Cek NIK KTP Tanpa ke Dukcapil, Praktis Banget

nafa cahyani

Cek NIK KTP Tanpa ke Dukcapil Praktis Banget
Cek NIK KTP Tanpa ke Dukcapil Praktis Banget

Rancakmedia.com – Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk cek NIK di kantor Dukcapil, kamu dapat cek NIK KTP tanpa ke Dukcapil hanya dengan menggunakan ponsel pintar kamu aja lhoo, begini caranya.

NIK adalah kumpulan 16 digit unik dan penting pada KTP, yang digunakan untuk melacak atau mengetahui identitas penduduk Indonesia.

NIK digunakan untuk berbagai pengurusan, seperti pembuatan SIM, pendaftaran CPNS dan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Daftar Cara Cek NIK KTP tanpa ke Dukcapil

Jika kamu ingin cek NIK dengan menggunakan ponsel, beginilah cara nya:

1. SMS

Pengecekan NIK via SMS bisa dilakukan dengan mengirimkan format: Cek#KTP#NIK ke nomor 0815-3636-9999 milik Disdukcapil Kemendagri.

2. Facebook dan Twitter

Menghubungi akun resmi Dukcapil adalah pilihan lain yang tersedia untuk masyarakat umum. Akun Facebook dan Twitter resmi Disdukcapil masing-masing adalah “Hello Dukcapil” dan “@ccdukcapil”.

Pengguna kedua media sosial ini dapat menghubungi melalui chat pribadi, formatnya #NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Aduan

3. WhatsApp

Kirim seluruh format nama sesuai KTP, NIK, kelurahan/kabupaten/kabupaten/kota ke nomor 0813-2691-2479

4. Email

Ikuti petunjuk di bawah ini:

Kirim pesan dengan format #NIK#Nama_lengkap#Nomor Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon#Aduan
Email dikirim ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com
Email akan diproses dalam waktu 1×24 jam.

5. Situs Kementerian Dalam Negeri

Alternatif lain untuk mengecek NIK kamu adalah dengan mengunjungi website Kemendagri: https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Pada homepage website, cari pilihan e-KTP dan isi NIK. Jika nomornya valid, pemohon akan diarahkan ke tampilan dengan data lengkap yang cocok dengan KTP.

6. Call Center Dukcapil

Cara terpendek untuk menerima tanggapan adalah dengan menghubungi Call Center Halo Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Nomor bebas pulsa call center adalah 1500-537.

Sebelum melakukan panggilan, warga harus menyiapkan data-data tertentu yang diminta pihak berwenang dalam proses verifikasi.

Data yang dibutuhkan antara lain NIK dan KK. Jika nomor tidak valid, pemohon dapat langsung meminta sinkronisasi data/NIK.

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Dukcapil untuk cek NIK KTP dengan cara ini. Dibandingkan dengan memverifikasi langsung dengan Dukcapil, pendekatan ini jauh lebih nyaman, sederhana, dan hemat biaya.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan 6 cara cek NIM KTP tanpa pergi ke kantor Dukcapil, yaitu dengan melalui SMS, Facebook dan Twitter, WhatsApp, Email, Situs kementrian, dan Call center Dukcapil.

Demikian artikel tentang Cek NIK KTP Tanpa ke Dukcapil, Praktis Banget. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.