Advertisement

Software yang Pertama Kali dijalankan Oleh Komputer Saat dioperasikan

Rancakmedia.com – Tahukah kamu software komputer saat dioperasikan pertama kali yaitu Operating system / Sistem Operasi. Sistem operasi (OS) adalah program yang setelah pertama kali dimuat ke komputer oleh program boot, mengawasi semua aplikasi program lain di komputer.

Antarmuka program aplikasi (API) mendefinisikan bagaimana program aplikasi berinteraksi dengan mekanisme operasi (OMs) (API).

Selain itu, pengguna dapat terhubung langsung dengan mekanisme operasi menggunakan antarmuka pengguna, seperti antarmuka baris perintah (CLI) atau UI grafis (GUI) (GUI).

Untuk Apa Software Komputer Saat dioperasikan

Mekanisme operasi utilitas yang canggih untuk perangkat lunak komputer dan pembaruan perangkat lunak. Setiap program harus berisi UI dan kode dalamnya sendiri untuk menangani semua fungsionalitas tingkat rendah komputer yang mengaktifkannya, seperti penyimpanan disk, koneksi jaringan, dan sebagainya, jika tidak ada mekanisme operasi.

Ini meningkatkan ukuran setiap program dan menyederhanakan peningkatan perangkat lunak karena banyaknya perangkat keras dasar.

Sebaliknya, banyak aktivitas tipikal, seperti mengirimkan paket jaringan atau menampilkan teks pada perangkat keluaran konvensional, seperti layar, dapat dialihdayakan ke perangkat lunak sistem, yang berfungsi sebagai perantara antara program dan perangkat keras.

Aplikasi tidak perlu tahu apa-apa tentang perangkat keras untuk menggunakan perangkat lunak sistem untuk berinteraksi dengannya secara konsisten dan berulang.

Selama setiap program terhubung ke sumber daya dan layanan yang sama secara adil, perangkat lunak mekanisme itu mekanisme operasional dapat mendukung sebagian besar program. Hasilnya, program program dan debugging menjadi lebih cepat dan lebih mudah, dan mekanisme perangkat keras lebih mudah untuk dikelola, diatur, dan dipelihara berkat antarmuka pengguna yang familiar dan dipahami dengan baik.

Setelah diinstal, mekanisme operasi bergantung pada perpustakaan driver perangkat yang luas untuk mengadaptasi layanan OS ke lingkungan perangkat keras tertentu.

Dengan cara itu, program apa pun dapat membuat permintaan luas ke perangkat penyimpanan, tetapi OS menerima panggilan dan menggunakan driver yang tepat untuk menerjemahkan panggilan ke perawatan (perintah) yang diperlukan untuk perangkat keras yang memicu komputer tertentu.

Saat ini, mekanisme operasi memberikan dasar mendalam yang mengenali, mengonfigurasi, dan mengelola berbagai perangkat keras, termasuk prosesor; memori dan alat manajemen memori chipset penyimpanan jaringan port komunikasi, seperti Video Graphics Array (VGA), High-Definition Multimedia Interface ( HDMI) ) dan Universal Serial Bus (USB); dan antarmuka subsistem, seperti Peripheral Component Interconnect Express ( PCIe ) ( PCIe )

Fungsi Sistem Operasi Software Komputer Saat dioperasikan

Tiga fungsi utama dari sistem operasi adalah untuk menawarkan antarmuka pengguna grafis (GUI) atau antarmuka baris perintah (CLI), meluncurkan dan mengawasi pelaksanaan program, dan mengidentifikasi dan mengekspos sumber daya perangkat keras sistem ke aplikasi tersebut melalui API standar.

UI. Untuk mengatur, mengkonfigurasi, dan men-debug mekanisme operasi dan perangkat keras yang memulainya, setiap mekanisme operasi harus memiliki antarmuka pengguna (UI). UI dapat diklasifikasikan sebagai CLI atau GUI tergantung pada platform yang digunakan.

CLI, atau jendela model terminal, menawarkan antarmuka berbasis teks di mana pengguna bergantung pada keyboard standar untuk memasukkan perintah, kriteria, dan parameter tertentu yang terhubung ke tugas yang diberikan.

GUI, atau desktop , menawarkan antarmuka visual berdasarkan ikon dan simbol di mana pengguna mempercayai gerakan yang dilakukan oleh perangkat antarmuka manusia, seperti touchpad, layar sentuh, dan perangkat mouse.

GUI biasanya digunakan oleh pengguna biasa atau pengguna akhir yang secara khusus tertarik untuk memodifikasi file dan program, seperti mengklik dua kali ikon file untuk membuka file dalam program standar.

Pengguna di tingkat menengah dan administrator mekanisme yang perlu menangani urutan perintah yang paling rumit dan berulang setiap hari, seperti membuat dan menjalankan skrip untuk menyiapkan komputer individu (PC) baru untuk staf, masih menggunakan CLI secara ekstensif saat ini.

Kesimpulan

Sistem operasi (OS) adalah program yang, setelah pertama kali dimuat ke komputer oleh program boot, mengawasi semua aplikasi program lain di komputer.

Setiap program harus memiliki UI dan kode dalamnya sendiri untuk menangani semua fungsionalitas tingkat rendah komputer jika tidak ada OS. Setelah diinstal, mekanisme operasi bergantung pada perpustakaan driver perangkat yang luas untuk mengadaptasi layanan OS ke lingkungan perangkat keras tertentu.

Tiga fungsi utama dari sistem operasi adalah untuk menawarkan antarmuka pengguna grafis (GUI) atau antarmuka baris perintah (CLI) dan mengawasi pelaksanaan program.

Related Articles

Back to top button