Advertisement

Cara Membuat Link Google Drive, Sangat Mudah

Rancakmedia.com – Banyak yang belum mengetahui cara membuat link Google Drive ternyata sangat mudah lhoo, jika kamu belum pernah membuatnya dan ingin belajar membuat link Google Drive, cara dibawah ini dapat kamu coba.

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan sinkronisasi berbasis cloud. Sejak debutnya pada April 2012, Google Drive telah memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dan menyimpan file secara online.

Menariknya, pengguna juga dapat membagikan tautan Google Drive mereka dengan orang lain. Namun, untuk memulainya, kamu harus membuat semuanya dari awal. Sangat mudah untuk membuat tautan Google Drive dan membagikannya dengan orang lain.

Daftar Cara Membuat Link Google Drive

Berikut di bawah ini terdapat cara membuat Link Google Drive yang dapat kamu coba, antara lain yaitu:

1. Menghasilkan Share Link di Windows, macOS, atau ChromeOS

Jika kamu pengguna Windows, macOS, atau Chrome OS dan telah menginstal perangkat lunak Google Drive, membuat tautan sangatlah mudah.

Menggunakan Windows Explorer atau Finder adalah cara cepat dan mudah untuk mencapai ini. Untuk memulai, cari file yang ingin kamu distribusikan.

Tidak masalah apakah itu dokumen, gambar, file yang dapat dieksekusi, atau jenis file lainnya, prosedur berbagi tetap sama. Klik kanan file dan pilih “Google Drive” dari menu konteks yang muncul.

Saat pilihan menu baru muncul, pilih Bagikan. Perlu dicatat, di macOS dan ChromeOS, tidak ada opsi Google Drive, cukup pilih Bagikan (di ChromeOS) atau Bagikan menggunakan Google Drive (di macOS). Dari sana, semuanya pada dasarnya sama.

Kotak pertama yang ditampilkan akan memungkinkan kamu mengirim tautan ke alamat email tertentu. Kamu dapat melakukannya jika kamu mau, tetapi karena kamu berbicara tentang membangun tautan yang dapat dibagikan di sini, ada beberapa hal yang perlu dibahas.

Di sudut kanan atas kotak dialog Pengaturan Berbagi, ada tombol bertuliskan “Dapatkan tautan yang dapat dibagikan.” Untuk melakukannya, cukup klik tombol. Setelah opsi itu diaktifkan, tautan akan diberikan.

Baca Juga:  Cara Mengosongkan Google Drive di Komputer dan Laptop

Salin dan tempel tautan dari bookmark kamu ke email atau pesan obrolan, misalnya. Tapi masih ada kontrol yang lebih besar di sini.

Saat kamu membuat tautan unduhan, file akan tersedia untuk semua orang yang memiliki tautan dan dapat membukanya.

Namun, opsi tarik-turun tepat di atas tautan memungkinkan kamu mengubah pengaturan ini. Mengubah pengaturan privasi global untuk file juga dimungkinkan melalui opsi “Lainnya” di bagian paling bawah:

  1. Aktif (Publik): Ini pada dasarnya membuat file tersedia untuk umum. File dapat ditemukan, dicari, dan diunduh oleh siapa saja.
  2. Aktif (Tautan): Siapa pun yang memiliki tautan dapat mengunduhnya. Bahkan akun Google tidak diperlukan untuk ini.
  3. Nonaktif: Hanya orang tertentu yang dapat melihat file. Oleh karena itu, Google harus masuk.

Ya, banyak sekali hal yang harus diperhatikan jika yang Anda lakukan hanyalah berbagi file sederhana.

Kabar baiknya adalah Google melakukan sebagian besar pekerjaan berat di sini, dan tindakan berbagi default cukup pribadi (tautan Anda dapat diakses oleh siapa saja, tetapi hanya jika mereka mengetahui tautannya), sehingga Anda dapat berbagi file dengan cepat dan efisien.

2. Cara Menghasilkan Share Link di Android dan iOS

Jika kamu perlu membuat tautan di perangkat seluler, caranya sama sederhananya. Meski banyak kemungkinan lebih terkubur. Akibatnya, perlu untuk memecah proses menjadi banyak komponen.

Baca Juga:  Cara Edit Dokumen PDF di Word dan Google Drive

Hasilkan Tautan:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Drive. Lalu buka file yang ingin Anda bagikan
    Tap tombol tiga titik di aplikasi. Kemudian, tap Share Link. Di iOS, ini sebenarnya bertuliskan ‘Get Link.’
  2. Di sinilah satu-satunya perbedaan nyata antara Android dan iOS terjadi. Di iOS, tautan disalin ke papan klip, sehingga Anda dapat membagikannya. Di Android, menu bagikan akan muncul, memberi Anda lebih banyak opsi.

Antara Android dan iOS, tidak ada banyak perbedaan. Di iOS, tautan akan disalin ke papan klip, jadi kamu dapat membagikannya. Di Android, menu berbagi akan ditampilkan, menawarkan kamu pilihan tambahan.

Kotak Dialog Berbagi kamu mungkin akan tampak berbeda dari milik kami, karena dikuratori tergantung pada riwayat berbagi kamu, aplikasi yang diinstal, dan sebagainya.

Memilih aplikasi yang ingin kamu bagikan file seharusnya mudah dari titik ini dan seterusnya. Atau, kamu dapat menggunakan opsi “Salin ke papan klip” jika kamu ingin menyalin tautan dan membagikannya secara manual.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Link Google Drive, Sangat Mudah. Jika kamu sudah membaca artikel di atas, kami memberikan 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat link di Google Drive.

Semoga artikel di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat link google drive.

Back to top button