Advertisement

Robot Pembantu Rumah Tangga Buatan Samsung Bisa Angkat Jemuran

Robot Pembantu Rumah Tangga Buatan Samsung Bisa Angkat Jemuran – Samsung sedang meningkatkan robot bernama Bot Handy yang menjadi orang kepercayaan rumah tangga. Robot ini dapat mengangkat jemuran, masukkan piring kotor ke dishwasher, tuangkan minuman, sampai mengatur meja makan.

President and Head of Samsung Research Sebastian Seung menjelaskan robot ini direncanakan menjadi perpanjangan tangan pemakainya waktu memerlukan bantuan di dapur, ruangan tamu atau tempat yang lain.

Dalam video demo yang diperlihatkan di CES 2021, robot warna hitam putih ini mempunyai bentuk yang tinggi dan kurus, dengan 2 mata digital yang ekspresinya dapat berubah. Robot ini mempunyai satu lengan yang dapat bergerak di tiga titik, dengan tangan yang seperti capit di ujungnya.

Bot Handy mempunyai dua camera yang ditaruh di atas body robot dan di dekat tangan untuk mengenal object. Robot ini dapat bergerak melingkari ruang, berputar-putar di porosnya, dan menaikkan badannya ke posisi untuk mencapai object yang terletak lebih tinggi.

Samsung menjelaskan robot ini dapat memandang material dari object yang lain jadi object itu dapat dipegang dengan kekuatan yang tepat. Robot ini bisa juga menggenggam object sama ukuran, berat dan wujud yang bermacam.

Sekarang ini Bot Handy masih juga dalam step peningkatan dan belum tahu kapan mulai ditawarkan. Samsung pun tidak umumkan harga atau tanggal ketersediaannya, dan awalnya raksasa asal Korea Selatan ini cuman memperlihatkan produk berbentuk ide di CES.

Kecuali Bot Handy, Samsung mendemokan versus terkini Bot Care, robot orang kepercayaan individu yang pertamanya kali ditampilkan tahun 2019. Selaku orang kepercayaan individu, robot ini dapat mengingati pemakainya untuk istirahat waktu repot bekerja atau mengingati agenda rapat.

Sama dengan Bot Handy, Samsung pun tidak menerangkan telah seberapa jauh peningkatan Bot Care dan kapan akan dikeluarkan.

Tetapi ada satu robot yang telah ditegaskan mulai akan dipasarkan di tahun ini yakni robot pencuci vakum namanya JetBot 90 AI+. Robot ini diberi dengan LIDAR, sensor 3D dan AI untuk menolongnya mengenal object supaya bisa dijauhi waktu bersihkan lantai.

Samsung menjelaskan pencuci vakum ini cukup pandai untuk dekati object yang tidak begitu riskan, seperti mainan beberapa anak, dan untuk menjauhi dari object yang ringkih seperti vas. Vakum ini mempunyai camera built ini yang dapat dipakai untuk memeriksa binatang piaraan waktu pemiliknya tidak sedang ada di dalam rumah.

JetBot 90 AI+ mulai akan dipasarkan di Amerika Serikat pada paruh pertama 2021, tetapi Samsung belum umumkan harga.

Sumber : detik.com

Related Articles

Back to top button