Advertisement

Download Aplikasi Screenshot untuk PC Simple

Rancakmedia.com – Ketika kamu melihat gambar yang menarik di PC kamu dan ingin merekamnya, tentu kamu harus download aplikasi screenshot PC. Sebenarnya, terdapat aplikasi bawaan Windows bernama Snipping Tool yang memang digunakan untuk menangkap layar.

Jadi, kamu dapat melakukan screenshot tanpa aplikasi tambahan. Bahkan jika kamu ingin mempelajari atau menggunakan aplikasi screenshot alternatif, tidak ada salahnya.

Daftar Download Aplikasi Screenshot untuk PC

Berikut ini adalah rekomendasi dari kami aplikasi Screenshot yang dapat kamu gunakan untuk PC, antara lain yaitu:

1. Lightshot

Lightshot adalah aplikasi penangkap layar yang didambakan banyak pengguna PC. Ukurannya yang ringan dan cukup sederhana membuat aplikasi ini banyak digemari oleh masyarakat.

Untuk menggunakannya, cukup klik tombol Prnt Scr + Fn atau melalui System Tray. Selanjutnya, cukup pilih bagian yang ingin kamu rekam.

Selain itu, kamu memiliki opsi untuk mengubah tangkapan layar segera sebelum menyimpannya. kamu dapat menambahkan teks, panah arah, dan bingkai ke desain kamu.

Download Disini

2. TinyTake

TinyTake adalah aplikasi untuk aplikasi screenshot PC standar. Sebab, selain digunakan untuk mengambil gambar, TinyTake juga bisa digunakan untuk merekam film.

Selain itu, kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai kamera untuk mengambil gambar wajah kamu saat berada di depan layar komputer.

Fitur-fitur yang disediakan masih sangat khas, misalnya croping, arrow, bluring, line, ellipse, rectangle, dan text. Namun, saat memanfaatkan fungsi teks, masih menyisakan bingkai putih yang tidak bisa dihapus.

Satu hal lagi, TinyTake juga ingin kamu mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ini juga menyakitkan dan membutuhkan waktu lama untuk mendaftar.

Download Disini

3. Jing

Selain TinyTake, Jing juga bisa mengambil gambar dan film. Cepat dan unik juga menjelaskan aplikasi khusus ini. Nah, yang spesial di sini adalah ada gelembung jingga yang ditautkan di sisi kanan layar.

Melalui gelembung ini, kamu dapat mengambil tangkapan layar dan langsung mengakses menu riwayat atau pengaturan.

Setelah gambar atau video dipilih dengan benar, kamu akan dikirim ke antarmuka pengeditan Jing yang mudah. Teks, bingkai, dan panah semuanya dapat dimasukkan di sini.

Download disini

4. PicPick

PicPick adalah program untuk mengambil screenshot di komputer. Aplikasi ini diproyeksikan menjadi yang terlengkap. Pada PC Windows, aplikasi ini tampaknya menyediakan semua yang kamu perlukan untuk memotret foto yang bagus.

PicPick juga menampilkan banyak mode yang jarang ditemui di aplikasi lain. Scrolling Window, Control Window, Fixed Region, dan lain-lain hanyalah beberapa opsi yang tersedia.

Selain itu, kamu harus menguji beberapa fungsi standar lainnya. Satu hal lagi, kamu juga dapat langsung membagikan tangkapan layar ke Facebook, Skype, Twitter, atau memasukkannya ke Imgur.

Download Disini

5. Greenshot

Bagi kamu yang membutuhkan aplikasi cepat dan mudah untuk menangkap layar, Greenshot adalah solusinya. Seperti Lightshot, aplikasi ini juga tidak memberikan antarmuka.

Jadi, jika kamu ingin mengambil gambar, cukup tekan Hotkey yang diberikan atau melalui System Tray.

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu hanya menyajikan empat mode capture, yaitu full screen, region, last region, dan window. Nah, untuk melakukan screenshot dasar, aplikasi ini masih cukup bisa diandalkan.

Jika kamu ingin menemukan aplikasi tangkapan layar PC yang lengkap, Greenshot tidak cocok untuk kamu gunakan.

Download Disini

6. Skitch

Skitch, sebuah program populer pada saat itu, tidak lagi disukai ketika ditemukan bahwa program itu tidak berfungsi dengan versi Windows terbaru.

Bagi kamu pengguna Windows, kamu masih dapat menggunakan versi 2.8 yang diterbitkan pada November 2016.

Terlepas dari itu, kami menemukan aplikasi ini cukup menarik. Pasalnya, ada tiga pengaturan yang bisa diakses, yakni Region, Full Screen, dan Blank.

Selain itu, aksesori juga memungkinkan kamu untuk mengubah sorotan, bingkai, panah, teks, dan lainnya. Skitch, di sisi lain, menawarkan opsi pemburaman dan pemotongan.

Namun, ada batasan untuk aplikasi ini, terutama yang tidak dapat kamu ulangi ketika kamu membuat opsi yang buruk. Seolah-olah kamu mulai lagi.

Download Disini Mac l Download disini Windows

7. ScreenPresso

Aplikasi screenshot PC terakhir yang kami sarankan adalah ScreenPresso. Panah, gelembung, ractangles, dan gambar serta simbol terkenal lainnya berlimpah di aplikasi ini.

Selain itu, ada juga kemampuan ekstra seperti Crop, Blur, canvas size, dan cut out. Ditambah dengan fungsi perekaman video yang dapat kamu simpan dalam format MP4 atau Gif.

ScreenPresso kompatibel dengan Windows 7 dan Windows 8 serta Windows 10.

Akan sangat membantu jika kami dapat menunjukkan cara mengambil tangkapan layar layar PC menggunakan salah satu aplikasi yang disebutkan di atas. Lightshot akan digunakan untuk mengambil screenshot layar PC.

Download disini

Cara Mengambil Screenshot PC dengan Lightshot

Dibawah ini terdapat cara mengambil Screenshot untuk PC dengan menggunakan Lightshot, yaitu sebagai berikut:

  1. Kami menganggap kamu sudah memiliki aplikasi Lightshot di ponsel cerdas kamu.
  2. Selanjutnya, pilih gambar yang ingin kamu screenshot.
  3. Jika sudah, silakan tekan tombol Prnt Scr + fn secara bersamaan di keyboard kamu.
  4. Nantinya, kamu akan disajikan dengan beberapa fitur dari Lightshot.
  5. Terakhir, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika dirasa cukup, silahkan tekan Ctrl + S untuk menyimpannya.

Kesimpulan

Demikian itu adalah beberapa download aplikasi screenshot untuk PC simple dan petunjuk tentang cara menggunakan aplikasi Lightshot untuk menangkap screenshot.

Kamu cukup memiliki salah satu di antaranya untuk di gunakan mengambil tangkap lay di PC, kami berharap aplikasi ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas