Advertisement

Download Aplikasi untuk Windows 10 Wajib di Miliki

Rancakmedia.com – Kini kamu dapat download aplikasi untuk Windows 10 yang wajib di miliki oleh semua pengguna Windows 10. Jika kamu tidak mengetahui cara download aplikasi untuk Windows 10, tidak perlu khawatir karena kami telah menyiapkan artikel itu untuk kamu semua.

Saat membeli laptop baru atau setelah menginstal ulang, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperbarui dan menginstal aplikasi untuk berbagai keperluan di masa mendatang.

Ada banyak sekali aplikasi Windows gratis dan premium yang tersedia sehingga mungkin sulit untuk memutuskan mana yang akan digunakan.

Mulai dari aplikasi pemutar video, editor gambar, pengolah kata, hingga aplikasi chat client untuk tetap terhubung dengan orang-orang selama kita bekerja di laptop.

Panduan ini akan menghemat waktu kamu untuk memilih aplikasi teratas yang harus dimiliki pengguna Windows 10, dibawah ini kamu sediakan download aplikasi untuk windows 10.

Daftar Download Aplikasi untuk Windows 10

Dibawah ini terdapat daftar download aplikasi untuk Windows 10 yang wajib di miliki untuk pengguna Windows 10, antara lain yaitu:

1. Browser: Google Chrome

Pengguna Windows 10 harus memiliki Google Chrome sebagai aplikasi must-have pertama mereka. Menghubungkan komputer ke internet dan menginstal versi terbaru Windows 10 adalah langkah awal setelah instalasi baru.

Menginstal browser terlebih dahulu diperlukan untuk mengunduh aplikasi tambahan karena kami ingin memastikan bahwa kami memiliki versi dan fitur aplikasi yang paling mutakhir.

Internet Explorer dan Microsoft Edge adalah dua browser default di Windows 10, dan keduanya memungkinkan kamu menjelajahi web, streaming film, dan mengunduh file.

Namun sayangnya aplikasi browser bawaan ini memiliki banyak batasan, seperti ekstensi yang dapat diakses relatif sedikit.

Karena itu, kami membutuhkan browser yang kaya fitur dan cukup dapat diperluas untuk berjalan di desktop dan laptop Windows. Sampai saat ini, satu-satunya browser yang mampu memenuhi persyaratan ini adalah Google Chrome.

Google Chrome adalah aplikasi browser yang diproduksi oleh Google yang memiliki pengguna terbanyak secara global. Aplikasi ini merupakan aplikasi mutlak bagi pengguna Windows 10.

Sangat mudah untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa Google Chrome dengan banyak add-on, dan browser itu sendiri sangat cepat.

Selain itu, browser ini juga terhubung dengan semua aplikasi google seperti Gmail, Google Drive, Google Search, Google Docs dan semua aplikasi lainnya, menjadikannya browser yang sangat baik untuk tujuan pekerjaan dan hiburan.

Download Disini

2. Video Player: VLC dan Media Player Classic

Aplikasi utama kedua untuk Windows 10 adalah pemutar film atau pemutar video. Materi video semakin populer sebagai jenis multimedia yang sekarang dapat kita akses di komputer dan perangkat seluler selain teks dan foto.

Mulai dari melihat video pembelajaran dari dosen, video pembelajaran yang didapat dari youtube, atau menonton film harus kita selesaikan dengan menggunakan aplikasi pemutar video.

VLC dan Media Player Classic adalah program pemutar video teratas untuk Windows 10 sejauh ini, meskipun ada banyak lagi. Hampir setiap format video didukung oleh kedua aplikasi tersebut.

Bagi kamu yang senang menonton film berbahasa asing, aplikasi pemutar video ini juga menyertakan beberapa kemampuan yang sangat bermanfaat, seperti kemampuan modifikasi dan sinkronisasi subtitle yang jelas tidak dapat diakses di media player bawaan Windows.

Download Disini

3. Music Player: AIMP

Memutar musik di latar belakang saat kamu bekerja dapat meningkatkan suasana hati kamu. Semangat kerja dan produktivitas dapat ditingkatkan dengan mendengarkan musik.

Jika kamu suka mendengarkan musik, kamu memerlukan aplikasi yang dapat memutar file MP3. Untuk Windows 10, aplikasi MP3 Player terbaik adalah AIMP.

AIMP adalah pemutar musik yang ringan dan andal yang memungkinkan kamu memutar musik di komputer untuk waktu yang lama. Aplikasi ini masih memiliki tampilan dan nuansa vintage yang sangat dikenal oleh penggunanya.

Hampir semua fungsi yang diperlukan untuk memutar musik secara offline hadir di AIMP. kamu dapat dengan cepat membuat beberapa daftar putar dengan musik favorit yang dipilih. Format file yang didukung juga cukup luas mulai dari Mp3, M4a, AAC, AC3, APE, dan masih banyak lagi.

Download Disini

4. Editor Foto: PhotoScape X

Aplikasi yang wajib dimiliki pengguna Windows 10 selanjutnya adalah PhotoScape X untuk mengubah gambar dan gambar. Bagi kamu yang tidak mahir dalam Photoshop atau editor kompleks lainnya, aplikasi ini adalah solusi yang tepat.

PhotoScape X berisi semua kemampuan pengeditan gambar dasar yang kamu perlukan, mulai dari memotong, mengubah ukuran, mengubah warna dan kecerahan, menambahkan tanda air dan teks, dan masih banyak lagi. Fungsionalitas multi-layer dalam aplikasi ini juga secara substansial meningkatkan proses pengeditan.

Manfaat PhotoScape X terletak pada UI dasarnya dan sangat mudah dipelajari bahkan untuk pemula. PhotoScape X dan editor gambar multilayer lainnya jauh lebih ringan daripada PhotoScape X.

Khusus untuk Windows 10, aplikasi ini dapat diakses secara resmi di Microsoft Store dan kamu dapat mengunduhnya secara gratis.

Download Disini

5. File Archiver: 7zip

Aplikasi yang harus ada di laptop selanjutnya adalah aplikasi pengarsipan. Diperlukan aplikasi manajemen arsip untuk mengompresi dan mengekstrak file dalam format arsip termasuk rar, zip, 7z, tar, dan gz. Alat pengarsipan file pilihan kami untuk Windows 10 adalah 7zip.

7-Zip adalah aplikasi pengarsipan sumber terbuka dan gratis. Menu aplikasi yang muncul saat kamu mengklik kanan file di Windows 10 memudahkan pengarsipan dan pembatalan pengarsipan file.

Ini juga memungkinkan untuk mengarsipkan sejumlah besar file menggunakan tingkat kompresi tinggi 7zip dan menurunkan kapasitas dalam aplikasi untuk menghemat ruang penyimpanan. Untuk lebih melindungi arsip kamu, kamu dapat menyertakan kata sandi di header file.

Download Disini

6. Cloud Storage: OneDrive

Ingin menyimpan file kerja sehingga kamu dapat mengaksesnya dari mana saja? kamu dapat mencapai ini menggunakan Cloud Storage. Aplikasi ini harus ada di laptop Windows 10 karena akan sangat bermanfaat.

Di dunia digital saat ini, bekerja pada ponsel adalah kejadian biasa. Dimungkinkan untuk melakukan bisnis kamu sambil bersantai di rumah, di kedai kopi, atau bahkan berlibur. kamu tidak perlu khawatir kehilangan file kerja karena kamu dapat menyimpannya di penyimpanan online bernama Cloud Storage.

Khusus untuk Windows 10 layanan Cloud Storage terbaik adalah One Drive karena dirancang oleh Microsoft sendiri sehingga dapat diintegrasikan sepenuhnya ke dalam sistem operasi Windows.

File pekerjaan kamu dapat disimpan dengan aman di One Drive dan diakses dari komputer mana pun dengan koneksi internet berkat penyimpanan gratis 5 GB yang ditawarkannya.

Dengan memanfaatkan One Drive kita juga tidak perlu khawatir data akan hilang karena laptop rusak atau virus karena penyimpanan Cloud Storage terlindungi dari hal tersebut.

Download Disini

7. Office: LibreOffice

Aplikasi Office menjadi kebutuhan selanjutnya bagi pengguna Windows 10. kamu mungkin selalu menggunakan Microsoft Office, yang merupakan aplikasi Office Suite dan membutuhkan biaya. Ya, lisensi diperlukan dalam aplikasi untuk menggunakan aplikasi ini.

Menggunakan aplikasi Office Suite, yang tersedia untuk semua orang secara gratis, dapat membantu kamu menghindari penyalinan dan berbagi perangkat lunak yang diperoleh secara ilegal. LibreOffice adalah suite kantor gratis yang luar biasa.

Seharusnya tidak ada kurva belajar bagi siapa saja yang telah menggunakan Microsoft Office. LibreOffice memiliki hampir semua fungsi yang sama dengan Microsoft Office. Kamu dapat membuat dokumen, menangani data, dan membuat presentasi menggunakan aplikasi ini.

LibreOffice terdiri dari banyak aplikasi, Writer adalah aplikasi pengolah dokumen yang setara dengan Microsoft Word, Calc setara dengan Microsoft Excel, Impress setara dengan Microsoft Power Point, dan Base setara dengan Microsoft Access.

Apa manfaat menggunakan LibreOffice?

Karena ini adalah aplikasi Open Source, siapa pun dapat menggunakan LibreOffice. Kamu dapat menginstalnya di laptop dan PC kamu tanpa kendala. Tidak seperti aplikasi premium yang umumnya hanya terbatas pada beberapa perangkat tergantung pada lisensi yang kamu peroleh.

Bahkan saat ini, banyak perusahaan telah menggunakan LibreOffice untuk mengurangi anggaran, lagipula, aplikasi ini juga cukup kuat untuk melakukan semua pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh Microsoft Office.

Kedua, kamu akan terhindar dari pembajakan. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, aplikasi Microsoft Office bukanlah aplikasi gratis.

Karenanya selama ini mungkin masih banyak yang percaya aplikasi ini gratis, sehingga tidak menyadari bahwa yang terpasang di komputer mereka adalah versi bajakan. Untuk mencegahnya maka memanfaatkan LibreOffice adalah jawaban yang tepat.

Download Disini

8. Antivirus: Windows Security

Untuk melindungi komputer dari serangan virus dan malware kita membutuhkan aplikasi antivirus. Ada banyak sekali aplikasi antivirus pihak ketiga yang tersedia, tetapi kamu tidak perlu terburu-buru menginstalnya karena Windows 10 hadir dengan program antivirus bawaan yang sangat mumpuni yang disebut Windows Security.

Windows Security mungkin adalah antivirus terbaik untuk Windows 10 yang dapat melindungi komputer kamu dari virus, malware, dan aplikasi berbahaya lainnya.

Untuk menjaga Keamanan Windows berjalan pada kinerja puncaknya, kamu harus sering menjalankan pembaruan. Keamanan Windows sudah diinstal sebelumnya dan siap digunakan.

Saat kamu mengunduh file dari internet atau menyalinnya dari media penyimpanan lain, fungsi perlindungan waktu nyata aplikasi ini akan menjaga keamanan komputer kamu.

Virus dan malware tidak lagi menjadi masalah karena kamu telah memastikan bahwa semua elemen keamanan telah diperbarui dan berfungsi.

Windows Security bisa diakses melalui menu Settings > Update & Security > Windows Security.

9. Screenshot: LightShot

Software yang wajib dimiliki pengguna Windows 10 selanjutnya adalah LightShot. Jika kamu secara rutin mengambil tangkapan layar untuk pekerjaan, produksi konten, atau alasan lain, LightShot adalah solusi sempurna.

LightShot adalah aplikasi tangkapan layar gratis yang dapat digunakan di sistem operasi Windows dan Mac. Tangkapan layar layar penuh, tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif, dan tangkapan layar dari lokasi tertentu semuanya dapat ditangkap menggunakan aplikasi ini.

Salah satu aspek yang benar-benar hebat dari aplikasi ini adalah opsi penyimpanan online yang memungkinkan kami mengirimkan tangkapan layar yang baru saja kami ambil dan kemudian membagikan tautannya dengan orang lain.

Tidak perlu menyimpan lalu mengirim gambar melalui email; sebagai gantinya, kami dapat menyediakan URL yang diunggah langsung dari aplikasi ini. Nanti siapa pun yang memiliki URL dapat melihat tangkapan layar kami melalui browser.

Fungsi tombol pintas LightShot, yang dapat kami sesuaikan, dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat. kamu dapat mengatur tombol keyboard apa saja untuk memulai tangkapan layar secara instan.

Fitur yang membuat aplikasi ini hebat adalah tersedianya editor dasar yang dapat digunakan untuk menambahkan teks, panah, lingkaran, dan coretan langsung di layar saat kita mengambil screenshot. Aplikasi ini wajib dimiliki.

Download Disini

10. System Cleaner: CCleaner

Untuk mempercepat Windows 10 agar performanya tetap handal dan ringan, kita perlu menjaga komputer agar bebas dari file sampah. Kita dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk membuat proses pembersihan ini sedikit lebih sederhana.

Pada artikel sebelumnya, kami telah menyebutkan banyak aplikasi pembersih untuk Windows 10 yang dapat kamu gunakan untuk menghapus file-file sementara, cache, sisa dan beberapa jenis file sampah lainnya. Salah satu yang menonjol di antara aplikasi ini adalah CCleaner.

kamu dapat menggunakan CCleaner untuk menghapus berbagai jenis data seperti cache sistem, cache thumbnail, file sampah dari browser, untuk menghilangkan pelacak cache yang ditempatkan pada sistem kami.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan fungsi pembersih sekali klik untuk menyelesaikan semua pekerjaan pembersihan dan membiarkan program ini beroperasi secara otomatis.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, versi gratis dan versi pro. Versi gratisnya cukup untuk digunakan di laptop rumahan. Tetapi jika kamu ingin menikmati semua fiturnya, kamu bisa mendapatkan versi pro.

Download Disini

11. Audio Editor: Audacity

Dalam hal aplikasi pengeditan audio untuk Windows 10, Audacity menempati posisi kedua. Jika kamu adalah seorang content producer tentunya kamu cukup familiar dengan proses editing file audio, saat ini Audacity merupakan aplikasi terhebat yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Perangkat input seperti mikrofon, headset, atau mikrofon internal laptop semuanya dapat direkam menggunakan Audacity. kamu dapat memproses suara yang diambil ke dalam beberapa format file sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memotong dan menggabungkan banyak file audio, melakukan pitching dan pengurangan kebisingan sehingga hasilnya lebih baik. Jika kamu seorang produser konten, maka Audacity masuk dalam daftar aplikasi yang harus dimiliki.

Download Disini

12. Video Editor: Shotcut

Apakah kamu aktif di media sosial seperti Instagram atau YouTube? kamu mungkin pernah menggunakan editor video sebelumnya untuk membuat video kamu sendiri. Shotcut, editor video open source gratis untuk Windows 10, tersedia untuk aplikasi.

Aplikasi ini tidak memiliki fungsionalitas yang lengkap seperti Adobe Premiere atau Sony Vegas, tetapi dengan kecerdikan hasil yang dicapai tidak kalah menakjubkan.

Seperti yang kamu ketahui, aplikasi edit video seperti Premiere dan Sony Vegas cukup mahal, jika kamu masih tidak memiliki anggaran maka tidak ada salahnya menggunakan Shotcut.

Hampir semua format video yang tersedia saat ini dapat diedit dengan Shotcut berkat kompatibilitas format file yang luas. UI yang sederhana dan bersih membuat proses pengeditan jauh lebih sederhana, bahkan pemula di bidang pengeditan tidak akan memiliki masalah menggunakan aplikasi ini.

Shotcuts dapat digunakan untuk mengedit video perjalanan, video kuliner hingga sinematik. Dalam hal fungsionalitas, ini adalah aplikasi gratis yang besar dengan banyak hal yang ditawarkan. Kamu juga dapat bekerja dengan multilayer seperti aplikasi pengeditan video profesional lainnya.

Download Disini

13. Notes: Notepad++

Aplikasi yang wajib dimiliki pengguna Windows 10 selanjutnya adalah Notepad++. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah teks dan kode yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows.

Ada lebih banyak kemampuan di Notepad ++ daripada di Notepad bawaan Windows, termasuk dukungan untuk banyak tab dan baris, penyandian teks, dan pengeditan kode dalam sejumlah bahasa lain.

Jika kamu banyak bekerja dengan kode atau kamu seorang programmer pemula, maka aplikasi ini harus dimiliki. Notepad++ adalah aplikasi open source sehingga dapat digunakan secara gratis.

Download Disini

14. Screen Recorder: Streamlabs

Untuk menghasilkan film dari rekaman layar, kamu memerlukan aplikasi perekam layar. Ada ribuan aplikasi yang bisa dimanfaatkan, jika ingin mendapatkan fungsionalitas yang lengkap maka bisa menggunakan aplikasi premium seperti Camtasia.

Bagaimana dengan perekam layar dengan semua lonceng dan peluit, tetapi tanpa aplikasi? Asumsikan kamu belum mengetahui hal ini.

Aplikasi yang sangat kami sarankan adalah Streamlabs. Salah satu aplikasi perekam layar gratis terbaik yang tersedia, aplikasi ini menangkap apa pun yang kamu lihat di layar kamu.

Streamlabs benar-benar terutama berfokus pada streaming internet, tetapi kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat konten video dari rekaman layar di layar kamu. Kustomisasi dan fleksibilitas konfigurasi adalah fitur utama Streamlab.

Kamu dapat merekam layar dan membuatnya menjadi film, menambahkan lapisan dari kamera, menambahkan bingkai, latar belakang, dan banyak kemampuan lain yang dapat kamu manfaatkan.

Download Disini

15. Password Manager: LastPass

Aplikasi yang wajib dimiliki pengguna Windows 10 selanjutnya adalah LastPass. Waktunya telah tiba bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan perangkat lunak ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukannya dan betapa berharganya itu.

LastPass adalah pengelola kata sandi yang membantu kamu melacak semua kata sandi kamu, termasuk untuk akun media sosial, rekening bank, keanggotaan aplikasi, dan banyak lagi.

LastPass tersedia sebagai ekstensi Chrome untuk pengguna Windows 10. Pertama kali kamu menggunakannya kamu harus mendaftarkan akun LastPass menggunakan email dan mengatur kata sandi utama, kata sandi ini selanjutnya akan digunakan untuk masuk ke LastPass.

Setelah LastPass terinstal, maka kamu tidak perlu lagi khawatir mengingat kata sandi setiap kali kamu masuk ke situs mana pun karena LastPass akan mengisinya secara otomatis. Dengan menggunakan pembuat kata sandi aplikasi ini, kamu dapat dengan cepat dan mudah membuat kata sandi yang kuat untuk semua akun online kamu.

Penggunaan kembali kata sandi bukan lagi praktik yang aman, karena hal itu membahayakan akun online kamu jika informasi pribadi kamu, termasuk nama pengguna dan kata sandi kamu, disusupi. Saat kamu menggunakan LastPass, kamu tidak perlu khawatir lupa kata sandi kamu.

Download Disini

16. Kamus 2.04 (Indonesia-Inggris)

Setiap hari kita pasti akan disuguhkan dengan bahasa Inggris, terutama saat mengakses bahan bacaan asing. Suka atau tidak suka, kita harus mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Sulit untuk mengalahkan Dictionary 2.04 dalam hal kamus PC. Aplikasi ini akan memudahkan kamu menerjemahkan kata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan cepat dan sederhana.

kamu dapat menggunakannya secara gratis karena aplikasi ini dibuat sebagai freeware yang bebas digunakan oleh siapa saja untuk alasan non-komersial. Karena Dictionary 2.04 sangat kecil, mungkin digunakan di latar belakang tanpa memperlambat aplikasi lain.

Ini memiliki lebih dari 41.000 kata terjemahan bahasa Inggris-Indonesia, 35.000 kata terjemahan bahasa Inggris Indonesia, dan lebih dari 64.000 frasa. Aplikasi ini harus dimiliki oleh siapa saja yang memiliki minat yang lewat dalam bahasa Inggris.

Download Disini

Kesimpulan

Demikian itulah artikel mengenai daftar download aplikasi untuk Windows 10 yang wajib di miliki oleh setiap pengguna Windows 10.  Dari 16 Aplikasi di atas, aplikasi apa yang sudah kamu miliki?

Semoga artikel download aplikasi untuk Windows 10 dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button