Metode Untuk Mengatasi Laptop Lemot

Lovata Andrean

Mengatasi Laptop Lemot
Mengatasi Laptop Lemot

Metode Untuk Mengatasi Laptop Lemot – Langkah menangani netbook lemot sesungguhnya gampang. Sistem ini harus dipahami oleh pemakai netbook sebab seiring dengan berjalannya waktu, piranti menjadi lamban.

Bertambahnya penggunaan serta lebih banyak file yang didownload dan terpasang benar-benar menjadi salah satunya pemicu netbook berjalan lamban. Masalahnya desakan yang semakin besar ditaruh di memory terbatas netbook dan kemampuan hardware yang lain.

Netbook yang melamban ialah permasalahan untuk karyawan. Jika Anda pengin coba menangani netbook lemot ada banyak perlakuan yang bisa dikerjakan untuk perpanjang usia mesin.

Berikut Cara Untuk Mengatasi Laptop Lemot

  • Hapus Program yang Tak Terpakai

Internet penuh dengan alat dan utilitas bermanfaat yang dapat diunduh untuk menyelesaikan berbagai tugas. Tapi, aplikasi ini cenderung menumpuk seiring waktu. Sangat mudah untuk membuat banyak koleksi program di hard drive Anda yang tidak benar-benar Anda gunakan lagi, dan ini sering kali dapat menyebabkan laptop terasa lebih lambat dalam penggunaan sehari-hari.
Coba lihat dan pilih program mana saja yang sudah tidak terpakai di laptop Anda. Setelah itu, hapus program atau aplikasi yang tidak terpakai dari perangkat laptop Anda.

  • Singkirkan Bloatware

Bukan hanya komputer lama yang dapat mengalami latensi. Komputer baru juga bisa mengalami latensi dan itu sering kali tergantung pada produsen bloatware yang menginstal sebelumnya di laptop mereka. Ini terkadang mengambil bentuk perangkat lunak dan layanan pabrikan sendiri.
Tapi ada juga yang dapat mencakup aplikasi pihak ketiga yang sudah terpasang sebelumnya sebagai bagian dari kesepakatan distribusi komersial antara pabrikan dan vendor perangkat lunak. Apakah Anda menyebutnya sebagai bloatware, crapware, atau PUP (program yang mungkin tidak diinginkan), perangkat lunak yang tidak diinginkan ini benar-benar dapat memperlambat komputer.

  • Hapus Sumber Daya Sistem yang Tak Perlu

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan jika komputer Anda tidak berjalan secepat biasanya adalah menjalankan pemindai file untuk memeriksa apakah ada file atau folder lama yang tidak Anda perlukan lagi atau.
Semua data tambahan ini, seperti cache, cookie, dan file sementara (yang sebenarnya tidak bersifat sementara) dapat membuat komputer Anda berjalan jauh lebih lambat. Ada berbagai alat yang tersedia untuk membantu Anda merapikan file, dan salah satu yang paling populer adalah CCleaner.

  • Matikan Animasi yang Tak Perlu

Windows Vista telah tampil dengan grafik mewah dan animasi berkembang yang tidak banyak meningkatkan produktivitas. Secara default, Windows akan secara otomatis menonaktifkan beberapa di antaranya berdasarkan seberapa kuat sistem Anda. Tapi jika Anda bersedia mengorbankan sedikit daya tarik estetika demi kecepatan, mudah untuk mematikan semua grafik dan menjalankannya di penting.
Untuk melakukan ini, buka Start Menu itu dan mulailah mengetik di ‘Sesuaikan tampilan dan kinerja Windows’. Klik opsi ini dan dari menu gulir hapus centang semua yang tidak ingin Anda lihat di desktop (seperti bayangan, font halus, dan lain-lain). Klik OK dan ini akan mengubah tampilan desktop menjadi tampilan yang lebih mendasar.

  • Disable Automatic Updates

Menonaktifkan update perangkat sebenarnya tidak disarankan. Pasalnya ini adalah cara termudah untuk menjaga komputer Anda tetap aman dan terlindungi dari berbagai serangan dunia maya dan masalah kompatibilitas. Bagaimana pun, mematikan pembaruan otomatis berpotensi menyebabkan perangkat Anda terganggu dengan lubang keamanan yang serius.
Di sisi lain, ada beberapa kasus di mana hal ini dianggap dapat dimaafkan. Misalnya, jika laptop kerja Anda berfungsi ganda sebagai perangkat game, ada kemungkinan besar platform distribusi game seperti Steam dan Epic Games Store sering memasang beberapa pembaruan dan tambalan besar di latar belakang.
Adobe Creative Suite juga rentan terhadap pembaruan yang signifikan. Dengan menonaktifkan opsi ini dan memperbarui hanya saat Anda benar-benar ingin menggunakan perangkat lunak tersebut, Anda dapat memastikan bahwa pembaruan ini tidak menghalangi saat Anda lebih suka melakukan hal lain.

Sumber : inews.id

Baca Juga

Bagikan:

Lovata Andrean

Hai saya Lovata saya bukan Ai namun saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua. Thanks