Advertisement

Cara Membuat Foto Produk Pakaian Lebih Menarik

Rancakmedia.com – Banyak yang bertanya Cara membuat foto produk pakaian menjadi lebih menarik itu seperti apa? Salah satu rahasia perusahaan pakaian online yang sukses adalah memberikan foto atau foto yang indah.

Keingintahuan pembeli akan terpicu dan mereka akan mulai memperhatikan produk yang kamu tawarkan karena hasil foto yang memukau. Mengambil foto produk pakaian yang menarik adalah keterampilan yang kamu perlukan jika kamu seorang pedagang internet.

Memotret produk berupa pakaian tidak bisa dilakukan sembarangan. Kecerobohan dalam memotret gambar dapat membuat hasil foto menjadi tidak menarik dan kurang indah. Memang, saat ini ada banyak sekali alat edit foto yang tersedia, tetapi apakah ideal jika hasil fotonya kurang memuaskan?

Bagi kamu yang baru memulai bisnis pakaian online, kamu harus tahu cara memotret produk fashion seperti pakaian agar hasilnya memesona.

Rekomendasi Cara Foto Produk Pakaian

Pada beberapa produk, menggunakan model cantik adalah suatu keharusan untuk membuat foto pakaian yang menarik secara visual.

Tetapi bagaimana jika kamu baru memulai dan tidak memiliki banyak uang untuk diinvestasikan? Jangan khawatir, meski tanpa menggunakan model, kamu tetap bisa membuat foto produk pakaian yang cantik.

Bagi kamu yang ingin foto produk pakaian tanpa menggunakan model bisa mengikuti beberapa cara membuat foto produk pakaian menjadi lebih menarik, yaitu:

1. Rapikan Pakaian Terlebih Dahulu dengan Menyetrikanya

Tampilan yang bagus adalah salah satu faktor yang menarik calon produk ke lini pakaian kamu. Pakaian yang tampak bagus bahkan dari foto bisa membuat pembeli tertarik dan melihat produk kamu.

Untuk itu, kamu harus terlebih dahulu merapikan pakaian kamu sebelum memotret. Untuk memulai, pastikan disetrika dengan kilau tinggi.

Bukankah pakaian tidak selalu bersih saat foto di set? kamu harus menggeser pakaian yang mungkin membuatnya kusut lagi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu memerlukan kapal uap untuk merapikan pakaian kamu agar selalu terlihat rapi.

Rol serat dapat digunakan untuk menghaluskan kerutan pada pakaian yang menumpuk selama sesi foto. Kerapian pakaian sangat penting agar hasil foto kamu bagus dan indah.

2. Gunakan Bantuan Manekin

Tujuan dari produk pakaian foto untuk dijual secara online adalah untuk menyajikan gambaran yang benar tentang bagaimana pakaian akan dikenakan.

Agar calon pembeli kamu tahu bagaimana pakaian itu digunakan, kamu perlu mempekerjakan seorang model. Menyewa model sangat mahal dan menuntut anggaran yang besar. Untuk menghindari ini, kamu dapat menggunakan manekin atau figur boneka.

Menggunakan manekin untuk sesi foto adalah pendekatan yang tepat. Pakaian yang kamu tawarkan akan memiliki tampilan yang lebih hidup dan menarik jika kamu menggunakan manekin.

Dibandingkan menggunakan model, manekin juga lebih efisien karena dapat digunakan kembali. Menyewa model tidak harus menghabiskan banyak uang jika kamu baru saja mendirikan toko pakaian online.

3. Ghost Manekin Bisa Menjadi Pilihan Alternatif

Foto-foto pakaian yang menggunakan manekin mungkin sudah tersebar luas dan sudah banyak yang menggunakannya.

Bagi kamu yang ingin membuat foto produk pakaian lebih tidak biasa dan menarik, kamu bisa memanfaatkan pendekatan manekin hantu.

Manekin tidak diperlukan saat menerapkan efek manekin hantu ini untuk membuat foto pakaian dan aksesori yang tampak realistis.

Cara pembuatan foto manekin hantu ini ada 2 bagian, pertama memotretnya dengan manekin lalu diedit. Editing yang harus dilakukan adalah melepas manekin dari pakaian. Untuk memodifikasi pekerjaan kamu, kamu dapat menggunakan program apa pun di komputer kamu.

4. Teknik Foto Flatlay Bisa Membuat Produk Pakaian Lebih Menarik

kamu dapat menguji foto produk pakaian tanpa model menggunakan metode foto flatlay. Metode foto ini sering digunakan untuk memotret produk seperti parfum, dan produk lainnya.

Untuk memulainya, metode ini tidak disarankan saat digunakan untuk memotret produk pakaian. Namun, seiring berjalannya waktu dan mode berubah, metode ini menjadi lebih berguna untuk menangkap produk pakaian.

Metode flatlay ini cocok untuk produk pakaian seperti celana, kaos, dan kaos kaki. Menambahkan fitur tertentu dan mengatur latar belakang foto semaksimal mungkin adalah dua elemen kunci dalam mengambil foto berkualitas tinggi.

Fokusnya harus selalu pada pakaian saat menggunakan pendekatan foto flatlay untuk fotografi produk. Aksesori dan fitur tambahan lainnya hanya menyempurnakan produk pakaian kamu.

5. Memaksimalkan Lighting Untuk Foto yang Terbaik

Untuk membuat foto produk yang indah, pencahayaan merupakan hal krusial yang harus menjadi perhatian.

Pencahayaan sangat signifikan pada hasil foto produk kamu setelahnya. Pencahayaan harus dioptimalkan untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi. Saat memotret pakaian, ada sejumlah teknik yang dapat kamu gunakan untuk mencapai eksposur terbaik:

Foto yang diambil dalam cahaya alami di dekat jendela adalah yang terbaik. Dengan menggunakan teknik ini, kamu dapat memperoleh cahaya paling terang untuk fotografi pakaian kamu, menghasilkan foto yang menakjubkan.

Jika kamu diharuskan untuk memotret gambar di malam hari, maka kamu perlu menggunakan peralatan pencahayaan tambahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto kamu, kamu harus menyiapkan studio darurat dengan pencahayaan ekstra. Untuk memaksimalkan cahaya yang tersedia, tutupi area tersebut dengan kain putih. Cahaya akan lebih merata dan bayangan akan berkurang dengan kain ini.

6. Gunakan Background Netral

Tanpa model yang layak, tidak mungkin mengambil foto pakaian yang indah tanpa juga memiliki latar belakang foto yang bagus.

Saat mengambil foto pakaian, kamu ingin memilih latar belakang yang kontras dengan produk daripada menyatu dengannya.

Warna latar belakang yang paling disukai adalah abu-abu atau putih. Pakaian kamu akan lebih menonjol di foto pakaian kamu jika diwarnai dengan warna ini, membuatnya lebih menarik bagi calon pelanggan.

Latar belakang yang digunakan juga tidak memerlukan kain linen putih, kamu bisa menggunakan kertas putih. kamu hanya perlu meletakkan produk di atas kertas dan kemudian mengambil foto.

7. Ambil Foto dari Sudut yang Tepat

Sama halnya dengan memotret makanan dan pakaian. Untuk hasil yang sangat baik, kamu harus memperhatikan sudut pengambilan foto. Hasil foto kamu akan dipengaruhi oleh aspek foto.

Merupakan tantangan nyata untuk mengarahkan foto ke arah yang benar untuk bidikan ini. kamu perlu menjalankan beberapa percobaan untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Dengan bantuan tripod atau aksesori lainnya, mendapatkan foto yang tepat menjadi jauh lebih mudah. Menggunakan tripod mencegah kamera dari gambar yang goyah serta membantu dengan sudut pandang. Hasil gambar pasti akan ditingkatkan dengan memanfaatkan alat ini.

Untuk menghasilkan foto produk yang indah, diperlukan usaha keras dalam pengambilan gambar. Untuk pemula, kamu mungkin harus belajar lebih banyak untuk membuat foto pakaian yang bagus tanpa model.

Proses belajar ini memang tidaklah mudah dan cepat. Kamu membutuhkan pengalaman yang cukup panjang dalam pengambilan gambar. Tenang saja untuk kamu yang baru memulai bisnis online pakaian dan ingin mendapatkan foto produk yang bagus bisa menggunakan jasa foto produk pakaian.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang cara membuat foto produk pakaian lebih menarik, kami harap cara di atas dapat kamu pahami dengan mudah, dan semoga setelah membaca artikel di atas dapat membantu kamu agar mendapatkan foto yang lebih menarik.

Back to top button