Cara Menggunakan Aplikasi 02 Meter untuk Mengukur Oksigen dalam Tubuh

nafa cahyani

Download Aplikasi 02 Meter untuk Mengukur Oksigen dalam Tubuh
Download Aplikasi 02 Meter untuk Mengukur Oksigen dalam Tubuh

Rancakmedia.com – Seperti yang kita ketahui aplikasi 02 meter ini sangat bermanfaat, banyak warganet yang mencari cara menggunakan aplikasi 02 meter untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh.

Persentase pengguna Covid-19 mengalami penurunan atau bahkan penurunan saturasi oksigen. Akibatnya, individu dengan Covid-19 mengalami penurunan saturasi oksigen.

Dikutip dari Kompas.com, saturasi oksigen sendiri merupakan tolak ukur kesehatan yang bisa menilai kadar oksigen dalam aliran darah dalam tubuh kamu. Saturasi oksigen manusia dapat diturunkan oleh berbagai macam virus.

Masih menurut Kompas.com, saturasi oksigen tipikal orang bervariasi dari 95 persen ke atas, sedangkan untuk orang dengan kondisi kronis saturasi oksigen normal berada di kisaran 90 persen.

Menariknya, saat ini ada puluhan aplikasi yang mengklaim dapat mengatur saturasi oksigen dalam tubuh. Salah satunya adalah topik diskusi hari ini: aplikasi yang dimaksud.

Aplikasi O2 Meter

Aplikasi O2 atau 02 Meter dikatakan sebagai aplikasi yang dapat menguji saturasi oksigen menggunakan kamera handphone yang terhubung dengan tangan kamu.

Organ penting lainnya seperti detak jantung, tekanan darah dan aplikasi pernapasan juga dapat diukur dengan aplikasi ini selain saturasi oksigen, menurut pengembang.

Banyak sekali orang yang menanyakan kebenaran dari aplikasi ini. Nah, bagi kamu yang bertanya-tanya tentang tingkat keakuratan aplikasi ini, kamu dapat memeriksanya di akhir!

Cara Menggunakan Aplikasi 02 Meter

kamu dapat menggunakan aplikasi ini setelah diunduh dari Google Play Store atau penyedia lain. Mungkin kamu bingung bagaimana cara memanfaatkan aplikasi ini.

Berikut cara melakukannya:

  1. Untuk memulai, dapatkan unduhan aplikasi dari Google Play Store
  2. Kemudian mulai aplikasi, lalu berikan izin aplikasi untuk akses kamera
  3. Pilih Saturasi Oksigen dari menu tarik-turun yang muncul
  4. Untuk memulai, tekan tombol Mulai
  5. Letakkan jari telunjuk kamu di kamera sehingga menutupi layar kamera seluruhnya
  6. Tunggu beberapa menit sampai prosedur pengecekan selesai
  7. Kemudian lihat hasilnya

Sebagai pengingat, tingkat saturasi oksigen tipikal seseorang adalah sekitar 95%. Namun, ada yang mempertanyakan apakah aplikasi ini cukup akurat untuk menilai saturasi oksigen?

Apakah Aplikasi ini Akurat?

Kami sendiri berkali-kali mencoba menilai saturasi oksigen dengan meletakkan jari di kamera selama beberapa menit, lalu mengujinya tanpa memasukkan jari sama sekali.

Bahkan jika kamu tidak meletakkan jari kamu di kamera, kamu akan mendapatkan 99 persen saturasi oksigen dalam gambar kamu. Kami harus bertanya, apakah aplikasi ini benar dalam semua detailnya?

Disebutkan dalam penafian aplikasi O2 Meter bahwa jika aplikasi tidak disarankan untuk digunakan sebagai perangkat medis, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak dirancang untuk mendiagnosis penyakit atau penyakit tertentu dan aplikasi ini juga mengatakan bahwa itu belum diuji atau dikonfirmasi, sehingga setiap akurasi pada telepon dapat bervariasi.

Akibatnya, bagi kamu yang mencari hasil yang tepat. Daripada mengandalkan aplikasi 02 atau O2 Meter ini, bicarakan dengan dokter kamu.

Kesimpulan

Aplikasi O2 atau 02 Meter dikatakan sebagai aplikasi yang dapat menguji saturasi oksigen menggunakan kamera handphone yang terhubung dengan tangan kamu.

Demikian informasi tentang cara menggunakan aplikasi 02 meter untuk mengukur oksigen dalam tubuh, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.