Advertisement

Cara Melihat Kata Sandi di Gmail yang Lupa

Rancakmedia.com – Karena setiap browser memiliki fitur untuk menyimpan password, melihat sandi Gmail tidaklah sulit. Akibatnya, jika kita pernah lupa, kita akan dapat segera mengetahuinya.

Pada artikel ini, saya akan mengajari kamu cara melihat kata sandi Gmail di komputer dan Android. Saya akan memberikan dua pilihan untuk pengguna komputer, satu untuk masing-masing Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Komputer atau Android dengan akun Google dan sandi tersimpan adalah satu-satunya yang diperlukan untuk melihat sandi Gmail dalam teks biasa. Karena pelajaran ini terutama ditujukan untuk memeriksa kata sandi yang disimpan.

Cara Melihat Kata Sandi Gmail

Perangkat dan browser berikut ini kompatibel:

Google Chrome

Berikut langkah-langkah untuk melihat password Gmail di Google Chrome:

  1. Pertama, silahkan buka Google Chrome di komputer kamu.
  2. Kemudian pilih Pengaturan dari menu tarik-turun yang muncul saat kamu mengeklik tiga titik di sudut kanan atas. Klik Kata Sandi setelah kamu masuk ke menu Pengaturan.
  3. Untuk memudahkan pencarian, silakan tulis google di kolom pencarian. Setelah itu, fokus pada website di bagian accounts.google.com (pilih sesuai username email kamu) lalu klik simbol mata untuk membuka password.
  4. Selesai.

Mozilla FireFox

Silakan ikuti langkah-langkah ini di Mozilla Firefox, yang hampir sama dengan yang ada di Google Chrome:

  1. Buka Mozilla Firefox terlebih dahulu.
  2. Pilih Login dan Kata Sandi dengan mengklik tiga garis di sudut kanan atas.
  3. Setelah itu, fokus pada website di bagian accounts.google.com (pilih sesuai username email kamu) lalu klik simbol mata untuk membuka password.
  4. Selesai.

Sama halnya dengan Google Chrome, jika kamu tidak menemukan accounts.google.com saat ini, kemungkinan besar kamu tidak menyimpan data login akun Gmail kamu.

Hp Android

Untuk melihat kata sandi Gmail yang tersimpan di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah dengan membuka Google Chrome di ponsel atau tablet Android kamu, jika ada.
  2. Pilih Pengaturan dari menu tarik-turun yang muncul saat kamu mengeklik tiga titik di sudut kanan atas layar. Setelah masuk ke Setting, silahkan klik Password.
  3. Silahkan cari dan pilih accounts.google.com sesuai username kamu, jika sudah memilih simbol mata untuk melihat password.
  4. Selesai.

Sama seperti dua metode sebelumnya, jika kamu tidak menemukan accounts.google.com pada saat ini, kamu hampir pasti kehilangan informasi login untuk akun Gmail kamu.

Beberapa Poin untuk Dipertimbangkan Melihat Sandi Gmail

Kata sandi Gmail kamu hanya dapat dilihat jika kamu telah menyimpan informasi login kamu saat menggunakan perangkat pribadi. Jika kamu pernah kehilangan kata sandi Gmail tetapi masih memiliki akses ke akun kamu, ini akan berguna.

Saat pertama kali masuk ke Gmail, kamu akan mendapatkan jendela yang mirip dengan yang terlihat di bawah ini. Silahkan pilih Save agar data login kamu tersimpan di browser.

Orang yang menggunakan laptop atau data komputer harus menyimpan informasi login mereka dengan cara yang ditunjukkan pada gambar di atas. Saya tidak menganjurkan kamu menyimpan data login di perangkat orang lain, karena ini cukup berbahaya.

Mungkin ada yang bertanya “kenapa username gmail cuma charis, kan kalau gmail menyertakan @gmail.com di belakangnya?”

Bagi kamu yang belum tahu, meskipun hanya berupa nama pengguna (tanpa @gmail.com), kamu tetap dapat menggunakannya untuk login ke Gmail. Apa mungkin kamu tidak memperhatikan? Silakan mencobanya sendiri.

Itulah cara melihat password Gmail sendiri yang tersimpan di Android atau komputer. Besar harapan saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan informasi baru.

Kesimpulan

Komputer atau Android dengan akun Google dan sandi tersimpan adalah satu-satunya yang diperlukan untuk melihat sandi Gmail dalam teks biasa. Ada dua pilihan untuk pengguna komputer, satu untuk masing-masing Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Setiap browser memiliki fitur untuk menyimpan password, jadi jika kita lupa, kita bisa langsung mengetahuinya. Untuk melihat kata sandi Gmail yang tersimpan di Android, ikuti langkah-langkah berikut:. Buka Google Chrome di ponsel atau tablet Android kamu, jika ada.

Pilih Pengaturan dari menu tarik-turun yang muncul saat kamu mengeklik tiga titik di sudut kanan atas layar. Silahkan pilih Save agar data login kamu tersimpan di browser. Cari dan pilih accounts.google.com sesuai dengan nama pengguna kamu, jika kamu telah memilih simbol mata untuk melihat kata sandi.

Related Articles

Back to top button