Advertisement

Cara Hapus Semua Data di Ponsel dengan Aman

Rancamedia.com – Jika kamu ingin menjual ponsel, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah menghapus semua data, begini cara hapus semua data di ponsel dengan aman yang dapat kamu coba.

Bagi kamu yang ingin menjual smartphone, kamu harus menghapus semua data di dalamnya. Harap dicatat bahwa hanya menggunakan pendekatan format ulang tidak memadai.

Tim Riset dan Analisis Global (GReAT) Kaspersky menawarkan solusi yang kuat untuk memastikan bahwa data kamu benar-benar terhapus saat menjual ponsel.

Cara Hapus Semua Data

Para ahli di Kaspersky mengusulkan berbagai pendekatan. Pertama, pastikan bahwa ruang penyimpanan file telah ditimpa. Untuk melakukan penimpaan, yang sering dikenal sebagai “penghancuran”, diperlukan perangkat lunak.

Beberapa sistem keamanan, seperti Kaspersky Total Security menampilkan kemampuan penghapusan data semacam ini di File Shredder perangkat, sehingga akan memastikan bahwa data yang dipilih ditimpa beberapa kali sehingga tidak dapat diambil.

Kedua, kamu juga dapat menggunakan program penghapusan data bawaan Windows, Cipher, yang umumnya digunakan untuk enkripsi, tetapi juga dapat digunakan untuk menghancurkan file dari hard drive atau membuatnya tidak dapat dibaca.

Head of GReAT Europe Marco Preuss menyatakan secara umum konsumen harus selalu menyimpan data di perangkat pribadi secara terenkripsi, untuk berjaga-jaga jika perangkat dicuri atau seseorang mendapatkan akses yang tidak diinginkan.

“Bergantung pada jenis informasi yang ditemukan, ketika data pribadi jatuh ke tangan yang salah, itu mungkin tidak hanya membahayakan diri kamu sendiri tetapi juga teman dan keluarga atau bahkan organisasi kamu,” katanya.

Menurut kepala GREAT Jerman Christian Funk, itu adalah kesalahan persepsi yang umum bahwa hanya menghapus data atau memformat ulang media penyimpanan sudah cukup untuk menghapus data.

“Jika bahkan ada segelintir individu yang paham teknologi, mereka dapat mengambil data ini. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh,” katanya.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan daftar cara hapus semua data yang ada di ponsel yang dapat kamu coba sebelum ponsel kamu menjual ponsel.

Demikian artikel tentang Cara Hapus Semua Data di Ponsel dengan Aman, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas