Advertisement

Apple Rilis Mac Studio dengan Prosesor Kencang

Rancakmedia.com – Dalam Apple Event Apple rilis Mac Studio yang berlangsung kemarin malam (9/3), Apple memamerkan pilihan item baru yang lebih fokus untuk mendongkrak performa. IPhone SE 2022 dan iPad Air M1 adalah nama logis untuk perangkat ini.

Dan untuk desktop, Mac Studio hadir dengan Studio Display baru. Sebelum Apple Event, satu-satunya opsi PC desktop kecil yang tersedia untuk pelanggan adalah Mac mini dengan CPU Apple M1 biasa.

Jika kamu mencari kecepatan maksimum, kamu bahkan dapat menghapus layar dari MacBook Pro dan menggunakannya dengan cara itu. Pengenalan Mac Studio dengan pilihan prosesor baru pasti terdengar seperti angin segar.

Bersama Mac Studio, Apple juga mengumumkan monitor baru bernama Studio Display. Harganya tentu boros, namun juga sarat dengan kemampuan inovatif yang lebih unggul dari iMac M1. Termasuk adalah webcam Center Stage iPad Pro M1, yang memulai debutnya di perangkat itu.

Apple Mac Studio Didukung dengan Apple M1 Ultra

Dengan pembukaan presentasi dengan frasa “Peek Performance”, tidak mengherankan jika Apple akhirnya mengungkapkan PC desktop kecil yang menawarkan kinerja luar biasa ini.

Proporsinya jelas agak lebih besar dari Mac Mini, dengan tinggi 9,5 cm dan panjang dan lebar 19,7 cm. Tergantung pada modelnya, beratnya mungkin bervariasi dari 2,7 kg hingga 3,6 kg.

Terbuat dari bahan aluminium tunggal, di dalamnya terdapat sejumlah blower yang menyerap udara dari celah bawah, dan meniupkan udara dari sejumlah lubang di atas posisi port.

Ada 4 port USB-C dengan standar Thunderbolt 4, LAN, slot kartu SD, dua port USB-A, jack audio HDMI hingga 3.5mm. Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0 juga didukung untuk komunikasi nirkabel.

Baca Juga:  Spesifikasi Lengkap dari Apple Mac Studio Mini

Untuk kinerja terbaik, Mac Studio hadir dalam dua konfigurasi CPU tercepat Apple. Keduanya adalah M1 Max dan M1 Ultra seri kedua adalah prosesor yang baru saja diluncurkan, memiliki kinerja dua kali lipat karena merupakan kombinasi dari dua inti pemrosesan milik M1 Max.

Memiliki kemungkinan hingga CPU 20-core, GPU 48-core hingga Neural Engine khusus 32-core. kapasitas RAM-nya? Ini dapat ditingkatkan hingga 128GB, sedangkan penyimpanan Mac Studio hingga 1TB dengan kecepatan SSD 7,4GB/dtk.

Apple juga memberikan informasi statistik yang membandingkan kinerja Mac Studio dengan Mac Pro 16-core Xeon, yang mampu memberikan kinerja CPU 90 persen lebih cepat dan GPU 60 persen lebih baik.

Mac Studio edisi terendah dengan CPU M1 Max dibanderol mulai dari USD 1,999 (Rp 28 juta) (Rp 28 juta). Sedangkan opsi M1 Ultra mulai dari USD 3.999 (Rp 57 juta) (Rp 57 juta).

Studio Display Dilengkapi Kamera Center Stage

Apple sekarang menyediakan tampilan yang sesuai melalui Studio Display selain Mac Studio. Bezelnya sempit dan dapat diubah ketinggian dan kemiringannya menggunakan bahan yang sama.

Mode potret dan lanskap keduanya dimungkinkan dengan menggunakan adaptor VESA. Dimensi panel Studio Display melebihi 27 inci, dengan resolusi 5K yang memiliki jumlah piksel total 14,7 juta.

Kompatibilitas ruang warna DCI-P3, permukaan anti-reflektif, dan kecerahan maksimum 600 nit melengkapi daftar fitur-fiturnya yang mengesankan. Spesifikasi lengkap dari apple mac studio mini.

Baca Juga:  Apple MacBook Pro 2021 Dirilis Berikut Spesifikasi dan Harganya

Prosesor A13 Bionic yang ditemukan di iPhone 11 Series digunakan untuk menghasilkan kamera dan output audio setinggi mungkin hanya tersedia di monitor Apple baru ini. Fungsi Center Stage didukung oleh sensor Ultra Wide 12MP yang dipasang di atas panel layar Studio Display.

Agar gambar menjadi lengkap, setidaknya harus ada satu orang di depan kamera yang dapat dilacak oleh kamera. Di sekeliling kamera, terpasang tiga mikrofon yang dapat menangkap suara dengan kualitas studio. Ditambah enam speaker yang memberikan efek audio spasial.

Studio Display dijual seharga USD 1.599 atau sekitar Rp. 22,9 juta. Apple mengklaim, Mac Studio dan Studio Display akan cocok untuk kreator profesional seperti sebagai musisi, produser, seniman 3D, fotografer, dan videografer. Terutama mereka yang membutuhkan CPU cepat untuk mempercepat operasi.

Kesimpulan

Apple merilis Mac Studio dengan prosesor yang kuat, Bersama dengan Monitor Studio Display. IPhone SE 2022 dan iPad Air M1 adalah nama logis untuk perangkat ini. Untuk desktop, Mac Studio hadir dengan Studio Display baru; itu boros tetapi juga lebih unggul dari iMac M1.

Apple sekarang menyediakan tampilan yang sesuai melalui Studio Display selain Mac Studio. Panel layar melebihi 27 inci, dengan resolusi 5K yang memiliki jumlah piksel total 14,7 juta. Prosesor A13 Bionic yang ditemukan di iPhone 11 Series hanya tersedia di monitor Apple baru ini.

Related Articles

Back to top button