Advertisement

Aplikasi Pedulilindungi Hilang di App Store

Rancakmedia.com – Aplikasi PeduliLindungi tiba-tiba menghilang dari App Store Apple, Senin (21/2/2022). Akibatnya, pengguna iPhone tidak dapat download aplikasi dari App Store.

Suara.com punya ceritanya. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, menawarkan URL alternatif untuk mendapatkan aplikasi PeduliLindung yang hilang dari App Store.

Menurut Dedy, saat dihubungi pada Senin (21/2/2022), “Pengguna iOS dapat menggunakan URL alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung ke aplikasi CaresLindung di Toko aplikasi.”

Aplikasi Pedulilindungi App Store

Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan Aplikasi Cares for Protect tanpa harus ke App Store. Pendekatan lain adalah sebagai berikut:

  1. Luncurkan browser Safari dan buka https://www.pedulilindungi.id/
  2. Klik menu tiga garis di kanan atas aplikasi
  3. Pilih opsi Unduh
  4. Kemudian, klik ikon App Store, dan pilih “Unduh.”
  5. Situs web akan ditransfer dari situs Cares for Protect ke App Store
  6. Untuk mengunduh aplikasi, klik panah bawah pada simbol awan.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program lain untuk memindai Kode QR untuk mengunjungi daerah tertentu, seperti PeduliLindungi. Secara keseluruhan, ada lebih dari 50 aplikasi yang terhubung dengan aplikasi PeduliLindung.

Mengutip laman setkab.go.id, aplikasi yang terintegrasi di PeduliLindung antara lain Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Living Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, Goers, Jaki, Shopee, BNI Mobile, Loket.com, Mcash, dan 35 aplikasi mitra lainnya yang saat ini sedang diujicobakan menggunakan PeduliLindung.

Namun, harap perhatikan bahwa aplikasi hanya menawarkan kemampuan pemindaian Kode QR. Aplikasi CaresProtect tidak memiliki elemen penting seperti sertifikat imunisasi dan hasil tes swab terbaru.

Perubahan status App Store membuat aplikasi PeduliLindung tidak dapat ditemukan. Akibatnya, aplikasi tidak muncul di halaman hasil pencarian.

Perubahan kebijakan App Store membuat PeduliLindung tidak lagi muncul di hasil pencarian, demikian diungkapkan Dedy.

Menurut Kemenkes, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Apple di Amerika Serikat mengunggah ulang aplikasi PeduliLindungi agar dapat digunakan kembali oleh masyarakat luas.

Kesimpulan

Aplikasi PeduliLindung tiba-tiba menghilang dari App Store Apple, Senin (21/2/2022). Akibatnya, pengguna iPhone tidak dapat mengunduh aplikasi dari App Store.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, menawarkan URL alternatif untuk mendapatkan aplikasi yang hilang. Pendekatan lain adalah sebagai berikut:. Luncurkan browser Safari dan buka https://www.pedulilindungi.id/Klik menu tiga garis di kanan atas aplikasi dan pilih “Unduh”.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas