Pengajuan Bansos di Aplikasi Cek Bansos, Begini Caranya

ADVERTISEMENT

Rancakmedia.com – Perlu kamu ketahui panduan untuk pengajuan bansos di aplikasi dapat di gunakan dengan menggunakan aplikasi cek bansos.

Aplikasi Cek Bansos Kemensos baru-baru ini di-upgrade dengan fitur-fitur untuk mendongkrak akurasi penyaluran bansos.

Fitur baru termasuk “Usul” dan “Sanggah”. Dengan mengaktifkan kedua fitur ini, kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam memecahkan masalah data.

Beberapa orang yang terkena masalah data berhak mendapatkan bantuan, tetapi mereka tidak menerimanya (karena kesalahan pengecualian), sementara yang lain tidak berhak atas bantuan, tetapi menerimanya (kesalahan penyertaan).

Cara Pengajuan Bansos di Aplikasi Cek Bansos

Berikut cara mendaftar yang dapat kamu lakukan untuk pengajuan bansos di aplikasi cek bansos, sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi Cek Bansos

Gunakan PlayStore untuk mendapatkan aplikasi Cek Bansos. Gunakan istilah “Permohonan Cek Jamsostek” dan pastikan jika penulisnya adalah Kementerian Sosial, karena banyak aplikasi yang identik. Cukup klik tautan yang disediakan untuk menghindari dikirim ke lokasi yang salah.

Klik di sini Download aplikasi Cek Bansos

2. Registrasi

Hanya pengguna terdaftar yang dapat mengakses menu “Sarankan” dan “Tolak”, yang dibatasi untuk mereka yang telah memvalidasi dan mengaktifkan ID Kementerian Sosial mereka.

Saat mendaftar, siapkan nomor KK, NIK, dan KTP. Setelah registrasi berhasil, kamu dapat mengakses menu pada aplikasi Cek Bansos.

3. Pilih Menu

Tambahkan saran dengan memilih “Daftar Saran” dari bilah menu. Menu ini menawarkan daftar ide yang diberikan oleh pemilik akun.

Pada tombol tambah proposal, pemegang akun dapat menambahkan diri, keluarga, orang, dan/atau orang berpenghasilan rendah lainnya. Jika kamu membuat proposal untuk keluarga kamu sendiri, kamu harus ‘berada’ di KK yang sama.

Penting untuk diingat bahwa data yang kamu berikan untuk menu tambah proposal harus sesuai dengan data di kolom populasi karena akan dibandingkan dengan data Dukcapil.

Menu “pilih jenis bansos” hanya akan muncul jika NIK yang dimasukkan ada di data DTKS. Data yang berhasil dipasok meliputi nama, NIK dan status kesesuaian di Dukcapil, kesesuaian daerah dengan pengusul di KK.

Untuk diketahui, ada 3 menu lagi di aplikasi Cek Bansos yaitu Profile, Cek Bansos, dan Tanggapan Kelayakan.

Menu Profil akan muncul di awal. Pada menu terdapat username dan profil bansos yang menunjukkan bahwa akun tersebut menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Daftar semua keluarga yang telah mendaftar DTKS dapat dilihat di Menu Profil Keluarga. Ada opsi non-keluarga yang dapat digunakan jika anggota keluarga tidak memiliki akun.

Gunakan menu Pemeriksaan Bantuan Sosial untuk menemukan orang yang memenuhi syarat untuk beberapa jenis bantuan bantuan publik. Pada bagian ini, terdiri dari informasi geografis dan nama penerima.

Lalu ada menu Langkah Kelayakan. Menu ini berisi daftar penerima bansos dan data ditampilkan berdasarkan daftar penerima di kelurahan yang sama dengan pemilik rekening.

Pemilik akun dapat membalas kelayakan penerima manfaat yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dengan mengklik simbol “OK” atau “Tidak”.

Lengkapi formulir dengan mengklik ikon, mengetikkan alasan atau pernyataan, lalu mengklik “Kirim.” Informasi yang kamu berikan akan dikirimkan ke sistem Kementerian Sosial untuk ditanggapi.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara-cara yang perlu kamu lakukan untuk pengajuan bansos melalui aplikasi cek bansos.

Demikian artikel tentang Pengajuan Bansos di Aplikasi Cek Bansos, Begini Caranya. Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Pencarian Populer

Cara Pengajuan Bansos- Pengajuan Bansos Covid - Pengajuan Bansos Covid Online - Pengajuan Bansos Kabupaten Bogor - Pengajuan Bansos Kemensos - Pengajuan Bansos Online - Pengajuan Bansos Surabaya -

Related Articles

Back to top button