Advertisement

Mengubah Ponsel Android dan iPhone sebagai Webcam

Rancakmedia.com – Sudah tidak aneh lagi jika kamu menggunakan laptop sebagai webcam, tetapi tahukah kamu cara mengubah ponsel Android dan iPhone sebagai webcam? jika belum, ketahui cara nya pada artikel ini.

Kualitas kamera laptop umumnya menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Tidak hanya laptop murah yang memiliki kamera berkualitas buruk, bahkan laptop mahal pun dapat dilengkapi dengan kamera berkualitas standar.

Mungkin kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone dengan kualitas yang lebih baik sebagai webcam untuk PC atau Mac kamu tentunya. Bagaimana caranya?

Cara Mengubah Ponsel Android sebagai Webcam untuk PC

Dimungkinkan untuk menggunakan kamera di ponsel Android kamu sebagai webcam nirkabel di PC Windows. Dan untuk itu, kami akan menggunakan aplikasi Android yang telah tersedia selama lebih dari satu dekade, yang disebut DroidCam.

Ini adalah aplikasi gratis yang didukung iklan, namun juga menawarkan edisi premium seharga $ 4,99 yang menghilangkan iklan dan memungkinkan fitur tambahan, seperti sebagai dukungan untuk film berkualitas lebih tinggi.

Langkah 1: Unduh DroidCam di ponsel Android

Unduh aplikasi ini dari Google Play Store di ponsel cerdas kamu.

Langkah 2: Luncurkan DroidCam dan Berikan Izin

Setelah menginstal aplikasi, luncurkan. Ini akan memberikan layar bantuan, cukup ketuk “Berikutnya”, lalu “OK”. Jangan khawatir; terlepas dari kenyataan bahwa layar bantuan membuatnya tampak demikian, kami akan membawa kamu melalui setiap langkah.

Setelah memilih “OK”, aplikasi mungkin meminta izin yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya. Kemudian klik “Izinkan.”

Langkah 3: Unduh Klien PC DroidCam di PC

Sekarang saatnya mengatur PC kamu untuk menggunakan ponsel kamu sebagai webcam. Unduh DroidCam Windows Client di sini untuk digunakan di PC: DroidCam Windows Client

Kemudian buka file pengaturan DroidCam Client yang diunduh dan ikuti petunjuk di layar. Setelah Klien DroidCam diinstal pada PC kamu, ia akan menemukannya sebagai ikon di desktop kamu.

Langkah 4: Hubungkan Klien PC dan Aplikasi Android

Buka perangkat lunak “DroidCam” yang sekarang ada di desktop PC kamu. Jendela “Connect” akan muncul, seperti yang terlihat di bawah ini (kanan).

Di dalamnya, pastikan simbol WiFi dipilih dan “Video” dan “Audio” diaktifkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, sehingga kamera dan mikrofon ponsel kamu dapat digunakan.

Sekarang periksa di smartphone kamu yang masih memiliki aplikasi DroidCam aktif. “WiFi IP:” akan diikuti oleh serangkaian angka dan titik. Tuliskan angka dan titik pada aplikasi desktop, yang bertuliskan “IP Perangkat”.

Kemudian pada PC kamu, klik “Start”, dan selesai, kamera utama ponsel kamu sekarang akan bertindak sebagai webcam PC. Ini akan berfungsi secara otomatis dengan Skype, Zoom, dan alat desktop lain yang mungkin perlu kamu gunakan untuk konferensi video.

Jika perangkat lunak masih menggunakan kamera laptop kamu, buka pengaturan video dan ubah pilihan kamera menjadi “Sumber DroidCam”. Maka yang harus kamu lakukan adalah menyandarkan ponsel kamu ke dinding dan menikmati pertunjukannya.

Klik “Stop” pada Klien Desktop ketika kamu selesai menggunakan ponsel cerdas kamu sebagai webcam.

Cara Menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam untuk Mac

Dimungkinkan untuk menggunakan ponsel kamu sebagai webcam bahkan jika kamu memiliki ponsel pintar Android tetapi Apple Mac atau MacBook PC. “Iriun 4K Webcam untuk PC dan Mac” akan menjadi aplikasi pilihan kami.

Langkah 1: Unduh Aplikasi Iriun Webcam di Ponsel Android kamu

Cukup unduh dan jalankan aplikasi yang akan kami gunakan untuk mengubah ponsel kamu menjadi webcam Mac dari Google Play Store. Setelah kamu meluncurkan aplikasi di ponsel kamu, itu akan meminta izin yang diperlukan untuk beroperasi, berikan mereka. Saatnya untuk menggunakan Mac kamu.

Langkah 2: Unduh dan Instal Iriun Webcam untuk Mac

Unduh “Webcam untuk Mac” dari tautan berikut ke Mac atau MacBook kamu. Instal perangkat lunak dengan menjalankan file yang diunduh dan mengikuti petunjuk di layar. Luncurkan perangkat lunak setelah diinstal di Mac kamu.

Cukup banyak selama aplikasi Webcam Iriun berjalan di ponsel kamu dan aplikasi klien yang baru saja kami unduh di Mac kamu juga berjalan, aplikasi akan terhubung secara otomatis. Sekarang kamu dapat menggunakan ponsel kamu sebagai webcam nirkabel di Mac kamu hanya dengan menempatkannya di lokasi yang diinginkan.

Setelah selesai, cukup hentikan aplikasi Android atau klien desktop untuk memutuskan sambungan satu sama lain dan Mac akan kembali ke webcam defaultnya (jika ada).

Cara Mengatur iPhone sebagai Webcam untuk PC

Mirip dengan contoh terakhir, kamu akan menggunakan program Iriun Webcam untuk melakukan ini.

Langkah 1: Unduh Aplikasi Iriun Webcam di iPhone

Unduh Aplikasi Webcam Irun dari App Store di iPhone kamu.

Kemudian luncurkan aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk beroperasi. kamu akan mendapatkan pesan “Menunggu koneksi” ketika kamu mengetuk “Ayo pergi!” kemudian. Biarkan program berjalan apa adanya dan mari kamu beralih ke PC.

Langkah 2: Unduh dan instal Iriun Webcam untuk PC

Di PC Windows kamu, unduh “Webcam untuk Windows”. Setelah itu buka penginstal yang kamu unduh dan ikuti petunjuk di layar. Ketika perangkat lunak diinstal, jalankan.

Kamu akan dapat menggunakan kamera iPhone kamu sebagai webcam nirkabel untuk PC kamu dan aplikasi apa pun yang telah kamu instal di dalamnya.

Cara Menggunakan iPhone sebagai Webcam untuk Mac

Kami akan kembali dengan aplikasi Iriun Webcam, yang merupakan metode paling sederhana untuk mengubah iPhone kamu menjadi webcam nirkabel untuk Mac atau MacBook kamu.

Langkah 1: Unduh Aplikasi Iriun Webcam di iPhone

Cukup buka Appstore di iPhone dan unduh Irun Webcam App. Saat diunduh, luncurkan aplikasi di iPhone dan izinkan izin yang diperlukan, sehingga dapat beroperasi dengan benar. Komponen iPhone selesai setelah kamu melihat pesan “Menunggu koneksi.” Mari beralih ke Mac dan tinggalkan iPhone untuk sementara waktu.

Langkah 2: Unduh dan Instal Iriun Webcam untuk Mac

Di Mac/MacBook kamu dan unduh “Webcam untuk Mac”. Buka file pengaturan yang baru saja kamu unduh dan biarkan file itu menuntun kamu melalui prosedur pengaturan. Saat perangkat lunak diinstal pada Mac kamu, jalankan saja.

Ketika kamu meluncurkannya di iPhone kamu, itu akan segera membuat koneksi dengan aplikasi yang kamu instal sebelumnya. Dan kamu sudah selesai! Kamera iPhone kamu sekarang berfungsi sebagai webcam Mac.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara mengubah Android sebagai Webcam untuk PC, Cara menggunakan ponsel Android Anda sebagai webcam untuk Mac, Cara mengatur iPhone sebagai webcam untuk PC, dan juga Cara menggunakan iPhone sebagai webcam untuk Mac.

Demikian artikel tentang Mengubah Ponsel Android dan iPhone sebagai Webcam, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas