Advertisement

Crop dan Resize Foto Secara Offline dan Online

Rancakmedia.com – Banyak orang berpendapat bahwa melakukan Crop dan Resize foto adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, padaaa artikel kali ini kami akan memberikan cara crop dan resize foto dengan mudah.

Kami akan membagi metode ini menjadi dua jenis, yaitu offline dan online. Sehingga kamu dapat mengubahnya sendiri, langkah apa pun yang paling diperlukan.

Berikut cara memotong dan mengubah ukuran foto dengan program online dan offline yang berbeda.

Cara Crop dan Resize Foto Secara Offline

Poin sebelumnya untuk dibuat adalah bahwa metode offline paling cocok untuk orang yang memiliki akses ke komputer (PC atau laptop). Sebab, cara ini berpusat pada aplikasi edit gambar yang tergabung dari Microsoft dan Adobe Family.

1. Microsoft Paint

Pertama, kamu dapat menggunakan kemampuan bawaan Microsoft (terutama Paint) untuk memotong dan mengubah ukuran. Aplikasi ini untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan gambar, seperti mengedit foto, dan bukan untuk mengedit video.

Ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Paint.
  2. Tempatkan gambar yang akan di-crop dengan dua cara yaitu drag langsung ke aplikasi atau klik menu File dan pilih Open.
  3. Klik Select pada menu Home, dan setelah mengubah ukuran, tekan tombol Crop atau Resize.
  4. Langkah terakhir lakukan penyimpanan dengan meng-klik Save atau Save As.

2. Adobe Photoshop

Penggunaan aplikasi pengubah gambar seperti Adobe Photoshop adalah pilihan kedua. Menginstal Adobe Family terlebih dahulu dapat membuat ini lebih memakan waktu.

Namun, selama prosedur penginstalan, kamu dapat memilih Photshop. Idenya adalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak ruang penyimpanan di laptop atau PC kamu.

Ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Buka Photoshop
  2. Masukkan gambar yang ingin kamu gunakan dengan meng-klik menu File dan memilih Open.
  3. Kemudian gunakan tools Crop di sebelah kiri.
  4. Kemudian sesuaikan gambar yang ingin kamu gunakan.
  5. Langkah terakhir, simpan gambar dengan meng-klik Save atau Save As. kamu juga bisa lho menyimpan gambar Save for Web.

Cara Crop dan Resize Foto Secara Online

Untuk memotong dan mengubah ukuran foto, kami sarankan untuk mengunjungi situs web I Love Image. Berikut cerita lengkapnya:

1. I Love Image

Untuk cara ini, kamu cukup mengunjungi Google dan masuk ke mesin pencari, iloveimg atau Klik Disini agar tidak salah. Setelah itu, lanjutkan sebagai berikut:

  1. Pilih Pangkas dari menu Gambar. Gambar kemudian dapat dipilih sesuai kebutuhan.
  2. Kemudian cukup ubah gambar yang ingin kamu potong. Klik tombol Pangkas Gambar saat kamu siap.
  3. Langkah terakhir adalah menyimpan gambar yang dipotong ke komputer kamu.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai Crop dan Resize Foto, yang dapat kamu lakukan secara online dan offline. Pada artikel di atas, cara mana yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu, offline atau online?

Demikian artikel tentang Crop dan Resize Foto Secara Offline dan Online, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu semua yang merasa kesusahan, selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button