Advertisement

Download Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Rancakmedia.com – Sekarang ini, banyak masyarakat download aplikasi digital korlantas Polri di google play store. Sebab, dengan satu aplikasi ini saja dapat memudahkan kamu dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baru-baru ini Polri mengumumkan akan membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk membuat atau memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) secara online.

Media menggembar-gemborkan aplikasi tersebut dinamakan sebagai SINAR atau SIM Nasional Persisi APK. Namun sayangnya, itu bukanlah merupakan sebuah aplikasi melainkan sebuah fitur saja.

Ya, kemampuan pembuatan SIM online ini termasuk dalam aplikasi bernama aplikasi Korlantas Digital APK POLRI. Jadi, apa peran aplikasi ini selain pembuatan atau pembaruan SIM?

Tentang Aplikasi Digital Korlantas POLRI APK

Polri belum lama ini menyatakan akan membuat aplikasi bernama Sinar. Aplikasi ini dapat membantu memudahkan pengendara untuk membuat atau memperbaharui SIM secara online.

Aplikasi APK Korlantas Polisi Digital ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat atau memperpanjang SIM (SIM) menggunakan ponsel pintar.

Orang yang membutuhkan SIM baru atau ingin memperbarui SIM mereka yang sekarang dapat menghindari jalur Satpas sepenuhnya dengan menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya, lakukan saja di ponsel kamu.

Pada bulan April 2021, aplikasi ini diharapkan dapat diterbitkan. Namun, hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi kapan aplikasi ini akan tersedia untuk publik internet secara keseluruhan.

Kapolri mengatakan, aplikasi tersebut saat ini sedang diujicobakan. Sebelumnya, aplikasi ini diperkirakan akan dikeluarkan pada 12 April 2021. Namun, sebelum artikel ini ditulis, aplikasi ini belum tersedia.

Download Digital Korlantas POLRI APK Play Store

Aplikasi Sinar tidak dapat ditemukan atau diunduh di ponsel Android atau iOS pada saat artikel ini ditulis. Pada saat penulisan ini, aplikasi APK Korlantas POLRI Digital dikatakan masih dalam tahap pengujian.

Meski begitu, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan banyak sekali orang yang sudah bisa mendownload aplikasi ini. Kemungkinan, pengguna telah mengikuti masa uji coba aplikasi.

Mengikuti publikasi publiknya. Aplikasi Sinar tersedia untuk diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store. kamu frustasi dengan aplikasi APK Korlantas POLRI Digital?

Nah, setelah kamu berhasil mengunduh aplikasi, kamu dapat langsung membuat SIM atau memperpanjang SIM secara online. Berikut adalah instruksi yang lebih rinci untuk kamu.

Cara Membuat SIM Secara Online

Cara membuat SIM baru menggunakan aplikasi Play Store APK Korlantas POLRI Digital cukup mudah. Untuk melakukan ini, cukup ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

  1. Download aplikasi APK Sinar SIM National Precision dari Google Play Store atau App Store
  2. Selanjutnya, Registrasi dengan menambahkan NIK
  3. Untuk keamanan lebih lanjut, gunakan sistem pengenalan wajah
  4. Pilih jenis SIM yang ingin kamu buat
  5. Lakukan pembayaran PNBP SIM baru yang akan dilakukan
  6. Kemudian kamu akan diajak untuk mengikuti ujian teori online yang didahului dengan simulasi contoh soal
  7. Jika kamu lulus, kamu akan mendapatkan Kode QR untuk ujian untuk mengikuti ujian secara offline
  8. Ujian praktek harus diadakan di Satpas
  9. Pilih jadwal ujian praktek yang sesuai

Masih ada tugas-tugas tertentu yang tidak dapat diselesaikan secara online. Khusus untuk orang yang membuat SIM online dengan aplikasi ini. Pengguna diharuskan menyelesaikan ujian praktek di Satpas setempat.

Mau tidak mau, kemampuan mengemudi kamu akan ditentukan oleh hasil tes ini. Jadi, pastikan kamu cukup mahir dulu mengemudikan mobil, lalu buat SIM.

Cara Perpanjang SIM di SIM Nasional Presisi APK

Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat SIM online. Aplikasi APK Korlantas POLRI Digital juga bisa dimanfaatkan untuk memperpanjang SIM dengan sangat instan lho. Begini caranya.

  1. Download aplikasi APK Korlantas POLRI Digital di handphone kamu
  2. Masukkan kode OTP pada ponsel yang terdaftar untuk memverifikasi nomor ponsel yang diberikan
  3. Selanjutnya Registrasi dengan memasukkan data diri meliputi NIK, SIM, KTP bergambar, SIM dan foto selfie
  4. Kemudian validasi NIK dan SIM kamu
  5. Setelah itu, kamu dapat memilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas
  6. Setelah itu, pastikan kamu memeriksa kembali hasil pemeriksaan medis dan psikologis kamu
  7. Isi juga akun pengembalian untuk prosedur pembatalan
  8. Langkah selanjutnya adalah memutuskan bagaimana kamu ingin mengirimkan kartu SIM
  9. Kemudian kirimkan foto dan tanda tangan kamu untuk persetujuan prosedur perpanjangan
  10. Setelah itu, kamu harus membayar langganan PNBP dan biaya pengiriman kartu SIM kamu
  11. Jika sudah sampai prosedur ini, tunggu sampai Polisi akan memproses pencetakan SIM
  12. Tidak perlu ke kantor polisi karena SIM akan langsung dikirim ke rumah pemohon

Ini cukup mudah, bagaimana kamu memperpanjang SIM ini? SIM tidak dapat dibuat dengan cara ini; yang harus melalui Satpa. Perpanjangan kartu SIM dengan aplikasi Sinar sederhana dan dapat dilakukan dari rumah.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah menjelaskan tentang aplikasi digital korlantas POLRI, link download, cara membuat SIM online, dan cara perpanjang SIM.

Setelah kamu membaca artikel di atas, kami harap kamu dapat dengan mudah menginstal aplikasi digital korlantas POLRI dan dapat dengan mudah juga untuk menggunakannya.

Demikian artikel tentang Download Aplikasi Digital Korlantas POLRI, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua,

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas