Advertisement

Akun WhatsApp Kena Hack, Jangan Panik

Rancakmedia.com – Bukan lagi hal yang asing jika ada korban yang Akun WhatsApp kena Hack, Untuk itu, penting untuk memahami cara melindungi data pribadi dalam aplikasi.

Jika akun WhatsApp kamu terkena hack, kami menyarankan kamu untuk tidak khawatir karena masih ada peluang untuk mendapatkannya kembali.

Contoh terbaru adalah pencurian akun WhatsApp di Indonesia dengan menipu pengguna dengan memberikan enam digit nomor One Time Password (OTP) yang disediakan melalui SMS (layanan pesan singkat) dalam karakter India.

Cara Mengatasi Akun WhatsApp Kena Hack

Cara mengatasi WhatsApp yang dibajak melalui penipuan OTP dapat dilakukan dengan mengirimkan laporan masalah ke email [email protected]

Laporan tersebut mungkin berisi nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp, serta kronologi lengkap dan bukti lainnya, seperti tangkapan layar akun dan masalah apa pun yang dihadapi.

Setelah laporan dibuat, WhatsApp akan menghentikan akun tersebut. Setelah sekitar 24 jam, kamu dapat mengaktifkan kembali akun WhatsApp kamu.

Yang harus kamu lakukan adalah menginstal ulang WhatsApp dan kemudian memasukkan nomor telepon kamu. Jika kamu dapat mengakses, akun dianggap pulih.

Selain itu, menurut bimbingan ahli keamanan Vaksin Alfons Tanujaya, ada teknik atau strategi tambahan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena hack.

Alfons mengklaim bahwa mengambil akun dari peretas relatif mudah. Pertama, hapus atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel, lalu instal ulang dan login seperti biasa.

“Setelah itu, SMS akan dikirim ke nomor telepon yang diberikan sebagai konfirmasi. Setelah memasukkan nomor verifikasi, akun WhatsApp akan aktif kembali sendiri” ujarnya, Alfons Tanuwijaya.

Tujuan verifikasi adalah kode OTP yang diberikan melalui SMS langsung ke nomor ponsel pengguna. Ini menghilangkan kemungkinan peretas atau peretas menemukan kata sandi.

Jika setelah memasukkan kode OTP kamu dapat masuk ke akun WhatsApp lama kamu, segera lakukan pengamanan ekstra seperti menggunakan akses PIN.

Tak hanya itu, langkah perlindungan lainnya adalah dengan mengaktifkan fungsi verifikasi dua langkah agar WhatsApp tidak dialihkan oleh peretas.

Pengguna WhatsApp akan diminta untuk memberikan PIN enam digit saat menyiapkan verifikasi dua langkah.

PIN rahasia dalam verifikasi dua langkah bertindak sebagai kunci akses, jika suatu hari pengguna mengganti telepon. Verifikasi dua langkah ini cukup aman dari peretas.

Untuk pemulihan akun WhatsApp yang di hack dari pengguna yang tidak bertanggung jawab ini, selama korban peretas segera menghubungi pusat dukungan dan melaporkannya, prosedurnya akan sangat cepat.

Biasanya, tim WhatsApp tertentu bertugas menemukan peretas atau pelaku untuk memulihkan akun WhatsApp yang di hack. Tapi jangan khawatir, karena tim pendeteksi tidak dapat membaca komunikasi pengguna.

Seperti diketahui, WhatsApp menegaskan bahwa mereka telah menciptakan teknologi enkripsi end-to-end. Bahkan tim WhatsApp tidak dapat menguraikan enkripsi ujung ke ujung, yang merupakan manfaat keamanan yang sangat besar. Bahkan peretas tidak akan dapat mengaksesnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Akun WhatsApp Kena Hack, Jangan Panik. Setelah membaca artikel di atas kami harap kamu dapat memahami nya dengan cepat dan hanya satu kunci jiika kamu ingin akun whatsapp kamu kembali, yaitu jangan panik.

Sekian artikel tentang Akun WhatsApp Kena Hack, Jangan Panik, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu semua, selamat mencoba dan tetap berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas