Advertisement

Cara Scan Dokumen Pakai Android dan iPhone

Rancakmedia.com – Ketahui cara scan dokumen dengan menggunaakan ponsel Android dan juga iPhone. Belakangan ini, teknologi selalu membantu berbagai kebutuhan kita. Misalnya, digitalisasi dokumen atau foto, kini bisa dilakukan tanpa membeli pemindai atau scanner.

Ini adalah beberapa cara teknologi modern dapat membantu kamu memindai dokumen hanya dengan menggunakan ponsel cerdas kamu dan tanpa aplikasi pihak ketiga apa pun.

Ya, kali ini RancakMedia akan menunjukkan cara scan dokumen dengan ponsel iPhone dan Android. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli pemindai untuk memindai dokumen, selain itu harganya mungkin kurang menguntungkan dalam anggaran kamu.

Mari kamu periksa seluruh pendekatan di bawah ini!

Cara Scan Dokumen di Android

Bagi pengguna Android, scan dokumen dapat dilakukan melalui Google Drive. Program ini seharusnya sudah diinstal di komputer pengguna Gmail.

Untuk mencapai ini, kamu dapat meluncurkan aplikasi Google Drive dan mengklik ikon + di sudut kanan bawah. Jika kamu belum melakukannya, klik Pindai untuk mengaktifkan kamera yang akan digunakan.

Kemudian ambil gambar dokumen yang ingin kamu pindai. Tekan X untuk mencoba lagi atau tanda centang untuk mengonfirmasi.

Memotong, memutar, dan menjadi hitam putih adalah semua pengguna yang tersedia dari sana. Tekan Simpan setelah selesai. Buat file baru dan letakkan di folder pilihan kamu. Klik kembali Simpan.

Cara Scan Dokumen di iPhone

Untuk pengguna iPhone, kamu dapat dengan mudah memindai dokumen menggunakan aplikasi Notes yang telah diinstal sebelumnya.

Untuk mencapai ini, buka aplikasi Notes dan klik simbol di sudut kanan bawah layar yang terlihat seperti kotak dengan pena. Kemudian pilih Pindai Dokumen dengan mengklik simbol kamera di bagian bawah catatan baru.

Letakkan smartphone di atas kertas yang akan dipindai. Untuk memindai dokumen, cukup setel deteksi dokumen aplikasi ke “otomatis”. Dalam mode manual, kamu hanya perlu mengambil gambar dokumen. Di sudut kanan atas layar, pengguna juga dapat mengubah mode.

Kemudian klik tombol rana gambar di bagian bawah layar untuk menyelesaikan pemindaian. Setelah mengambil file, kamu juga dapat melakukan penyesuaian dengan menyeretnya ke tepi halaman.

Setelah selesai, klik Simpan di sudut kanan bawah layar. File akan disimpan sebagai PDF. Dokumen siap dikirim.

Kesimpulan

Pada artikel di atas, kami telah memberikan 2 cara scan dokumen melalui Android dan juga scan dokumen melalui Android.

Demikiam artikel tentang Cara Scan Dokumen Pakai Android dan iPhone, kami harap artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas