLater

Shopee PayLater atau SPayLater adalah sistem bayar kemudian yang dibuat oleh PT. Commerce Finance di aplikasi Shopee. Sistem atau metode tersebut memungkinkan pengguna untuk membeli barang yang diinginkan terlebih dahulu tanpa harus membayarnya secara langsung.

Shopee, sebuah startup e-commerce, memperkenalkan metode ini pada tahun 2019. Otoritas Jasa Keuangan bertanggung jawab untuk memantau fitur pembayaran secara langsung (OJK).

SPayLater tidak tersedia untuk semua orang, dan mereka yang ingin menggunakannya harus terlebih dahulu mematuhi syarat dan batasan. Hal ini dilakukan sebagai upaya Shopee untuk membatasi penyalahgunaan metode pembayaran “Beli Sekarang Bayar Nanti”.

Pembelian yang dilakukan menggunakan fitur “Beli Sekarang, Bayar Nanti” tidak dapat dikreditkan ke akun pengguna setelah kejadian. Pengguna harus mengganti uang yang telah dipinjam di bulan berikutnya, atau dalam pembayaran selama berbulan-bulan.

Rincian Ketentuan dalam SPayLater

Ketika seorang pengguna yang meminjam tentu saja harus mengembalikannya, itu menjadi hukum yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna SPayLater. Sebelum memanfaatkan fitur ini, pengguna harus mengetahui ketentuan yang diterapkan oleh Shopee.

Pengguna yang baru saja menggunakan SPayLater akan memiliki batas pinjaman sebesar Rp 750.000 yang ditempatkan di akun mereka. Pembayaran pengguna akan dibagikan sepanjang periode waktu yang dipilih oleh mereka. Jangka waktu pembayaran adalah 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan (untuk pengguna tertentu) (untuk pengguna tertentu).

Setiap transaksi yang menggunakan SPayLater akan dikenakan biaya pemrosesan sebesar 1 persen dan bunga sebesar 2,95 persen. Misalnya, jika transaksi sebesar Rp. 100.000, pengguna harus membayar pada saat jatuh tempo sebesar Rp. 103.950.

Denda Telat Bayar Shopee Paylater 1 Hari

Seperti terlihat pada tabel di atas, jika denda keterlambatan adalah 5 persen dari seluruh jumlah barang yang dibeli. Misalnya, denda Rp 5.000 akan dikenakan pada transaksi Rp 100.000 yang terlambat 1 bulan (Rp 100.000 x 5 persen). Jadi jumlah yang harus dibayar selanjutnya adalah Rp. 105.000

Jika lebih dari 1 bulan, biaya akan naik 5 persen setiap bulan. Hukuman 10%, misalnya, akan dinilai jika pengguna terlambat lebih dari dua bulan.

Mungkin aku akan terlambat sehari? Keterlambatan dari bulan ke bulan juga termasuk dalam hal ini. Jadi meskipun hanya untuk 1 hari, pengguna akan dikenakan biaya 5 persen dari seluruh jumlah barang yang dibeli.

Bagaimana Cara Membayar Denda atau Cicilan SPayLater

Dalam hal pembayaran tagihan atau cicilan, banyak pengguna Shopee PayLater yang masih bingung cara pembayarannya. Kami sudah menyiapkan tata cara yang boleh diikuti, berikut cara membayar denda atau cicilan di SPayLater.

  1. Pilih ShopeePayLater dari menu Tab Saya
  2. Klik jumlah yang harus kamu bayar
  3. Pilih “Bayar Sekarang untuk Angsuran” untuk melanjutkan
  4. Setelah tagihan datang, klik Bayar Angsuran Sekarang
  5. Pilih Metode Pembayaran (ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret) (ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret)
  6. Pilih ‘Konfirmasi’ untuk menyelesaikan

Seberapa sulit untuk melunasi pembayaran Shopee PayLater dari waktu ke waktu daripada sekaligus? Usahakan tidak terlambat sehari, karena 1 hari sama dengan denda 1 bulan.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi mengenai Shopee PayLater, rincian, denda telat bayar, dan cara membayar denda atau cicilan SPayLater.

Demikian artikel tentang Cara Menghitung Denda Shopee PayLater per Hari, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas