Ini Cara Menambahkan Watermark di File KTP

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Banyak orang yang melakukan verifikasi KTP dan bingung bagaimana menambah watermark dalam foto tersebut, ini cara menambahkan watermark di file KTP dengan mudah dan aman.

Publik sekarang khawatir tentang keamanan data pribadi mereka sehubungan dengan insiden pelanggaran data baru-baru ini.

Oleh karena itu, disarankan kepada seluruh individu untuk mengamankan data pribadinya agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu barang yang harus diamankan adalah E-KTP karena memuat informasi dan data pribadi yang sangat penting.

Ada permintaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memberi tanda air pada file KTP sebelum dibagikan kepada orang lain.

Cara Menambahkan Watermark pada File KTP

Di bawah ini terdapat beberapa cara menambahkan watermark pada file KTP, sebagai berikut:

  1. Foto KTP dengan benar
  2. Buka aplikasi edit foto (Bisa pakai Phonto, PicsArt, IG Story)
  3. Klik fitur tambahkan teks di aplikasi
  4. Masukkan informasi berupa tanggal scan dan kepentingannya, contoh: “Scan KTP 17-07-2021 untuk verifikasi rekening bank”
  5. Letakkan tulisan di ruang kosong KTP (jangan sampai menutupi informasi penting ya!)

Cara Menambahkan Watermark dengan Aplikasi Langsung

  1. Kamu dapat secara manual menuliskan tanggal pemindaian atau informasi pemindaian dan relevansinya pada selembar kertas kecil
  2. Ambil snapshot dari file KTP setelah menempelkan selembar kertas kecil di area kosong

Watermark memiliki Tanggal dan Informasi Lengkap

Sangat penting ketika menambahkan tanda air untuk memasukkan tanggal dan kepada siapa file kartu identitas dikeluarkan. Alasannya, jika data disalahgunakan, bisa diketahui siapa pelakunya.

Jika pihak yang mencari data KTP semata-mata menggunakannya untuk alasan verifikasi, pastikan pihak yang bersangkutan akan mendapatkan bukti scan KTP yang diberi watermark.

Pemindaian kartu ID kamu tanpa tanda air, di sisi lain, dapat meningkatkan data merah di pikiran kamu dan menyebabkan kamu menebak-nebak dengan memberinya informasi pribadi apa pun.

Langkah Sederhana yang Berdampak Besar

Hal ini sendiri menjadi keresahan bagi Kominfo karena banyak terjadi insiden pendaftaran pinjaman online menggunakan KTP orang yang belum divalidasi sebelumnya.

Karena kontak utama umumnya tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang tagihan atau kewajiban, ini adalah informasi yang sangat mengecewakan.

Dengan menempatkan watermarkair, kamu dapat memastikan atau setidaknya mengurangi risiko penyalahgunaan KTP untuk hal yang tidak ada kaitannya dengan kamu. Meski sederhana, langkah ini mungkin bisa menjadi tindakan pencegahan yang cukup efektif.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara menambahkan watermark dengan aplikasi, selain itu juga terdapat cara menambahkan watermark dengan aplikasi langsung dsb.

Demikian artikel tentang Ini Cara Menambahkan Watermark di File KTP, semoga artikel ddi atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Pencarian Populer

Aplikasi Watermark Ktp - Contoh Ktp Watermark - Watermark Ktp Kevin - Watermark Ktp Kominfo - Watermark Ktp Online - Watermark Ktp Untuk Melamar Kerja - Watermark Online-

Related Articles

Back to top button