Advertisement

Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Rancakmedia.com – Sebelum mengetahui cara efektif mengatasi ponsel cepet panas, kamu perlu mengetahui dahulu mengapa ponsel yang kamu gunakan itu cepat panas.

Penyebab yang perlu kamu ketahui mengapa ponsel cepat panas ialah, yang Pertama, SoC atau prosesor yang digunakan. Kebanyakan prosesor high-end dan berperforma tinggi akan lebih panas daripada prosesor mid-rend yang lebihhemat daya.

Kedua, aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Semakin banyak aplikasi yang berjalan di belakang, maka smartphone akan selalu dalam kondisi ‘berfungsi’ meskipun dalam keadaan standby.

Kecuali jika sistem operasi diatur dengan ketat, situasi ini akan secara otomatis menghentikan banyak aplikasi di latar belakang.

Ketiga, operator sinyal atau smartphone. Semakin jauh BTS dijangkau, semakin panas ponsel kamu. Alasan di balik ini adalah karena ponsel menggunakan lebih banyak energi, tetapi suhu udara di sekitarnya sering diabaikan.

Keempat, charger dan kabel data juga berpengaruh. Pengguna biasanya ragu-ragu untuk mendapatkan kabel data atau pengisi daya asli karena harganya seringkali lebih mahal daripada yang tersedia di toko aksesori.

Daftar Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Dibawah ini kami akan memberikan cara efektif mengatasi ponsel yang cepet panas, yaitu sebagai berikut:

1. Instal Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Penggunaan beberapa aplikasi ini dapat dengan cepat memanaskan telepon. Meskipun banyak smartphone sekarang memiliki komponen perangkat keras yang memfasilitasi multitasking, seperti RAM yang besar, namun hal itu akan berdampak buruk pada handset.

Akhirnya, telepon akan menjadi terlalu panas jika pola ini berlanjut. Menggunakan terlalu banyak aplikasi menyebabkan ponsel sering hang dan cepat panas.

2. Gunakan Baterai Original

Saat ini, penggunaan baterai built-in telah menjadi tren dalam pembuatan ponsel. Namun, jika masa pakai baterai mulai berkurang, yang baru dapat dipasang.

Saat baterai ponsel rusak, sebaiknya ganti baterai asli dengan kualitas unggul dan daya tahan terjamin, meski harganya terbilang mahal.

Biasanya baterai murah dan berkualitas rendah tidak bertahan lama, menyebabkan ponsel cepat panas dan cepat hancur.

3. Isi Daya Ponsel Secukupnya

Jika baterai ponsel sudah terisi penuh, kamu harus segera menghentikan proses charging. Praktek menghubungkan baterai ke pengisi daya terus-menerus tidak aman. Ini juga dapat menyebabkan baterai ponsel cepat panas.

Meskipun pengisi daya tertentu dapat mematikan daya saat terisi 100 persen, bukanlah ide yang baik untuk terus mengisi daya baterai saat terisi 100 persen.

Yang terbaik adalah terus mengisi daya baterai sampai sering terisi penuh daripada membiarkannya pada 0% dan kemudian mengisinya.

Juga, saat ponsel kamu sedang diisi, cobalah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Panas berlebih yang lebih cepat dimungkinkan karena peningkatan aplikasi dan pemrosesan perangkat keras, bersama dengan suhu yang lebih tinggi yang tercipta saat mengisi ulang baterai.

4. Matikan Ponsel

Dalam perang melawan ponsel yang terlalu panas, ini adalah senjata pamungkas. Mematikan ponsel tentu akan menghentikan semua prosedur yang terjadi saat ponsel dihidupkan.

Suhu ponsel akan turun dengan cepat sebagai akibatnya. Cara lain untuk “memulihkan” peluncuran aplikasi yang lebih cepat adalah dengan mematikan telepon kamu.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan beberapa cara yang dapat membuat ponsel kamu tidak cepet panas yang dapat kamu coba.

Demikian artikel tentang Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Related Articles

Back to top button