Advertisement

Cara Mencegah Pencurian Akun Facebook

Rancakmedia.com – Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mencegah pencurian akun facebook, maka dari itu kamu harus mengetahui cara tersebut pada artikel dibawah ini untuk melindungi akun Facebook kamu.

Upaya phishing untuk membajak akun Facebook sedang meningkat sekarang. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan pesan yang menunjukkan bahwa akun Facebook kamu telah dinonaktifkan karena pelanggaran hak cipta.

Selain kemampuan untuk mengirim pesan, pengguna juga akan diberi tahu melalui email jika mereka telah melanggar kebijakan hak cipta. Tujuannya adalah untuk mencuri kredensial login pengguna.

Ciri Pesan dari Pencuri Akun Facebook

Ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mencegah pencurian akun Facebook kamu, sebagai berikut:

Pertama, harap perhatikan konten dalam pesan email. Meskipun tidak menampilkan kesalahan tata bahasa yang sering diamati dalam spam, siapa pun akan mendeteksi bahwa surat itu tidak ditulis dengan cara yang dibangun dengan baik.

Kemudian, untuk menyesatkan filter spam di email, pelakunya sengaja memasukkan sedikit kesalahan di badan email dengan memberikan huruf kapital I alih-alih huruf kecil L. kamu akan dapat langsung mengetahui apakah font serif adalah digunakan dalam email kamu.

Di email yang dikirim, ada link yang mengarah ke Facebook. Ini adalah cara lain untuk menipu filter spam. Namun, tidak ada pengumuman resmi di halaman tersebut, melainkan hanya sebuah komentar.

Setelah mengklik tautan, pengguna akan muncul meminta email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Facebook kamu. Halaman antarmuka itu sendiri tampak seperti Facebook, tetapi jika dicermati lebih dekat, ini tidak ada hubungannya dengan jejaring sosial.

Kata sandi akan dimasukkan ke dalam tampilan setelah pengguna menekan tombol “kirim”. Akun kamu akan disusupi jika ada yang menggunakan halaman ini untuk memasukkan kata sandi mereka.

Cara Mencegah Akun Facebook dari Pembajakan

  1. Sebelum kamu mengklik tautan dalam email, pastikan kamu tahu siapa yang mengirimnya. Domain email non-Facebook tidak dapat digunakan untuk mengirimkan peringatan Facebook.
  2. Badan email berisi beberapa huruf tidak biasa yang harus dapat kamu identifikasi. kesalahan dan kesalahan ketik pada isi email, dan menganggap setiap pesan yang masuk patut dipertanyakan.
  3. Selalu masuk ke akun kamu menggunakan aplikasi atau dengan memasukkan URL dengan mengetiknya, bukan dengan mengeklik tautan.
  4. Hindari memasukkan kredensial login melalui pihak ketiga atau situs lain, tetapi jika kamu melakukannya dan kehilangan akses ke akun kamu, harap segera hubungi layanan pelanggan.
  5. Lindungi pengguna kamu dengan menggunakan perangkat lunak anti-virus yang dapat mendeteksi upaya halaman web berbahaya.

Kesimpulan

Itulah cara mencegah pencurian akun Facebook, pada artikel di atas terdapat 5 cara yang perlu kamu perhatikan, walaupun kamu sudah mengetahui cara mencegah pencurian akun Facebook, kamu harus tetap berhati-hati dan tetap berjaga-jaga.

Demikian artikel mengenai Cara Mencegah Pencurian Akun Facebook, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu semua dalam melindungi pencurian akun Facebook.

Related Articles

Back to top button