Ini Cara Rawat Motor Saat Musim Hujan Telah Tiba

ADVERTISEMENT

Ini Cara Rawat Motor Saat Musim Hujan Telah Tiba – Untuk beberapa warga Indonesia, sepeda motor adalah fasilitas transportasi yang dipandang paling fungsional. Walau sekarang ini musim penghujan sudah datang, motor juga masih jadi opsi transportasi unggulan.

Supaya motor bisa berfungsi secara maksimal, pasti ada beberapa cara perawatan yang perlu dikerjakan oleh pengendara. Astra Motor juga bagikan beberapa kiat perawatan motor sepanjang musim penghujan.

Dikutip dari situs resmi Astra Motor pada, salah satu perihal utama yang perlu dikerjakan oleh pengendara ialah selekasnya membersihkan motor sesudah menerabas hujan.

Ini perlu dilakukan sebab air hujan memiliki kandungan asam di mana yang dapat mengakibatkan korosi secara cepat pada beberapa bagian motor. Berarti, perlakuan untuk selekasnya membersihkan motor automatis bisa menekan munculnya korosi pada beberapa bagian dari motor.

Seterusnya, terus check beberapa bagian kelistrikan motor. Jika benar-benar dibagian kelistrikan ada tersisa air, keringkan selekasnya dengan lap.

Disamping itu, janganlah lupa check sisi yang lain khususnya kabel-kabel, adakah yang terbuka atau mungkin tidak. Oleh karenanya, selekasnya tutup kabel itu, sebab bisa mengakibatkan konslet saat terserang air hujan.

Nah, untuk kendaraan yang memakai rantai sebagai penggerak roda belakang, maka rantai jadi salah satu perihal yang penting diingat. Umumnya, rantai kendaraan tidak diperlengkapi dengan penutup rantai hingga benar-benar disarankan selalu untuk bersihkan rantai dari semua jenis kotoran yang melekat.

Apa lagi waktu musim penghujan semacam ini, kotoran makin lebih gampang melekat di bagian itu. Membersihkan sisi ini sampai betul-betul bersih, supaya kecepatan kendaraan tetap lancar tanpa suara berisik yang mengusik.

Untuk kendaraan matic, pengendara dianjurkan selalu untuk mengecek keadaan oli gardan. Ingat, waktu musim penghujan, air lebih berotensi untuk masuk di sisi transmisi atau gardan hingga bisa tercampur dengan oli transmisi. Bila benar-benar oli telah lumayan banyak terontaminasi oleh air, karena itu dianjurkan untuk selekasnya lakukan pergantian oli gardan.

Sumber : republika.co.id

Related Articles

Back to top button