Aplikasi Cek Bansos untuk Mendaftar Penerima Bansos

nafa cahyani

Aplikasi Cek Bansos untuk Mendaftar Penerima Bansos
Aplikasi Cek Bansos untuk Mendaftar Penerima Bansos

Rancakmedia.com – Semenjak terjadinya pandemi covid, pemerintah sering menyalurkan bansos kepada rakyat yang membutuhkan, download aplikasi cek bansos untuk kamu yang ingin mendaftar sebagai penerima bansos.

Selain uang tunai, bantuan juga diberikan dalam bentuk kuota internet, seperti pelatihan kartu prakerja. Melihat situasi di lapangan, masih banyak warga sekitar yang percaya bahwa mereka cocok dengan kualifikasi, tetapi tidak masuk dalam daftar bantuan.

Hal inilah yang dikeluhkan sebagian masyarakat terkait penyaluran bansos. Lantas, bagaimana cara mendaftar sebagai penerima bansos?

Aplikasi Cek Bansos

Daftar sebagai penerima bansos dapat dilakukan di aplikasi Cek Bansos buatan Kementerian Sosial (Kemensos). Berikut alur cara mendaftar sebagai penerima bansos di aplikasi Cek Bansos:

1. Download Aplikasi Cek Bansos

Unduh “Aplikasi Cek Bansos” di Play Store. Gunakan kata kunci “Aplikasi Cek Bansos” dan pastikan pembuatnya adalah Kementerian Sosial, karena banyak aplikasi serupa. Cek link di bawah agar tidak salah.

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos

2. Lakukan Registrasi

Silakan daftar terlebih dahulu, karena menu tersebut hanya dapat dilihat dengan user ID yang telah divalidasi dan diaktifkan oleh admin Kementerian Sosial.

Saat mendaftar, siapkan nomor KK, NIK, dan KTP. Aplikasi akan meminta snapshot kartu ID kamu dan selfie dengan ID kamu.

Setelah registrasi, masukkan kode OTP yang dikeluarkan ke email kamu. Setelah itu, kamu harus duduk tenang saat polisi memeriksa informasinya.

Menu aplikasi Cek Bansos dapat diakses setelah verifikasi selesai. Jika kamu sudah terdaftar, silakan lakukan langkah-langkah berikut.

3. Pilih menu Daftar Usulan

Pilih opsi “Daftar Saran” dan buat saran. Menu tersebut akan menampilkan daftar ide yang diajukan oleh pemilik akun. Isi datanya:

  1. Nomor Kartu Keluarga
  2. NIK
  3. Nama lengkap sesuai KTP
  4. Tempat lahir
  5. Tanggal lahir
  6. Jenis kelamin
  7. Provinsi
  8. Kabupaten/Kota
  9. Alamat sesuai KTP
  10. RT
  11. RW
  12. Nama lengkap ibu kandung
  13. Nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kemudian klik “Pilih jenis bansos” dan lampirkan foto (selfie dengan KTP dan foto rumah). Pemilik akun dapat segera mendaftarkan diri, keluarganya, orang lain atau orang miskin lainnya pada tombol “tambah proposal”.

Jika kamu melamar keluarga sendiri, kamu harus berada di KK yang sama. Perlu ditegaskan bahwa semua data pada kolom atau kolom yang ditampilkan harus berdasarkan data kependudukan, karena akan langsung terhubung dengan data Dukcapil seperti menu registrasi.

Opsi “pilih jenis bansos” hanya akan muncul jika NIK yang dimasukkan ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Nama, NIK, dan status kepatuhan Dukcapil, serta kesesuaian geografis dan Kartu Keluarga pemohon, termasuk di antara informasi yang berhasil disampaikan (KK).

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan informasi untuk akmu yang belum menerima bansos dari pemerintah untyuk mendaftarkan diri melalui aplikasi cek bansos, selain itu juga kami juga memberikan tata cara mendaftar di aplikasi cek bansos.

Demikian artikel tentang Aplikasi Cek Bansos untuk Mendaftar Penerima Bansos, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.