Advertisement

Apple Resmi Umumkan M1 Ultra, dua M1 Max jadi satu

Rancakmedia.com – Pengumuman resmi Apple M1 Ultra, sebuah prosesor yang mengungguli M1 Max diluncurkan di WWDC oleh Apple, yang mengejutkan banyak penggemar teknologi. Karena M1 Max hanya menjadi prosesor tercepat Apple selama beberapa bulan.

Apple menyatakan, untuk mengembangkan prosesor yang lebih bertenaga dari M1 Max adalah usaha yang sangat signifikan. M1 Ultra dibuat dengan menggabungkan dua prosesor M1 Max menjadi satu prosesor.

Arsitektur UltraFusion adalah nama yang diberikan untuk teknologi jahitan yang digunakan oleh kedua CPU ini. Mereka mengatakan ini adalah pertama kalinya dalam bisnis yang menggabungkan dua prosesor menjadi satu prosesor baru. Rupanya, AMD mencapai ini beberapa tahun yang lalu dan itu telah menyelinap ke pikiran mereka.

Apple menjanjikan bahwa kecepatan bandwidth antarprosesor dari prosesor tunggal ini akan mencapai 2.5TB/s. Secara teori, kata mereka, teknologi ini akan memberikan kinerja yang luar biasa dengan menggunakan sedikit energi.

Apple mengklaim ada 114 miliar transistor di prosesornya. Dan dengan menggabungkan dua prosesor M1 Max ke dalam M1 Ultra, pelanggan juga akan menerima kemampuan bandwidth memori pada 800GB/s.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan komputer atau laptop dengan RAM 128GB Unified Memory. Tentu saja, ini adalah jumlah RAM yang cukup besar untuk prosesor berbasis ARM.

Spesifikasi Apple M1 Ultra

Sedangkan untuk spesifikasi lengkapnya, M1 Ultra akan menampilkan total 20 core CPU yang terdiri dari 16 core berperforma tinggi dengan 48MP L2 cache dan 4 high-efficiency core dengan 8MB L2 Cache.

Untuk GPU, prosesor ini mendukung GPU dengan total 64 core, yang memiliki 8192 unit eksekusi dan 21 teraflops. Di sisi lain, ada juga total 32 inti Neural Engine yang dapat menangani 22 triliun operasi per detik.

Dan dalam hal daya, mereka mengatakan bahwa M1 Ultra memiliki kinerja 90 persen lebih tinggi dengan daya 100W lebih sedikit jika dibandingkan dengan prosesor desktop dengan 16 core, yang merupakan klaim yang sangat besar.

Dalam hal kinerja, Apple mengatakan bahwa GPU-nya setara dengan GPU diskrit desktop terbesar saat menggunakan daya 200W lebih sedikit. Namun, mereka tidak menunjukkan GPU apa yang mereka gunakan untuk perbandingan.

Akhirnya, tampaknya mereka masih menggunakan teknologi manufaktur 5nm untuk produk mereka sendiri. Mitra manufaktur M1 Ultra dikatakan TSMC, yang memiliki sejarah panjang bekerja dengan perusahaan itu. Prosesor ini akan ditemukan di sejumlah Mac kelas atas, termasuk Mac Studio terbaru juga.

Kesimpulan

M1 Ultra dibuat dengan menggabungkan dua prosesor M1 Max menjadi satu prosesor. Apple mengklaim ini adalah pertama kalinya dalam bisnis yang menggabungkan dua prosesor menjadi satu prosesor baru. Prosesor ini akan ditemukan di sejumlah Mac kelas atas, termasuk Macbook Pro terbaru.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas