Advertisement

Cara Menghapus Akun Email Google Gmail Permanen

Rancakmedia.com – Tahukah kamu bahwa kamu dapat menghapus akun Google kamu secara permanen? Ketika kamu tidak lagi membutuhkan akun atau ingin menghapus riwayat Google kamu untuk memulai yang baru dengan platform yang berbeda.

Kamu dapat menghapus akun Google kamu karena berbagai alasan. Apakah kamu ingin tahu cara menghapus akun Google kamu selamanya? Yuk simak penjelasan dalam artikel berikut ini.

Ketahui Fakta-Fakta Ini Sebelum Menghapus Akun Google Permanen

Sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar menghapus akun Google kamu, kamu perlu mempertimbangkan dengan matang tentang bahaya dan hukuman yang akan kamu dapatkan.

Ini mengacu pada banyak komunikasi dan juga tautan akun Google kamu dengan semua profil media sosial kamu. Sebelum menghapus keputusan untuk menghapus akun Google kamu untuk selamanya, perhatikan poin-poin berikut.

Periksa Akun Google kamu.

Kamu harus memeriksa akun Google kamu sekali lagi sebelum menghapusnya sepenuhnya. Ulasan ini terkait dengan risiko kehilangan semua data dan konten pada akun.

Gmail atau email Google pengguna biasanya berisi semua data akun Google mereka. kamu perlu mengunduh dan memulihkan data ini sebelum menghapus akun Google kamu untuk selamanya.

Pelajari Cara Mengunduh Data Otomatis

Kamu dapat menggunakan fitur pengunduhan data bawaan Google untuk mencadangkan akun Google kamu sebelum menghapusnya.

Untuk menggunakan cara ini, akses halaman “Unduh Data”, pilih data pesan, foto, video, dan sebagainya sebagai arsip. Google Takeout akan secara otomatis memilih produk Google yang memiliki akses ke data pribadi kamu.

Nantinya Google akan mengirimkan email dengan link untuk mendapatkan data akun Google kamu. Untuk opsi pengiriman, kamu harus memilih kirim tautan unduhan melalui email.

Kemudian, kamu memilih untuk mengekspor dokumen, dan setelah itu klik “Unduh Arsip” pada email yang dikirimkan Google. Cara menghapus akun email google gmail secara otomatis.

Pastikan Akun Google Memiliki Cadangan

Akun Google sering menjadi dasar sinkronisasi bagi pengguna Android. Saat kamu menautkan akun Google kamu ke layanan lain, seperti jejaring sosial, perbankan, dan transaksi keuangan lainnya, ini terjadi.

Oleh karena itu, sebelum kamu menghapus akun Google, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa kamu telah memiliki akun lain untuk mengubah tujuan sinkronisasi.

Pulihkan akun jika perlu.

Untuk mengantisipasi tuntutan masa depan kamu terkait akun Google kamu, kamu perlu melakukan pemulihan akun Google terlebih dahulu.

Ingat kata sandi akun Google kamu dan nanti Google akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa itu adalah akun Google yang benar-benar milik kamu. Mungkin kamu akan diminta untuk mengubah kata sandi di akun Google kamu di beberapa titik.

3 Cara Menghapus Akun Google Permanen kamu

Secara umum, ada beberapa cara untuk menghapus akun Google, baik secara permanen maupun non-permanen seperti pada perangkat atau gadget yang kurang digunakan. Berikut ini adalah tiga metode paling umum untuk menghapus akun Google.

Cara menghapus akun Google di iPhone

Untuk menghapus akun Google dari perangkat iPhone, kamu cukup melakukan langkah-langkah berikut setelah melakukan backup data dari akun Google yang akan dihapus. Berikut adalah cara untuk menghapus akun Google di iPhone.

  1. Masuk ke akun Gmail kamu melalui aplikasi Gmail iPhone kamu
  2. Klik pada gambar profil kamu dan pilih profil yang ingin kamu hapus
  3. Klik opsi “Kelola Akun Google”
  4. Akses informasi pribadi kamu dengan memilih “Data & Personalisasi”.
  5. Pada opsi “Unduh, Hapus, atau Rencanakan untuk Data kamu”, pilih “Hapus Layanan atau Akun kamu”.
  6. Di menu tarik-turun, pilih “Hapus Layanan”.
  7. Klik tombol “Hapus” pada menu Gmail

Cara Menghapus Akun Google Permanen di Perangkat Android

Pengguna yang gadgetnya ditautkan ke akun Google mereka akan lebih merasakan efek penghapusan akun Google. Jadi biasanya pengguna Android harus memiliki akun Google lain sebagai cadangan. Petunjuk berikut menjelaskan cara menghapus akun Google di ponsel atau tablet Android.

  1. Buka pengaturan perangkat Android.
  2. Klik “Akun”
  3. Pilih “Google”
  4. Klik akun Google yang ingin kamu hapus dari layar akun perangkat kamu.
  5. Pilih “Hapus Akun” pada menu tiga titik di sudut kanan gambar akun Google
  6. Akun Google akan dihapus dari smartphone Android tetapi tidak secara permanen karena hanya dibatasi untuk mengakses akun Google di perangkat yang ditautkan

Cara menghapus Akun Google Permanen

Untuk dapat menghapus akun Google sepenuhnya di semua perangkat, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Untuk menghapus akun Google ini, yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke pengaturan akun Google kamu. Berikut ini adalah prosedur untuk menghapus akun Google secara permanen.

  1. Pilih menu “Data & Personalisasi”
  2. Opsi “Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data kamu” dapat ditemukan dengan menggeser halaman ke bawah.
  3. Klik “Hapus layanan atau akun kamu”
  4. Pilih “Hapus layanan”
  5. Kamu akan diminta untuk terhubung ke akun Google kamu untuk verifikasi
  6. Pada halaman “Hapus Layanan Google” kamu akan ditawarkan dengan pilihan ikon program yang akan dihapus, pilih akun Gmail untuk menghapus layanan email Google dan aplikasi berbasis Google lainnya dengan mengklik ikon “tempat sampah”
  7. Akun Google kamu bersama dengan Gmail akan dihapus dan kamu akan menerima peringatan jika kamu telah menyiapkan email baru sebelumnya
  8. Verifikasi penghapusan akun Google kamu dengan menggunakan alamat email yang berbeda.
  9. Kamu akan mendapatkan email dari Google (no-reply@accounts.google.com) dengan subjek “Peringatan keamanan untuk Akun Google kamu yang terkait” atau “Konfirmasi Penghapusan Gmail”
  10. Ikuti tautan hapus di pesan email yang disediakan Google sebelumnya
  11. Jika diminta, kamu diminta untuk check-in ke akun Google yang dihapus
  12. Pada kotak konfirmasi akan muncul “Under Confirm Gmail Deletion” klik “Yes, I want to delete yourremail@gmail.com (your email) permanent
  13. Klik “Hapus Gmail”
  14. Selesai

Kesimpulan

Jika kamu tidak lagi membutuhkan akun tersebut atau ingin menghapus riwayat Google kamu, kamu dapat menghapusnya untuk selamanya. Gmail atau email Google pengguna biasanya berisi semua data akun Google mereka.

Gunakan fitur pengunduhan data bawaan Google untuk mencadangkan akun Google kamu sebelum menghapus. Ada beberapa cara untuk menghapus akun Google, baik secara permanen maupun non-permanen. Berikut adalah tiga metode paling umum untuk menghapus akun Google kamu di ponsel dan tablet iPhone, Android dan Chrome.

Back to top button