Advertisement

Begini Cara Blokir SMS Spam dan Penipuan

Rancakmedia.com – Bagi kamu pengguna Android maupun iOS pasti seing kali mendapatkan pesan SMS spam atau penipuan, begini cara blokir SMS Spam dan Penipuan yang dapat kamu lakukan sendiri.

Ini tidak hanya memenuhi kapasitas ponsel kami, tetapi juga menimbulkan risiko keamanan terhadap informasi sensitif yang kami simpan di dalamnya.

Memang banyak individu di sekitar kami yang melakukan bisnis dengan menggunakan jalan pintas. Biasanya mereka akan mengirimkan spam yang akan mengganggu kenyamanan orang lain.

Mereka juga akan mencoba menipu kami dengan berpura-pura menjadi pemenang lotere dan mengirim SMS dengan nomor telepon kami sebagai penerima.

Daftar Cara Blokir SMS Spam dan Penipuan

Adapun beberapa cara untuk memblokir SMS spam yang berupa pinjaman ataupun penipuan, antara lain sebagai berikut:

1. Jangan di tanggapi

kami semua terbiasa mendesak mereka yang mengirim spam ke ponsel kami untuk menghentikannya saat kami membalasnya melalui SMS.

Kami menganjurkan untuk menghindari penggunaan metode ini karena banyak pengirim SMS akan menunjukkan bahwa nomor kami masih aktif.

Dengan demikian, spammer akan mengirim lebih banyak SMS palsu atau penawaran pinjaman.

2. Filter Pesan

Selain itu, pesan SMS spam yang dikirim oleh penyedia pinjaman online dapat disaring secara otomatis. Pengirim tidak dikenal akan dicegah mengirimi kamu pesan menggunakan fitur ini.

Untuk pengguna iPhone, mereka dapat mengunjungi Pengaturan dan memilih opsi Pesan. Aktifkan “Filter Pengirim Tidak Dikenal” dengan menggesek ke kanan.

Untuk pengguna Android, simbol tiga titik terletak di area kanan atas aplikasi Pesan. Aktifkan Perlindungan Spam dengan masuk ke Pengaturan > Keamanan > Perlindungan Spam.

3. Blokir nomor pengirim

Kami dapat memblokir nomor nomor agar tidak mengirimkan pesan SMS kepada kami jika kami sering melihatnya. Metode ini sebanding dengan menyaring pesan dari kontak yang tidak dikenal.

Untuk pengguna iPhone, kamu dapat langsung ke Kontak dan klik info>info>Blokir Penelepon ini. Untuk pengguna Android, metode ini tergantung pada perangkat yang digunakan. Opsi tiga titik di bagian atas memungkinkan kami untuk memilih “Blokir nomor”.

4. Laporkan ke pihak berwenang

Melaporkan SMS spam dan penipuan kepada pihak yang berwenang merupakan opsi tambahan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kami dapat melaporkan kepada layanan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang berafiliasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Cukup berikan snapshot ke pegangan Twitter @aduanBRTI sebagai konfirmasi penerimaan.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Begini Cara Blokir SMS Spam dan Penipuan, terkadang SMS spam ntah itu pinjaman atau penipuan sangat mengganggu bagi kita pengguna Android maupun iOS, bahkan banyak orang yang kesal karena SMS spam tersebut.

Tetapi kamu sekarang tidak perlu khawatir karena artikel di atas dapat membantu kamu untuk memblokir SMS spam dan juga penipuan.

Tombol kembali ke atas