Advertisement

Aplikasi Pengembali Data yang Terformat dengan Mudah

Rancakmedia.com – Bagaimana rasa jika data yang tersimpan tidak sengaja terformat? pada artikel kali ini kami akan memberitahu aplikasi pengembali data yang terformat baik di Flashdisk, Android, SD Card, Hardisk dan lain sebagainya dengan mudah.

Tentu saja, saya hancur dan berusaha keras untuk membuat rencana untuk mengembalikannya. Namun, masalah sebenarnya adalah: bagaimana saya bisa mendapatkan kembali data saya yang diformat?

Bernapaslah! Kali ini saya akan mengajarkan secara detail cara memulihkan data yang terformat di flashdisk, di android, di sd card, hardisk dan lain-lain.

Berikut berbagai pendekatan yang bisa kamu coba, simak saja tahapannya dengan cermat dan tepat.

Aplikasi Pengembali Data yang Terformat

DIbawah ini terdapat beberapa aplikasi yang perlu kamu lakukan untuk mengembalikan data yang terfotmat, antara lain sebagai berikut:

1. Aplikasi Recuva

Yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi Recuva. Memulihkan data dari flash drive atau kartu SD dimungkinkan dengan teknik ini.

Jika kamu menggunakan Android, akan sangat baik untuk menggunakan cara memulihkan file yang dihapus di Android.

Langsung saja berikut ini cara memulihkan data terformat dengan Recuva:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Recuva.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Recuva dan tekan menu Next.
  3. Akan muncul menu baru dan pilihlah jenis data yang ingin di recovery. Sedangkan untuk mengembalikan seluruh file pilih menu All Files.
  4. Langkah berikutnya pilih lokasi pada data yang hilang. Untuk mengembalikan file hilang pada flashdisk atau SD Card pilih menu In a Spesific Lacation.
  5. Kemudian pilih Browse dan carilah lokasi data yang hilang.
  6. Jika sudah pilih menu Next dan tunggulah proses selesai.
  7. Maka selanjutnya akan masuk pada menu baru yang menyakan file mana yang akan di recovery, dan lanjut pilih tempat untuk mengembalikan filenya.
  8. Selesai.

Bagi yang menggunakan SD card, tidak perlu menghubungkan smartphone ke komputer, cukup menggunakan Card Reader. Sehingga dapat memproses data lebih cepat.

2. Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Opsi kedua untuk memulihkan data yang diformat adalah menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard.

Dengan program ini kamu dapat dengan mudah mengembalikan data yang hilang di PC atau laptop. Perangkat eksternal, seperti flash drive, juga dapat digunakan dengannya.

Selain memiliki 2 mode pemindaian yang dapat dikonfigurasi, aplikasi ini memiliki manfaat bahwa kamu dapat memilih file mana yang perlu dipulihkan, untuk mencegah pemulihan file yang tidak diinginkan.

Selain file musik, video, dan gambar, aplikasi ini juga dapat memulihkan informasi dari berbagai jenis file lain seperti data, dokumen, dan lainnya.

3. Aplikasi CardRecovery

CardRecovery adalah program pemulihan data yang kompatibel dengan Windows 98 dan versi sistem operasi yang lebih baru. Data dalam format gambar JPG dan RAW, serta file video dan audio, dapat dipulihkan dengan aplikasi ini.

Namun, aplikasi ini tidak dapat memulihkan dokumen, arsip RAR, atau item lain yang umum digunakan. File seperti Photoshop dan PNG juga tidak didukung oleh program ini.

Jadi gunakan aplikasi ini untuk memulihkan file media saja, terutama pada memori kamera digital yang diformat.

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup berikan lokasi file yang terhapus dan juga kemana file tersebut akan dipindahkan atau dikembalikan.

Setelah itu, aplikasi akan keluar dan mencari kamu sendiri. Durasi prosedur pencarian tergantung pada kapasitas memori kamu. Gambar dalam format JPG juga dapat dilihat di jendela pratinjau.

4. Disk Drill

Pemulihan data menjadi lebih mudah dengan bantuan Disk Drill, aplikasi kaya fitur. Program ini dikatakan dapat memulihkan data yang hilang atau rusak pada flash drive, hard disk, iPod, dan perangkat penyimpanan lainnya.

kamu dapat menghentikan dan memulai kembali prosedur pemulihan data, yang merupakan salah satu fitur unik aplikasi.

Selain itu, Disk Drill juga akan mengurutkan data yang akan dikembalikan berdasarkan ukuran dan tanggal.

Jika kalian tertarik dengan aplikasi ini maka bisa digunakan pada Sistem Operasi Windows 10, 8, 7, XP dan juga Vista. Bahkan bisa juga digunakan pada Mac OS X.

Kesimpulan

Demikian itulah beberapa aplikasi pengembali data yang terformat dengan mudah,  kamu dapat melakukan cara di atas jika data yang terformat dari Flashdisk, Android, SD Card, Hardisk dan lain sebagainya, lakukan semua cara di atas jika memang diperlukan.

Semoga artikel aplikasi pengembali data yang terformat dengan mudah dapat membantu kamu dalam mengembalikan data yang terformat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related Articles

Back to top button