Download Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi

nafa cahyani

Download Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi
Download Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi

Rancakmedia.com – Pada bulan April 2021, aplikasi sinar (SIM Nasional Presisi APK) telah di rilis, Banyak sekali pengguna media sosia yang tidak sabar download aplikasi sinar SIM Nasional Presisi ini.

Pandemi membuat banyak sekali kegiatan dilakukan secara daring. Darimulai bekerja maupun belajar kini dilakukan secara daring melalui platform-platform media sosial atau aplikasi conference.

Demikian juga dengan segala tindakan yang berhubungan dengan administrasi dokumen penting. Polri baru-baru ini mengumumkan peluncuran aplikasi bernama Sinar (SIM Nasional Presisi).

Google Play (Android) dan App Store (iOS) akan segera memiliki aplikasi Sinar yang tersedia untuk diunduh, seperti halnya (iOS). Bagi kamu yang masih belum mengetahui cara kerja aplikasi ini, berikut ulasan singkatnya.

Apa itu Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi?

Polri belum lama ini menyatakan akan membuat aplikasi bernama Sinar. Aplikasi ini dapat membantu memudahkan pengendara untuk membuat atau memperbaharui SIM secara online.

Aplikasi Sinar atau National Precision SIM ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat atau memperpanjang SIM (SIM) menggunakan ponsel pintar.

Orang yang membutuhkan SIM baru atau ingin memperbarui SIM mereka yang sekarang dapat menghindari jalur Satpas sepenuhnya dengan menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya, lakukan saja di ponsel kamu.

Pada bulan April 2021, aplikasi ini diharapkan akan dirilis. Namun hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi kapan aplikasi ini akan dirilis tersedia untuk seluruh publik internet.

Kapolri mengatakan, aplikasi tersebut saat ini sedang diujicobakan. Sebelumnya, aplikasi ini diperkirakan akan dirilis pada 12 April 2021. Namun, sebelum artikel ini ditulis, aplikasi ini belum dirilis.

Download Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi APK

Aplikasi Sinar tidak dapat ditemukan atau diunduh di ponsel Android atau iOS pada saat artikel ini ditulis. Menurut laporan, aplikasi APK Sinar SIM National Precision masih dalam tahap percobaan dan belum dirilis.

Meski begitu, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan banyak sekali orang yang sudah bisa mendownload aplikasi ini. Kemungkinan, pengguna telah mengikuti masa uji coba aplikasi.

Dirilis tersedia untuk umum. Aplikasi Sinar tersedia untuk diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Apakah aplikasi SIM Nasional Presisi APK ini membuat kamu tidak sabar?

Nah, setelah kamu berhasil mengunduh aplikasi, kamu dapat langsung membuat SIM atau memperpanjang SIM secara online. Berikut adalah instruksi yang lebih rinci untuk kamu.

Cara Membuat SIM Secara Online

Cara generate SIM baru dengan aplikasi Sinar SIM National Precision APK cukup mudah. Untuk melakukan ini, cukup ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

  1. Download aplikasi APK Sinar SIM National Precision dari Google Play Store atau App Store
  2. Selanjutnya, daftar dengan menambahkan NIK
  3. Untuk keamanan lebih lanjut, gunakan sistem pengenalan wajah.
  4. Pilih Jenis SIM yang ingin kamu buat
  5. Lakukan pembayaran PNBP SIM baru yang akan dilakukan
  6. Kemudian kamu akan diajak untuk mengikuti ujian teori online yang didahului dengan simulasi contoh soal
  7. Jika kamu lulus, kamu akan mendapatkan Kode QR untuk ujian untuk mengikuti ujian secara offline
  8. Ujian praktek harus diadakan di Satpas
  9. Pilih jadwal ujian praktek yang sesuai

Masih ada tugas-tugas tertentu yang tidak dapat diselesaikan secara online. Khusus untuk orang yang membuat SIM online dengan aplikasi ini. Pengguna diharuskan menyelesaikan ujian praktek di Satpas setempat.

Mau tidak mau, kemampuan mengemudi kamu akan ditentukan oleh hasil tes ini. Jadi, pastikan kamu cukup mahir dulu mengemudikan mobil, lalu buat SIM.

Cara Perpanjang SIM di SIM Nasional Presisi APK

Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat SIM online. Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi APK Sinar National SIM Precision juga dapat digunakan untuk segera memperpanjang SIM. Begini caranya.

  1. Download aplikasi APK Sinar SIM National Precision melalui ponsel kamu
  2. Masukkan kode OTP pada ponsel yang terdaftar untuk memverifikasi nomor ponsel yang diberikan
  3. Selanjutnya lakukan registrasi dengan memasukkan data diri antara lain NIK, SIM, KTP bergambar, SIM dan foto selfie
  4. Kemudian validasi NIK dan SIM kamu
  5. Setelah itu, kamu dapat memilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas
  6. Setelah itu, pastikan kamu memeriksa kembali hasil pemeriksaan medis dan psikologis kamu
  7. Isi juga akun pengembalian untuk prosedur pembatalan
  8. Langkah selanjutnya adalah memutuskan bagaimana kamu ingin mengirimkan kartu SIM
  9. Kemudian kirimkan foto dan tanda tangan kamu untuk persetujuan prosedur perpanjangan
  10. Setelah itu, kamu harus membayar langganan PNBP dan biaya pengiriman kartu SIM kamu
  11. Jika sudah sampai prosedur ini, tunggu sampai Polisi akan memproses pencetakan SIM
  12. Karena akan diantar ke rumah mereka, tidak perlu membawa SIM ke kantor polisi

Ini cukup mudah, bagaimana kamu memperpanjang SIM ini? SIM tidak dapat dibuat dengan cara ini; yang harus melalui Satpa. Perpanjangan kartu SIM dengan aplikasi Sinar sederhana dan dapat dilakukan dari rumah.

Kesimpulan

Pada artikel di atas, kami telah memberikan informasi sekilas tentang aplikasi sinar SIM, download aplikasi sinar SIM, cara membuat SIM online, dan cara perpanjang SIM.

Setelah membaca artikel di atas, kamu dapat dengan mudah menemukan link untuk download aplikasi sinar SIM, dan menggunakannya untuk membuat atau memperpanjang SIM.

Demikian artikel tentang Download Aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.