Advertisement

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Android

Rancakmedia.com – Terkadang aplikasi mengalami penutupan secara paksa, bagaimana cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android? Penutupan paksa aplikasi yang tiba-tiba mungkin pernah kamu alami di masa lalu.

Maka wajar jika kamu merasa kesal, terutama jika itu terjadi saat kamu berada di tengah sesi permainan yang mengasyikkan. Entah kenapa hal itu bisa terjadi, tapi itu menjadi tanda tanya bagi para pengguna Android di Indonesia.

Pesan kesalahan yang muncul di perangkat Android mungkin berbeda, tetapi semuanya memiliki beberapa kesamaan, seperti “Sayangnya, aplikasi terus berhenti”, “Aplikasi Telah Berhenti” dan seterusnya. Lihat ulasan berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah aplikasi yang tidak dapat dibuka.

Penyebab Aplikasi Telah Berhenti

Sebelum membahas cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android, kamu harus mengetahui terlebih dahulu masalah kenapa aplikasi telah berhenti, sebagai berikut:

Bugs pada sistem dan aplikasi

Bug pada sistem dan aplikasi adalah salah satu masalah paling umum yang dialami oleh pengguna Android.

Masalah aplikasi error bukan semata-mata karena kesalahan pengguna, bisa dibilang aplikasi tersebut memang benar-benar merepotkan.

Pengembang telah gagal mengatasi sejumlah masalah. Jika perbaikan tersedia melalui pembaruan sistem atau aplikasi, kami sangat menyarankan untuk menginstalnya.

RAM Android Penuh

Smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu besar, hanya 2GB saja ini dapat menyebabkan aplikasi terkadang mengalami “force close” secara tidak terduga.

RAM yang besar mungkin juga mengalami masalah yang sama, hal ini mungkin karena beberapa aplikasi berjalan di background atau masalah di aplikasi.

File Cache yang Menumpuk

File cache dan file sementara yang tidak pernah dihapus dapat menyebabkan aplikasi berjalan lambat dan lamban.

Karena penundaan menyebabkan aplikasi menutup paksa atau mengakhiri sendiri secara tidak terduga. Selain itu, pembuatan file cache yang berlebihan juga menyebabkan RAM internal menjadi penuh.

Jika dibiarkan terus menerus, kinerja ponsel dapat menurun dan aplikasi yang diinstal akan sering mengalami masalah. Untuk memastikan ponsel cerdas kamu stabil dan berkinerja terbaik, kamu harus mengosongkan cache setidaknya sekali seminggu atau sebulan sekali.

Koneksi Internet Lemot

Game online atau streaming video menuntut koneksi internet yang cepat. Ada kemungkinan aplikasi akan macet jika koneksi internet kamu sangat lambat. Oleh karena itu, pastikan koneksi internal kamu sangat cepat dan kuat.

Aplikasi Tidak Kompatibel

Aplikasi yang tidak kompatibel dalam hal sistem dan perangkat keras Android dapat menyebabkan masalah aplikasi.

Misalnya aplikasi yang cocok di Android Lollipop (5.0), kamu menginstalnya secara paksa di Android kitkat (4.4), kemudian ada penolakan dari sistem Android yang menyebabkan aplikasi sering crash, berhenti tiba-tiba, tidak dapat diakses, dan sebagainya di.

Aplikasi Masih dalam Versi Beta

Bisa dibayangkan bahwa aplikasi yang kamu instal masih dalam versi beta sehingga masih banyak kekurangan di dalamnya. kamu hanya bisa menunggu sampai pengembang menghasilkan versi yang lebih stabil.

Daftar Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti

Untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, ada banyak saran yang bisa kamu lakukan. Saran paling sederhana dimulai dengan membersihkan file sampah, menghapus data aplikasi, meningkatkan aplikasi, dan menginstal ulang aplikasi. Langsung saja simak beberapa rekomendasinya berikut ini, yaitu:

1. Restart Smartphone

Hal mudah pertama yang mungkin kamu lakukan adalah mereset/me-reboot smartphone Android kamu.

Reboot telah ditemukan menjadi masalah yang efektif oleh beberapa pengguna ketika mengalami kelesuan atau masalah dengan aplikasi.

Meski ada risikonya, tidak ada salahnya mencobanya. Cara selanjutnya dicoba jika tidak berhasil.

2. Bersihkan Cache Sistem dan Aplikasi

Selanjutnya yakni dengan menghapus cache semua aplikasi Android. Gunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan Apabila file cache Android telah kamu bersihkan. Cobalah untuk restart dan buka aplikasi yang error tersebut, semoga nantinya tidak terjadi masalah lagi.

Hapus Cache secara Manual

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
    Selesai.

Hapus Cache dengan Aplikasi yang Lebih Bersih

  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android kamu.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

3. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya adalah mengakhiri dan menghapus data aplikasi. Kesalahan aplikasi, seperti yang dijelaskan di atas, mungkin sering diperbaiki dengan menggunakan teknik ini, yang bekerja dengan baik dalam banyak kasus.

Menghapus data aplikasi akan menghapus data sementara pada aplikasi seperti database, file sampah atau cache, history, bookmark, data login, dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa prosedur ini hanya menghapus data aplikasi dan tidak menghapus aplikasi itu sendiri.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

4. Update Aplikasi

Selanjutnya, lihat apakah pembaruan tersedia untuk aplikasi. Prosedur ini akan menghapus bug atau kerusakan yang muncul pada aplikasi.

Periksa koneksi internet kamu sebelum memperbarui aplikasi. kamu dapat memperbarui aplikasi langsung dari Google Play Store.

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi WhatsApp, misalnya, kamu dapat membuka Google Play Store dan mengunduh aplikasi terbaru. Itu sama untuk aplikasi lain seperti Facebook dan Instagram serta Telegram dan yang serupa lainnya.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android kamu.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Lalu pilih aplikasi yang terjadi masalah atau error tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, kamu bisa ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

5. Install Ulang Aplikasi

Hapus aplikasi saat ini dan instal yang baru jika masalah yang kamu alami parah. Kesalahan dan aplikasi yang bermasalah sekarang dapat diperbaiki dengan paling efisien menggunakan pendekatan ini.

Karena yang baru telah dipasang, sebagian besar dari mereka akan beroperasi. Tetapi ketika kamu menghapus aplikasi, pastikan untuk menghapus file sampah dan memulai ulang ponsel cerdas. Untuk menghapus aplikasi, kamu dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android kamu.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

6. Reset HP Android

Pilihan terakhir adalah Factory Reset jika tidak ada pendekatan lain yang memberikan hasil. Karena semua data kamu akan dihapus dan lokasi ponsel akan diatur ulang, ini bukan pilihan yang ideal.

Tetapi jika harus, kamu dapat menjadikan opsi reset sebagai opsi. Sebelum kamu melakukan Factory Reset, pastikan untuk membuat cadangan semua data yang kamu miliki, seperti gambar, film, aplikasi, dokumen, dan lainnya.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android kamu.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Kesimpulan

Dengan penjelasan dan saran di atas, semoga aplikasi di smartphone dan tablet Android kamu dapat kembali normal dan dapat digunakan untuk beraktivitas seperti biasa.

Sekalipun tidak menyelesaikan semua masalah kamu, setidaknya kamu mencobanya dan melihat efek dari upaya kamu.

Semoga artikel tentang cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android dapat bermanfaat, selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button