Advertisement

Aplikasi Monitoring Jaringan Internet Terbaik

Rancakmedia.com – Tahukah kamu aplikasi Monitoring jaringan? Monitoring jaringan adalah kegiatan untuk memantau dan mengevaluasi aliran data jaringan yang diberikan dengan tujuan untuk mengoptimalkan sumber daya pada jaringan.

Untuk melakukan monitoring jaringan tentunya dibutuhkan aplikasi tertentu. Demi kenyamanan kamu, kami telah melakukan pekerjaan rumah kami dan menemukan program dan perangkat lunak monitoring berbasis web teratas. Jadi, inilah ikhtisarnya:

Monitoring jaringan pada komputer dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi monitoring jaringan, yang berguna untuk mengumpulkan data analisis jaringan. Tujuan utamanya adalah untuk memanfaatkan semua sumber daya jaringan komputer secara optimal.

Ini juga sangat membantu dalam mendesain ulang jaringan yang berbeda saat ini karena monitor jaringan bertindak sebagai asisten administrasi.

Misalnya, memuat lalu lintas jaringan ke antarmuka atau router di komputer kamu, atau status naik turun alat jaringan menggunakan perangkat lunak ping di komputer kamu.

10 Daftar Aplikasi Monitoring Jaringan Gratis

Di bawah ini kamu akan menemukan sejumlah opsi untuk perangkat lunak monitoring jaringan yang dapat kamu gunakan setelah mengunduhnya terlebih dahulu.

Menurut penilaian berikut, program bersama ini dapat mengoptimalkan banyak jenis monitor, termasuk layanan, port, lalu lintas, dan sebagainya:

1. Nagios

Adalah aplikasi monitoring jaringan yang dirancang untuk memudahkan administrator sistem mengawasi sistem utama. Pengawasan terhadap service dan host host yang berubah status dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi nagios ini.

Selain itu, aplikasi ini juga berisi banyak fitur dengan kualitas yang kuat yang sangat sesuai untuk layanan monitoring. Monitoring pada POP3, SMTP, PING, dan NNTP hanyalah beberapa opsi yang tersedia.

2. MS Network Monitor

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk monitoring jaringan, Microsoft Network Monitor adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data, lalu lintas, dan analisis tampilan jaringan. Lebih dari 300 protokol publik dari Microsoft juga didukung oleh aplikasi ini.

Baca Juga:  Download Aplikasi untuk Windows 10 Wajib di Miliki

MS Network Monitor dapat digunakan untuk memantau data yang diterima atau dikirimkan pada jaringan komputer yang diambil untuk analisis.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan opsi filter analisis lanjutan melalui data jaringan dan juga dapat memantau proses pengiriman dan penerimaan data SSID.

3. Zenoss Core

Memiliki sifat kuat dari aplikasi Zenoss Core menjadi satu aplikasi untuk monitoring jaringan seperti server, virtualisasi, aplikasi, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakannya di mana saja dengan perangkat mirip Linux.

Selain itu, aktivasi perangkat secara keseluruhan dapat ditampilkan dalam bentuk teks, pesan, dan gambar. Semua item ini dapat dikirimkan melalui pesan teks atau email tanpa kesulitan apapun.

4. Pandora FMS

Aplikasi ini mampu mengelola operasi server, komunikasi, dan aplikasi secara fleksibel. Selain itu, infrastruktur jaringan dapat dikontrol dan dikelola oleh fungsi aplikasi ini.

Pandora FMS juga mampu mengambil data dan mengeluarkan perintah hingga 100% dari CPU. Selain itu, alat ini dapat menawarkan informasi sistem terperinci dan bahkan menghapus file atau aktivitas eksekusi berbasis web.

5. Cacti

Untuk membuat grafik atau database MySQL, Cacti juga berfungsi sebagai aplikasi monitoring jaringan. Aplikasi ini berfungsi dengan bantuan software seperti PHP, PRDTool, MySQL, dan lain-lain.

6. Collectd

Aplikasi monitoring server sumber terbuka untuk jaringan yang menggunakan kumpulan grafis dari teknologi presentasi data. C++ adalah bahasa pemrograman pilihan untuk aplikasi ini, yang berjalan pada berbagai sistem komputer.

Baca Juga:  Aplikasi untuk Nonton Drakor Sub Indo Gratis

7. Zabbix

Salah satu aplikasi pemantau jaringan yang juga bersifat open source yang dapat diunduh secara gratis. Kemampuan aplikasi ini adalah untuk memonitor jaringan yang tersebar, termasuk jaringan skala perusahaan dan skala kecil.

8. NetXMS

NetXMS adalah aplikasi untuk monitoring jaringan yang dapat digunakan menggunakan platform yang mendukung monitoring, peristiwa, peringatan, grafik, dan pelaporan. Penemuan dan analisis jaringan dapat dibantu oleh database yang dikelola jaringan ini.

9. The Dude

The Dude adalah aplikasi yang dapat memberikan peringatan jika terjadi masalah jaringan. Aplikasi ini dapat secara otomatis memantau dan pengaturan jaringan saat ini.

10. Munin

Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang dapat memonitor infrastruktur jaringan menggunakan atribut open source. Ketika ada masalah jaringan, aplikasi ini dapat memantau apa pun mulai dari server hingga aplikasi hingga sakelar dan lainnya.

Kesimpulan

Dari semua program monitoring jaringan yang telah kami sediakan di atas, kamu dapat memilih apa yang kamu inginkan jika ingin menggunakannya. Tentunya dengan terlebih dahulu mendownload dan menginstalnya di perangkat yang kamu gunakan.

Demikian artikel mengenai aplikasi monitoring jaringan internet terbaik, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Back to top button