Tips Memotret Gerhana Bulan via Ponsel

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara memotret gerhana bulan agar mendapatkan hasil yang bagus, inilah tips memotret gerhana bulan via ponsel yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ketika bayangan bumi menutupi seluruh atau sebagian permukaan bulan, kamu mendapatkan gerhana bulan, kejadian yang sangat tidak biasa di alam semesta.

Pada tahap ini, bulan akan tampak lebih merah dari biasanya.

Karena fenomena ini terbilang tidak biasa, tak sedikit orang yang tertarik untuk mendokumentasikan momen gerhana bulan lewat foto atau rekaman.

Kabar baiknya, saat ini masyarakat bisa menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS untuk mengabadikan fenomena gerhana bulan secara langsung.

Tips Memotret Gerhana Bulan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk menangkap gerhana bulan di kamera ponsel:

Perhatikan jadwal

Datanglah lebih awal untuk mengetahui keadaan lapangan. Karena gerhana matahari hanya berlangsung beberapa menit, kamu perlu mengkaji jadwal atau fase-fase gerhana bulan. Sehingga kamu dapat mengambil foto gerhana sebanyak mungkin.

Sesuaikan Tingkat Eksposur Kamera

Saat pertama kali mengaktifkan aplikasi, ponsel kamu biasanya akan memberi kamu opsi untuk mengambil foto otomatis. Tetapi jika kamu ingin merekam gerhana bulan, kamu perlu mengubah eksposur kamera.

Untuk mencapai ini, tahan tombol panjang pada ikon bulan di layar selama beberapa detik. Tunggu hingga bilah geser eksposur muncul di bawah kotak penanda fokus.

Kecerahan kemudian dapat disesuaikan dengan menyeret penggeser ke kedua arah.

Ini harus dilakukan agar bulan tidak terlihat terlalu terang atau terlalu gelap, relatif terhadap benda-benda lain di sekitarnya.

Selain memilih eksposur bulan, pengguna juga dapat mengatur tingkat eksposur untuk objek lain.

Mode “Pro”, terutama pada ponsel Android, memungkinkan kamu menyempurnakan eksposur.

Gunakan Tripod untuk Stabilitas Maksimum

Efek gerhana sebagian besar hilang jika kamera dipindahkan. Oleh karena itu, untuk stabilitas terbaik, sangat disarankan untuk menggunakan tripod. Jika kamu tidak memiliki tripod, kamu masih dapat menggunakan dukungan lain.

Gunakan Zoom In

Sebaiknya hindari memperbesar alasan untuk ini adalah karena memperbesar dapat menurunkan kualitas gambar.

Memperbesar untuk menangkap gerhana matahari dapat dilakukan pada model smartphone Android dan iOS tertentu yang telah memiliki fungsi kamera yang hebat.

Gunakan Format Gambar Resolusi Tinggi

Foto gerhana bulan dalam format gambar berkualitas tinggi sangat dianjurkan jika memungkinkan.

Karena kemampuannya untuk membantu pengguna dalam modifikasi gambar di masa depan, format file ini dianggap optimal. Menggunakan menu pengaturan kamera pada ponsel Android tertentu, dimungkinkan untuk mengubah format gambar menjadi RAW (DNG).

Menggunakan Aplikasi Pihak Lain

Sekarang, tanpa teropong dan lensa zoom, kamu masih bisa merasakan gerhana bulan sepenuhnya. Rahasianya adalah menggunakan aplikasi perekaman dengan teleskop dan fitur teleskop.

Berikut adalah beberapa pilihan kami:

  1. Big Zoom Telescope Pro
  2. Teleskope 45x Moon Eclipse
  3. Teleskope pro 45x zoom

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah berikan beberapa tips memotret gerhana bulan yang memberikan hasil foto yang memuaskan.

Demikian artikel tentang Tips Memotret Gerhana Bulan via Ponsel, semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Pencarian Populer

Foto Gerhana Bulan Tadi Malam - Foto Gerhana Bulan 2021 - Foto Gerhana Bulan 26 Mei 2021 - Foto Gerhana Bulan Dan Matahari - Foto Gerhana Bulan Hari Ini - Foto Gerhana Bulan Keren - Foto Gerhana Bulan Lucu -

Related Articles

Back to top button