Advertisement

Tips Mengamankan Email agar Sulit untuk di Hack

Rancakmedia.com  – Tahuhkah kamu bahwa akun Email bisa saja di hack oleh orang yang tidak kamu kenal? Perlu kamu ketahui tips mengamankan email agar sulit untuk di hack, simak artikel ini hingga selesai ya.

Kode verifikasi yang diberikan melalui email seringkali diperlukan untuk memverifikasi akun. Jika pengguna lupa kata sandi untuk akun yang terdaftar dengan alamat email, kode yang terdiri dari beberapa digit sering kali diperlukan.

Jika akun email diretas atau dibajak oleh individu yang tidak bertanggung jawab, mereka dapat melakukan berbagai kejahatan dunia maya, yang tentu saja akan merugikan kamu.

Pengertian Email

Antara lain, melakukan penipuan, memfitnah pemilik email, meminjam uang dan mengakses berbagai akun lain di internet yang berhubungan dengan email. Dalam hal berfungsi sebagai alat verifikasi akun, alamat email sama pentingnya dengan nomor telepon.

Karena ini adalah alat verifikasi yang penting, akun email harus dilindungi dengan cara tertentu agar tidak mudah di hack. Lalu bagaimana cara mengamankan akun email kamu?

Pengertian Email

Email atau surel merupakan cara pengiriman surat dalam bentuk digital dengan melalui jaringan internet. Hanya dengan menggunakan laptop, komputer atau telepon pintar.

Sederhananya email adalah pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perangkat elekronik seperti komputer, laptop, atau smartphone yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Jenis Email

Di bawah ini terdapat jenis dari email yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

1. POP Mail

Jenis yang pertama ialah POP Mail atau dapat juga disebut dengan post office protocol yang merupakan jenis email khusus yang bisa dibuka dan dibawa melalui internet service provider yang digunakan..

Jenis Email

2. Web Mail

Jenis kedua adalah email yang paling populer di masyarakat. Email ini seperti layanan email pada google dan yahoo, hanya bisa diakses dengan membuka halaman website-nya.

3. Forward Mail

Terakhir, jenis ini sering di gunakan untuk pengguna yang sering mengganti alamat emailnya.

Jenis ini dapat dikatakan perantara, karena berfungsi sebagai perantara alamat email.

Daftar Tips Mengamankan Email

Dibawah ini terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengamankan email kamu supaya susah untuk di hack oleh orang yang tidak dikenal, sebagai berikut:

1. Pakai Two-Factor Authentication (TFA)

Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor dapat memberikan akun email dengan lapisan keamanan tambahan dengan mengirimkan kode keamanan melalui nomor telepon.

Memang, tidak ada kepastian bahwa mengaktifkan fungsi ini akan mencegah pencurian data online. Bahkan jika seseorang memiliki login dan kata sandi kamu, kamu masih dapat menggunakan fungsi ini untuk memverifikasi identitas kamu karena kamu harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon atau email email yang terkait dengan akun kamu.

2. Pakai Kata Sandi yang Kuat

Untuk memproteksi email, pilihlah password yang kuat berupa kombinasi angka, karakter, simbol, atau huruf kapital, misalnya *c0nt0hpasSword.

Jika kamu kesulitan mengingat kombinasi ini, kamu dapat menggunakan program manajemen kata sandi gratis dari Google Play Store atau Apple App Store.

Daftar Tips Mengamankan Email

Jangan mencatat kata sandi kamu di catatan atau aplikasi serupa. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa dokumen tersebut tidak dienkripsi, sehingga rentan untuk disalin oleh siapa pun.

3. Jangan Asal Klik Tautan dalam Email

Phishing adalah praktik menipu orang agar mengklik tautan berbahaya di email yang mereka terima.

Jika klik berhasil, peretas dapat mengumpulkan banyak data pribadi milik korban, termasuk akun email mereka. Oleh karena itu, jangan membabi buta mengklik tautan apa pun di email, apalagi yang diberikan oleh pengirim yang tidak dikenal.

4. Jangan Pakai Wi-Fi Umum

Rekomendasi kedua adalah untuk tidak memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang disediakan oleh tempat umum yang berbeda (seperti restoran, kafe, dan bandara) (seperti restoran, kafe, dan bandara).

Meskipun praktis dan gratis, memanfaatkan Wi-Fi di lokasi umum menawarkan masalah keamanan karena pengguna tidak tahu siapa yang terhubung dengan siapa atau siapa yang membangun hotspot.

Ada beberapa cara di mana peretas bisa mendapatkan akses ke data penting saat orang menggunakan perangkat mereka di lokasi publik.

Serangan sabotase Man-in-the-middle (MITM), hotspot palsu, dan pengumpulan dan perekaman data saat melewati jaringan adalah beberapa metode yang digunakan oleh beberapa dari mereka (juga dikenal sebagai packet sniffing).

Jika pengguna tidak begitu rajin, informasi penting seperti identitas login dan kata sandi dapat jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Selalu Memperbarui Sistem Operasi

Pembaruan yang sering adalah tanda alat yang aman. Fakta bahwa setiap kali sistem ditingkatkan, pengembang hampir selalu memasukkan peningkatan keamanan juga.

Akibatnya, pengguna juga harus melakukan upgrade OS di komputer atau perangkat selulernya sendiri. Tapi ingat, upgrade sistem harus dilakukan dengan menggunakan sistem terbaru tetapi juga sistem dengan versi stabil.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang email, sebagai berikut:

Kenapa Email Bisa Di Hack?

Akun gmail akan mudah di hack atau di retas karena kata sandi dan pertanyaan seputar keamanan dibuat terlalu mudah untuk ditebak. Sebagai contoh kata sandi menggunakan nama dan tanggal lahir, dan pertanyaan keamanan tentang tanggal lahir dll. Hal ini membuat banyak hacker amatir dapat login atau masuk ke akun gmail kamu.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah menyebutkan 5 tips untuk kamu lakukan agar email yang kamu punya tidak mudah untuk di hack oleh orang yang tidak di kenal.

Demikian artikel tentang Tips Mengamankan Email agar Sulit untuk di Hack, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua dalam mengamankan email.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas