Cek Kesehatan Mental Online Gratis

nafa cahyani

Cek Kesehatan Mental Online Gratis

Rancakmedia.com – Apakah kamu pernah cek kesehatan mental? Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan, berikut terdapat cara cek kesehatan mental online dan gratis yang dapat kamu coba.

Stres dapat menyerang kapan saja, dan pikiran sangat mudah terpengaruh oleh kekuatan negatif yang mengelilingi kamu.

Bahkan jika kamu berusaha keras, kamu tidak hanya akan mendapatkan banyak uang; kamu juga akan memiliki banyak orang yang bergantung pada kamu, yang akan membuat kamu terkuras secara psikologis.

Jika kamu hanya menanggung beban gagasan itu, tanpa memikirkan obatnya, itu pasti akan menjadi sesuatu yang terus-menerus mengganggu kamu. Terlebih lagi di tengah pandemi yang telah mendatangkan malapetaka di berbagai industri dan membuat kamu terguncang.

Jangan biarkan jiwa kamu dikorbankan karena kamu sudah terbiasa dengan urusan kamu saat ini. Kami kembali untuk menunjukkan kepada kamu bagaimana menggunakan waktu online untuk menilai kesehatan mental kamu. Lanjutkan membaca sampai akhir.

Apa itu Kesehatan Mental

Kesehatan mental seseorang didefinisikan oleh Alodokter sebagai kesehatan berada dalam keadaan mental, emosional, atau kesejahteraan sosial yang baik. Kesehatan mental sangat penting dalam cara seseorang berpikir, berperilaku, atau cara dia berinteraksi dengan orang lain.

Produktivitas setiap orang menderita ketika kesehatan mental diabaikan, baik itu anak muda, remaja, dewasa, atau bahkan orang tua. Oleh karena itu, kamu harus sadar akan kesehatan mental.

Orang yang memiliki diet mental untuk pikiran mereka akan lebih mampu memanfaatkan potensi penuh mereka dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Lebih jauh lagi, dan mungkin yang paling penting, ia mampu mengatasi berbagai situasi dengan tetap tenang dan optimis.

Penyebab Ganggunan Mental

Banyak penyebab yang dapat memicu penyakit mental, termasuk ketika seseorang menderita penyakit tertentu untuk menahan stres.

Stres dapat dipicu oleh kejadian traumatis, seperti ditinggalkan oleh seseorang yang meninggal, kehilangan pekerjaan, atau sendirian dalam waktu yang lama.

Penyakit mental juga biasanya terkait dengan epidemi Covid-19 di mana beberapa gejala muncul seperti yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, tidak heran jika pemeriksaan mental menjadi hal penting di masa pandemi Covid-19.

Contoh Gangguan Mental

Menurut Alodokter, ada berbagai macam bentuk penyakit jiwa yang dialami oleh penderitanya. Namun, di antara berbagai varietas itu ada yang paling sering muncul, antara lain sebagai berikut:

1. Depresi

Depresi adalah penyakit kesehatan mental yang mengganggu suasana hati, yang menyebabkan orang tersebut tenggelam dalam kesedihan yang parah. Biasanya depresi berlangsung selama berhari-hari, bahkan ada yang berbulan-bulan.

2. Skizofrenia

Salah satu penyakit mental yang paling umum, skizofrenia mempengaruhi kesehatan seseorang untuk berfungsi secara normal dalam pemikiran di sekitar mereka. Orang dengan skizofrenia, klaimnya, tidak dapat membedakan antara kenyataan dan delusi mereka sendiri.

3. Kecemasan Berlebih

Kecemasan berlebihan adalah penyakit mental yang menyebabkan pasien terus-menerus merasa takut dan khawatir dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Serangan panik yang bertahan lama dan sulit dikendalikan adalah gejala umum.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah gangguan pada pola tidur yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup pasien. Insomnia, parasomnia, dan narkolepsi hanyalah beberapa dari sekian banyak gangguan tidur yang mungkin diderita orang (sangat mudah untuk tidur).

Cara Cek Mental Health Online

Dari beberapa hal yang disebutkan di atas, alangkah baiknya jika kamu bisa memeriksakan diri ke ahlinya atau psikolog.

Namun, jika kamu khawatir, kamu dapat selalu menggunakan layanan pemeriksaan kesehatan mental online yang ditawarkan oleh situs tertentu.

1. Cara Cek Kesehatan Mental di Satu Persen

Salah satu situs yang menyediakan layanan tes kesehatan mental yaitu Satu Persen. Didalamnya, anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang apakah sesuai dengan kondisi anda saat ini. Silahkan klik Tes Sehat Mental Satu Persen.

2. Cara Cek Kesehatan Mental di Lalui Bersama

Sumber lain yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan mental kamu secara online adalah Laluibersama. Website ini dibuka secara gratis oleh Universitas Airlangga (UNAIR). Untuk mengaksesnya, kamu dapat mengklik Kalkulator Kesehatan Mental

Jika ingin berkonsultasi langsung dengan psikolog bisa mencoba program Halodoc, atau Alodokter di Play Store atau Apple Store. Ada elemen layanan yang menawarkan kontak langsung dengan profesional mental.

Kesimpulan

Pada artikel di atas, kami tidak hanya memberikan cara cek kesehatan mental saja, tetapi kami juga memberikan pengertian singkat tentang apa itu kesehatan mental untuk kamu yang belum mengetahuinya, dan juga kami memberikan penyebab dan contoh gangguan mental.

Demikian artikel tentang Cek Kesehatan Mental Online Gratis, semoga dapat bermanfaat dan membantu kamu semua, selamat mencoba dan tetap jaga kondisi mental kamu ya.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.