Advertisement

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Rancakmedia.com – Banyak yang sering mengalami tiba-tiba kartu SIM yang sedang di gunakan tidak terbaca, ternyata begini lhoo cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca yang perlu kamu lakukan.

Masalah kartu SIM yang tidak terbaca tidak hanya menimpa pengguna Android, tetapi juga pengguna iOS.

Inilah mengapa mencari tahu cara memperbaiki kartu SIM smartphone yang tidak terbaca sangat penting.

Daftar Cara Mengatasi Kartu SIM

Jika kartu SIM tidak terdeteksi saat ponsel dalam keadaan aktif, coba cara berikut ini:

1. Buka dan Bersihkan Kartu Sim

Disarankan agar pengguna smartphone mengakses slot kartu SIM dan menghapus kuningan pada kartu SIM.

Umumnya, jika wilayah tersebut tidak dibersihkan terlalu lama, maka ada debu yang membuat kartu SIM tidak terbaca.

Cara membersihkannya adalah dengan mengambil kain atau tisu kering, lalu dengan hati-hati usap lapisan kuningan pada badan kartu SIM. Jika sudah dibersihkan, maka kami dapat mencoba kembali kartu SIM di ponsel kami.

2. Setel Ulang Jaringan

Jika kartu SIM Anda tidak dikenali, coba pasang kembali di slot lain. Jika ponsel kita dilengkapi dengan dua slot kartu SIM, langsung transfer kartu SIM.

Setelah digeser, disarankan untuk mereset jaringan yang ada di perangkat kita. Memindahkan jaringan juga dapat dilakukan dengan menavigasi ke bagian Pengaturan-Jaringan atau Internet-Jaringan Seluler dari menu Pengaturan.

Setelah itu kita bisa mengatur APN sesuai dengan jaringan dan operator yang digunakan.

3. Coba di Ponsel Lain

Jika kedua teknik di atas belum maksimal, disarankan untuk mencoba kartu SIM di ponsel lain. Kami melakukan ini untuk melihat apakah kartu SIM kami buruk atau ada yang salah dengan konektivitas ponsel kami.

Penyembuhan kartu SIM yang tidak terbaca ini dianggap sebagai salah satu teknik tercepat untuk melacak penyebab masalah.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca.

Dan pada artikel di atas kami telah memberikan 3 cara yang perlu kamu lakukan, yaitu dengan membuka dan memberisihkan kartu SIM, setel ulang jaringan, dan yang terakhir coba di gunakan di ponsel lain.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas