Advertisement

Aplikasi CCTV HP Android Paling Canggih

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahui bahwa terdapat Aplikasi CCTV HP Android? Seperti yang kita ketahui, kamera pengintai atau yang sering disebut dengan CCTV memiliki fungsi yang sangat relevan bagi pemiliknya.

Tentunya fungsi dan tujuannya agar pemiliknya merasa nyaman dan bisa langsung memantau keadaan di sekelilingnya selama ia pergi.

Seiring berkembangnya teknologi, kita tidak bisa hanya memantau kamera keamanan melalui laptop. Namun kini perangkat Android juga bisa digunakan sebagai alat monitoring, mengingat harus terhubung dengan jaringan WiFi.

Untuk ini, kamu memerlukan IP Webcam yang dapat dikelola dari berbagai platform, seperti komputer desktop atau laptop atau smartphone atau tablet Android. Tentunya hal ini membutuhkan bantuan dari sebuah software atau aplikasi sebagai alat monitoring.

Untuk tujuan ini, kami telah merekomendasikan daftar 10 aplikasi CCTV paling canggih untuk aplikasi Android. Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini.

10 Daftar Aplikasi CCTV Android

Dibawah ini terdapat berbagai aplikasi CCTV HP Android, sebagai berikut:

1. IP Webcam

IP Webcam adalah salah satu aplikasi CCTV terbesar yang menyediakan untuk menangkap semua aktivitas di sekitarnya. Aplikasi pintar yang dibangun oleh Pavel Khlebovich ini mampu menangkap gerakan individu bahkan ucapan.

Untuk memanfaatkannya, kamu membutuhkan 2 perangkat yaitu Android dan PC atau tablet. Sementara itu, kamu dapat memantaunya menggunakan berbagai cara, termasuk VLC Media Player atau browser.

Selain berfungsi sebagai alat pengawasan, ini juga mencakup berbagai kemampuan tambahan yang dapat kamu gunakan, seperti fungsi perekaman, pengenalan suara, pengaturan resolusi, dan sebagainya.

2. WiFi Baby Monitor

Melalui aplikasi WiFi Baby Monitor, kamu dapat memantau ruangan atau tempat tertentu menggunakan peralatan CCTV kamu sendiri.

Penggunaannya juga cukup mendasar, kamu hanya perlu memposisikan perangkat smartphone yang tidak digunakan ke lokasi yang ingin kamu tonton dan pantau. Untuk bisa terkoneksi, kedua perangkat harus terhubung dengan koneksi internet (WiFi) yang sama.

Dengan catatan WiFi tersebut bukanlah hasil dari hotspot ponsel android yang di gunakan sebagai monitoring, melainkan melalui jaringan WiFi di sekitarmu.

Selama pemantauan, kamu dapat memperbesar atau memperkecil, mengubah pencahayaan, untuk menangkap semua jenis tindakan yang terjadi dengan aplikasi perekam layar untuk Android.

3. WardenCam

Apakah kamu memiliki smartphone yang tersimpan rapi namun tetap berfungsi normal? Sayang sekali, kamu harus memanfaatkannya sebagai kamera keamanan di rumah kamu.

Aplikasi bernama WardenCam ini akan membantumu dalam memonitoring segala aktifitas dari kamera CCTV buatan yang telah kamu pasang.

Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah dukungan atau fungsi Night Vision. Di mana kita dapat memantau mata pada hal-hal bahkan saat gelap. Tertarik untuk mencobanya?

4. TinyCam Monitor

Aplikasi CCTV ini mampu remote control dan memiliki kualitas gambar yang lumayan. Cara kerjanya juga cukup mendasar, kamu hanya perlu menghubungkan aplikasi tinyCam Monitor ini dengan sistem kamera CCTV over IP.

Beberapa merek kamera yang support di antaranya adalah Amcrest, Foscam, D-Link, Edimax, Panasonic, Pixord, dan masih banyak lagi.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan control PTZ (Pan/Tilt /Zoom) pada perangkat kamera yang terpasang secara real-time.

5. IP Cam Viewer Basic

Bagi kamu yang memiliki kamera CCTV di rumah, kini bisa langsung memantaunya menggunakan smartphone Android. Aplikasi Robert Chou mendukung perangkat kamera yang telah mendukung jaringan protokol RTSP, ONVIF, MMSH, dan masih banyak lagi.

Tak hanya berfungsi sebagai alat monitoring, kamu pun bisa melakukan beberapa fungsi pada fitur yang tersemat pada aplikasi ini, di antaranya yakni fungsi auto-focus, recording, dan masih banyak lainnya.

6. Live Camera Viewer

Live Camera Viewer bukanlah aplikasi monitoring yang bekerja seperti aplikasi CCTV sebelumnya. Karena aplikasi canggih ini memungkinkan kamu untuk dapat memantau CCTV secara real-time dari berbagai wilayah kota di banyak negara, termasuk Indonesia.

Untuk menjelajahi lokasi yang ingin kamu lihat, kamu hanya perlu memilih negara dan memasukkan kata kunci di kota-kota tertentu.

Dengan catatan, kota yang kamu cari harus dilengkapi dengan kamera pemantau yang memungkinkan kemampuan penyiaran online ke publik.

7. DroidCam Wireless Webcam

Melalui DroidCam, kamu dapat mengubah handset android kamu menjadi CCTV dengan fitur webcam IP. Dimana nantinya kamu dapat memantau semua aktivitas yang ditangkap oleh gadget menggunakan browser.

Menariknya, aplikasi canggih yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 5 juta ini mendukung resolusi tinggi (HD), yakni hingga 720p. Dengan demikian, ketajaman gambar yang tersaji akan sangat jelas.

8. Video Surveillance Ivideon

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menyatukan semua tab yang merekam kamera keamanan kamu. Kamera keamanan perangkat android, melainkan kamera, seperti DVR dan NRVS.

Kualitas visual dan suara juga berstandar tinggi. Selain itu, beberapa produsen kamera nirkabel besar, seperti iLuv dan Oco, Philips dan Axis didukung.

9. iVMS-4500

iVNMS-4500 merupakan sebuah program canggih yang di rancang khusus untuk memantau segala aktifitas pada kamera DVR atau NVR dari jarak jauh.

Tak hanya berfungsi sebagai pemantau, ia pun di bekali dengan banyak fitur, seperti playback, recording, auto-focus, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat mengubah tingkat resolusi gambar dari 480×800 menjadi 1920×1080. Ini tentu saja dapat diubah ke koneksi yang kamu miliki. Sayangnya, aplikasi besutan HIKVISION ini hanya bisa digunakan oleh perangkat Android dengan OS 4.0 ke atas.

10. Foscam Viewer

Kemampuan dan keandalan Foscam Viewer yang luas sebagai alat pemantauan tidak dapat disangkal. Melalui aplikasi ini, kamu dapat memantau berbagai tindakan di rumah atau area tertentu sehingga anak-anak selalu aman dan waspada.

Untuk dapat menjadikannya sebagai alat monitoring, kamu harus memiliki kamera CCTV atau IP Webcam yang mendukung protokol jaringan.

Nah, selanjutnya kamu bisa memantau secara real-time setelah menghubungkan smartphone Android kamu dengan kamera keamanan, baik itu menggunakan jaringan 3G maupun WiFi.

Kesimpulan

Nah, itu dia deretan aplikasi CCTV HP Android paling canggih dengan segudang fitur yang canggih untuk memantau langsung kamera pengaman yang terpasang di rumahmu.

Jika kamu belum mengetahui cara menghubungkan CCTV ke HP Android dan iPhone, simak artikel tersebut. Semoga aplikasi di atas dapat membuatmu menjadi lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Related Articles

Back to top button