Advertisement

Aplikasi Pengembali Data yang Hilang di Windows

Rancakmedia.com – Sudah kamu mengetahui mengenai aplikasi pengembali data yang hilang di Windows? Untuk mengembalikan data yang hilang di laptop dan PC kita bisa menggunakan bantuan aplikasi recovery data baik yang gratis maupun yang berbayar.

Ketika file dihapus dari Windows, itu dipindahkan ke direktori Recycle Bin. Dari sana file masih dapat diambil ke tempat aslinya dengan mudah. Cukup pilih Pulihkan dari menu konteks saat kamu mengklik kanan file tersebut.

Lain halnya jika kita menghapusnya secara permanen, misalnya dengan menekan tombol Shift+Delete, file yang hilang dari Recycle Bin, dari Flashdisk, memori eksternal (SD card), atau hard disk eksternal.

File ini tidak akan lagi berada di Recycle Bin sehingga kami tidak dapat mengembalikannya dengan cara normal. Oleh karena itu kami membutuhkan bantuan aplikasi untuk pemulihan data.

Daftar Software Aplikasi Pengembali Data yang Hilang di Windows

Dalam hal ini, kami akan merekomendasikan aplikasi pengembali data yang hilang secara permanen di Windows, antara lain yaitu:

1. Recuva

Program pertama untuk mengembalikan data yang hilang secara permanen adalah Recuva, alat ini adalah yang sekarang kami gunakan di PC dan laptop pribadi.

Recuva dibangun oleh Pririform, bisnis perangkat lunak yang juga memproduksi CCleaner, salah satu aplikasi pembersihan PC terbaik yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Recuva adalah pilihan yang sangat baik untuk memulihkan data yang terhapus atau tidak sengaja terhapus. Tidak seperti aplikasi lain yang memberlakukan batasan kapasitas pada versi gratisnya, dengan Recuva kita dapat memulihkan data yang sangat besar sekalipun.

Recuva dapat digunakan untuk memulihkan file yang telah lama hilang karena fungsi Pencarian mendalam untuk file yang terkubur dengan kemungkinan keberhasilan yang cukup tinggi.

kamu dapat meningkatkan ke edisi premium dengan jumlah yang wajar jika kamu menginginkan fitur tambahan.

Kelebihan Software Aplikasi Recuva:

  1. Bisa digunakan untuk recovery hampir semua format file
  2. Support multi OS (Windows, macOS, android)
  3. Mengembalikan data yang hilang atau terformat di hard disk, sd card, flashdisk, dan kartu memori
  4. Tampilan mudah digunakan
  5. Memiliki fitur deep scan
  6. Terdapat versi portable (tanpa install)
  7. Gratis

Kekurangan Software Aplikasi Recuva:

  1. Hasil scan menampilkan semua file baik yang bisa direcovery maupun tidak
  2. Fitur sangat minimalis

2. Disk Drill

Perangkat lunak pemulihan data gratis seperti Disk Drill sangat disarankan. Alat ini dapat digunakan untuk memulihkan file seperti gambar, film, dokumen word dan excel, dan beberapa jenis file lainnya.

Disk Drill tidak hanya open source, tetapi juga berfungsi di beberapa sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Android. Menghubungkan ponsel cerdas kamu ke laptop melalui koneksi data akan memungkinkan kamu memulihkan data yang terhapus atau hilang.

Tampilan program ini juga cukup mendasar dan sangat mudah digunakan, sehingga pemula pun tidak akan kesulitan menggunakannya.

Disk Drill dapat digunakan untuk memulihkan data yang hilang atau diformat pada laptop, PC, hard drive eksternal, kartu SD, Flashdisk, dan kartu memori kamera. Versi gratisnya dapat memulihkan data yang hilang hingga batas 500MB.

Kelebihan Software Aplikasi Disk Drill:

  1. Performa handal
  2. Bisa recovery hampir semua format file
  3. Support untuk Windows 10, 8, 7, macOS, dan android
  4. Bisa scan hard disk eksternal, flashdisk, dan kartu memori
  5. Tampilan aplikasi mudah digunakan
  6. Bisa mengembalikan partisi yang hilang
  7. Bisa mengembalikan data pada flashdisk dan hard disk yang sudah di format

Kekurangan Software Aplikasi Disk Drill:

  1. Terdapat pembatasan data sebesar 500MB
  2. Versi berbayarnya cukup mahal

3. Wizard Pemulihan Data EaseUS

EaseUS adalah perusahaan perangkat lunak yang produknya merupakan program pemulihan data yang sangat kuat bernama EaseUS Data Recovery Wizard. Ketika datang untuk mengambil data yang hilang dari komputer, program ini bekerja dengan baik.

Alat ini mendukung semua jenis file dan berfungsi di Windows, macOS, iOS, dan android. kamu juga dapat memindai media penyimpanan yang berbeda untuk melakukan pemulihan data.

kamu dapat menggunakan versi gratis dari EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkan data yang hilang secara tidak sengaja.

Kelebihan Software Aplikasi Wizard Pemulihan Data EaseUS:

  1. Performa handal
  2. Tampilan UI bersih dan lebih modern
  3. Maintain aplikasi yang bagus oleh developer
  4. Mendukung berbagai format file dan OS
  5. Bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang di hard disk, kartu memori hp, flash disk, dan berbagai media penyimpanan lain
  6. Terdapat fitur Quick scan dan Deep sector scan
  7. Aplikasi cukup ringan, bisa berjalan pada sistem dengan RAM 128Mb

Kekurangan Software Aplikasi Wizard Pemulihan Data EaseUS:

  1. Pembatasan kapasitas recovery data sebesar maksimal 2GB pada versi gratis
  2. Versi berbayarnya mahal

4. FotoRec

PhotoRec adalah program pemulihan sumber terbuka yang gratis untuk digunakan tanpa perlu membayar lisensi. Program ini dapat beroperasi di Windows 10, Windows 8, Windows 7, macOS, dan tentunya sistem operasi Linux.

PhotoRec mungkin menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang sedang mencari alat pemulihan gratis dengan fungsionalitas lengkap tanpa perlu diganggu oleh ajakan untuk memperoleh versi komersial.

PhotoRec terutama dirancang untuk memulihkan gambar dan film yang dihapus dari laptop, tetapi juga dapat digunakan untuk memulihkan data yang hilang dari berbagai jenis file lainnya, berkat dukungannya untuk lebih dari 300 jenis file yang berbeda.

Program ini juga memberikan kemudahan, mulai dari prosedur instalasi hingga penggunaannya, akan terlihat sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Tampilan UI mungkin tampak kurang terkini, tetapi sangat mudah digunakan.

Kelebihan Software Aplikasi FotoRec:

  1. Open Source, gratis
  2. Mendukung penggunaan pada berbagai OS
  3. Mendukung lebih dari 300 jenis format file
  4. Mudah digunakan

Kekurangan Software Aplikasi FotoRec:

  1. Tampilan kurang modern
  2. Proses restore dilakukan secara otomatis, sehingga tidak bisa memilih file tertentu saja yang ingin dikembalikan

5. Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery dapat digunakan untuk memulihkan berbagai macam file, termasuk multimedia, email, dan dokumen, yang telah hilang atau hilang secara tidak sengaja. Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat memulihkan foto dan film yang hilang secara tidak sengaja dari kartu memori kamera kamu.

Dengan desain UI baru, bahkan pengguna yang paling tidak berpengalaman pun akan dapat menggunakan aplikasi dengan mudah. Pemindaian hanya membutuhkan waktu beberapa detik, terutama bila menggunakan media penyimpanan dengan kapasitas kecil.

Pengguna Windows dan Mac sama-sama akan menghargai betapa ringan dan mudahnya menggunakan laptop ini untuk memulihkan file yang terhapus atau hilang. Sejauh ketergantungan dan stabilitas berjalan, ia melakukan pekerjaan yang sangat baik.

Kelebihan Software Aplikasi Stellar Data Recovery:

  1. Performa handal, stabil, dan ringan
  2. Tampilan UI yang modern
  3. User friendly
  4. Cocok untuk pemula

Kekurangan Software Aplikasi Stellar Data Recovery:

  1. Format file yang didukung terbatas
  2. Hasil scan menampilkan file yang terkadang tidak bisa direcover

6. Wise Data Recovery

Untuk memulihkan data pada perangkat flash yang diformat secara tidak sengaja, kamu dapat menggunakan alat Wise Data Recovery ini. Program ini sangat dapat diandalkan untuk pemulihan data pada berbagai media penyimpanan eksternal seperti flash drive, hard disk eksternal, dan kartu memori.

Tampilan UI yang sederhana dan prosedur pemindaian yang cukup cepat akan membuat tugas memulihkan data cukup mudah bagi pemula. Program ini gratis untuk digunakan dan mendukung semua versi Windows.

Bagi kamu yang tidak ingin menginstal aplikasi lain, kamu dapat menggunakan versi portabel. Sayangnya, saat ini tidak ada versi macOS dan Linux yang tersedia sehingga hanya dapat digunakan pada PC dan laptop Windows.

Kelebihan Software Aplikasi Wise Data Recovery:

  1. Proses scan cepat
  2. Tampilan UI mudah digunakan
  3. Mendukung berbagai format file
  4. Bisa mengembalikan data pada media penyimpanan eksternal
  5. Mendukung semua versi Windows

Kekurangan Software Aplikasi Wise Data Recovery:

  1. Tidak bisa mengembalikan file pada folder asalnya
  2. Menampilkan list file yang terkadang unrecoverable
  3. Tidak support OS selain Windows

7. UndeleteMyFiles Pro

Ingin memanfaatkan program pemulihan data hilang yang gratis namun premium? Program ini dapat diinstal pada komputer kamu.

Terlepas dari kenyataan bahwa pembuatnya belum menyediakan versi baru, UndeleteMyFiles Pro masih menjadi salah satu aplikasi pemulihan data yang paling direkomendasikan.

Fungsi yang disediakan tidak hanya untuk mengembalikan data yang hilang secara permanen, tetapi ada fitur tambahan penting lainnya seperti penghapus file, pemulihan media, penyelamatan surat, dan citra disk darurat.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu gratis, kamu mendapatkan akses lengkap ke semua fitur-fiturnya, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Dengan menggunakan penghapus file, kamu dapat memulihkan file dari komputer dengan aman tanpa khawatir tentang bagaimana kamu akan mendapatkannya kembali.

Kelebihan Software Aplikasi UndeleteMyFiles Pro:

  1. Terdapat fitur ekstra yang cukup berguna
  2. Gratis
  3. Proses scan cepat

Kekurangan Software Aplikasi UndeleteMyFiles Pro:

  1. Tampilan terlihat kuno
  2. Tidak mendapat update lagi dari pengembangnya
  3. Format file yang didukung terbatas

8. MiniTool Power Data Recovery

Program ini dapat digunakan untuk memperbaiki data yang rusak serta mengembalikan data yang hilang, hilang, atau tertimpa. Ukuran program ini relatif kecil dan ringan, sehingga pengguna dengan karakteristik laptop minimal tetap dapat menggunakannya.

Antarmuka pengguna aplikasi ini sangat mirip dengan Windows, sehingga mudah untuk digunakan. Untuk penggunaan pribadi, kamu dapat menggunakan versi gratis, tetapi jika kamu ingin mendapatkan semua fitur, kamu harus memperoleh lisensi pro.

Apa yang harus kamu lakukan jika kamu tidak sengaja memformat flash drive yang berisi file penting? Pulihkan data dari flash drive yang diformat menggunakan alat ini, jangan khawatir.

Kelebihan Software Aplikasi MiniTool Power Data Recovery:

  1. Tampilan UI user friendly dan mudah digunakan
  2. Ukuran aplikasi kecil
  3. Ringan, bisa digunakan ada laptop spesifikasi rendah
  4. Terdapat fitur preview pada file yang hilang yang terdeteksi
  5. Support dari pengembang yang bagus

Kekurangan Software Aplikasi MiniTool Power Data Recovery:

  1. Tidak memiliki tools backup
  2. Fitur terbatas pada versi gratis

9. Undelete 360

Ketika datang ke perangkat lunak pemulihan data gratis, program ini sulit dikalahkan. Dengan kata lain, edisi gratis Undelete 360 ​​menawarkan semua kemampuan yang kamu temukan di versi komersial.

Undelete 360 ​​mendukung berbagai jenis file yang biasa digunakan, kamu dapat menggunakan alat ini untuk memulihkan data seperti dokumen, gambar, video, file aplikasi, dan format file lain yang secara tidak sengaja hilang secara permanen di laptop dan PC kamu.

Kelebihan Software Aplikasi Undelete 360:

  1. Mendukung berbagai format file
  2. Tampilan aplikasi sederhana sehingga mudah digunakan
  3. 100% gratis

Kekurangan Software Aplikasi Undelete 360:

  1. Sudah tidak diupdate lagi oleh developer
  2. Tampilan UI terlihat kuno

10. TestDisk

kamu dapat menggunakan TestDisk untuk memulihkan partisi yang terhapus atau hilang di Windows dan data terkaitnya. Program ini berbasis command-line sehingga penggunaannya tidak semudah aplikasi berbasis GUI lainnya.

TestDisk dapat digunakan pada sejumlah sistem operasi dan mendukung hampir semua sistem file. Ada juga versi bootable yang dapat digunakan untuk memulihkan partisi yang hilang saat kamu tidak dapat mengakses Windows.

Kelebihan Software Aplikasi TestDisk:

  1. Open source, gratis
  2. Tersedia versi bootable
  3. Bisa mengembalikan partisi dan partisi boot yang hilang atau rusak
  4. Mendukung berbagai OS
  5. Mendukung berbagai file system

Kekurangan Software Aplikasi TestDisk:

  1. UI berupa command-line
  2. Tidak cocok untuk pemula

11. Data Rescue

Ada solusi gratis bernama Data Rescue yang dapat membantu kamu memulihkan file yang terhapus dari PC dan laptop yang hilang. Pemulihan data adalah spesialisasi pembuat aplikasi, yang terkenal di industri ini.

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah fungsi kloning yang dapat digunakan untuk mereplikasi perangkat yang dapat di-boot. Dari segi estetika, program ini memang terlihat kurang kekinian, namun navigasi UI cukup lugas sehingga mudah digunakan.

Program ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac, kamu dapat menggunakan versi gratis untuk penggunaan pribadi atau membeli versi premium jika kamu ingin mendapatkan semua kemampuan.

Kelebihan Software Aplikasi TestDisk:

  1. Mendukung berbagai format file
  2. Bisa digunakan di Windows dan macOS
  3. Terdapat fitur clone yang cukup berguna
  4. Terdapat fitur hex previewer

Kekurangan Software Aplikasi TestDisk:

  1. Tampilan terlihat kurang modern
  2. Proses scan terbilang cukup lama
  3. Tidak ada fitur pause dan resume

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai aplikasi pengembali data yang hilang di Windows yang dapat kamu gunakan, setelah membaca artikel di atas terdapat 11 aplikasi yang bisa mengembalikan data yang hilang.

Jika kamu sudah membaca artikel di atas, tidak hanya mengenai aplikasi pengembali data saja, kami juga menyediakan keuntungan dan kekurangan aplikasi tersebut, gunakan aplikasi sesuai dengan kemampuan kamu  ya.

Selain artikel pengembali data yang hilang di Windows, kami juga menyiapkan artikel lain mengenai aplikasi mengembalikan data yang hilang di Android, semoga bermanfaat.

Daftar Isi: Tampilkan

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas