Advertisement

Aplikasi Perekaman Suara Jernih untuk Android

Rancakmedia.com – Banyak yang mencari aplikasi perekaman suara jernih untuk Android, karena walaupun sudah dilengkapi dengan aplikasi perekaman suara, namun aplikasi bawaan smartphone seringkali memberikan pilihan yang terbatas dan kualitas suara yang dihasilkan terkadang kurang memadai.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat puluhan aplikasi perekaman suara jernih yang dapat kamu gunakan secara gratis di smartphone Android kamu.

Bahkan beberapa aplikasi yang akan kami analisa juga memberikan sejumlah fitur unik yang mungkin bisa membuat suara kamu lebih jernih, lho.

Ada begitu banyak aplikasi yang tersedia sehingga mungkin sulit untuk memutuskan mana yang akan digunakan, itulah sebabnya kami telah menyusun perbandingan aplikasi dari berbagai aplikasi yang menyertakan rekaman berkualitas tinggi.

15 Daftar Aplikasi Perekaman Suara Jernih untuk Android

Karena setiap aplikasi memberikan berbagai karakteristik yang fantastis, untuk itu, silakan lihat semua ulasan agar kamu dapat memilih yang sesuai dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Sebagai hasil dari fitur profesionalnya, aplikasi perekaman suara jernih Audiophile untuk Android dapat menangkap suara dengan kualitas di atas rata-rata aplikasi yang sebanding, yaitu hingga 44 kHz.

Selain itu, kamu memiliki opsi untuk mengubah kualitas suara secara manual dengan memilih dari berbagai bitrate mulai dari 32 kbps hingga 320 kbps.

Seperti yang diharapkan, semakin besar ukuran file rekaman kamu, semakin baik kualitas rekaman yang kamu pilih.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini memiliki alat untuk menyimpan rekaman ke layanan penyimpanan cloud online seperti Google Drive dan Dropbox.

Hi-Q MP3 Voice Recorder juga menyediakan lima format perekaman, yaitu MP3, WAV, M4A, OGG, dan FLAC.

Ingin merekam di tempat yang keras tanpa mengurangi suara rekaman? Aplikasi ini memiliki fungsi Gain untuk kenyamanan kamu.

Sayangnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini hanya bisa digunakan untuk merekam suara hingga 10 menit.

2. Smart Recorder – High-quality Voice Recorder

Smart Recorder memang terlihat tua jika dilihat dari sudut pandang user interface. Namun dari segi kualitas, aplikasi besutan SmartMob ini berani bersaing dengan aplikasi perekam suara lainnya.

kamu dapat merekam audio pada kecepatan pengambilan sampel apa pun antara 8 kHz dan 44 kHz dengan Smart Recorder. Tidak perlu mengatur tingkat sensitivitas gain mikrofon secara manual, karena aplikasi ini dapat secara otomatis mengubahnya ke tingkat yang sesuai.

Kerennya lagi, kamu dapat menangkap suara tanpa batasan waktu. Namun, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali itu dibatasi oleh ukuran file yang direkam. Jadi pastikan dalam satu kali perekaman, file yang direkam tidak lebih besar dari 2GB.

Dengan batasan ukuran sebesar itu tentunya sudah lebih dari cukup, apalagi jika hanya untuk merekam suara nyanyian.

Karena Smart Recorder memiliki antarmuka dasar, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Meski begitu, penyertaan penganalisis spektrum meningkatkan daya tarik visual aplikasi.

3. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor, seperti namanya, memungkinkan kamu merekam audio dan kemudian mengedit audio itu setelah direkam. Adanya alat potong, salin, dan tempel memungkinkan pengguna untuk menghapus atau mengubah pengaturan waktu suara agar lebih menarik.

Lexis Audio Editor juga dapat digunakan untuk menggabungkan banyak file suara menjadi satu, misalnya, memadukan rekaman suara nyanyian dengan suara suara melodi lainnya untuk membuat trek musik yang harmonis.

Ada juga 10 pengaturan band ekualisasi yang dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan efek suara sesuai keinginan.

Lexis Audrio Editor mendukung berbagai format audio, termasuk mp3, wav, flac, acc, wma, m4a, mp4, dan sebagainya.

Sedangkan dari segi estetika, aplikasi besutan Pamysy ini terkesan lebih profesional layaknya aplikasi edit suara di PC. Meskipun demikian, perangkat lunak ini sangat ramah pengguna.

4. Audio Recorder

Siapa yang tidak kenal dengan brand bernama Sony? Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini kan?

Ya, pabrikan elektronik besar asal Jepang ini tak hanya menawarkan hardware, tapi juga beberapa aplikasi menarik untuk ponsel dan tablet Android.

Salah satu aplikasi yang diproduksi oleh Sony Mobile Communications adalah aplikasi perekam suara yang diberi nama Audio Recorder. Antarmuka pengguna aplikasi ini, yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali, mudah dan tidak rumit.

kamu mungkin juga tidak hanya menggunakannya untuk merekam suara, tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat pengeditan audio yang direkam. Soal kualitas, tentu tidak bisa dipungkiri.

Baca Juga:  Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC

Alat konversi suara ke teks adalah salah satu fitur aplikasi yang paling keren; memungkinkan kamu untuk mengubah suara menjadi teks. Itu cukup keren, ya?

5. Easy Voice Recorder

Sesuai dengan namanya, aplikasi perekam suara yang dikembangkan oleh Digipom ini lebih mengutamakan kemudahan dalam penggunaannya.

Memulai perekaman suara semudah membuka aplikasi, menekan “rekam”, dan membiarkan aplikasi berjalan dengan sendirinya.

Kamu tidak ingin mengganggu perekaman untuk menggunakan aplikasi lain. kamu bisa, karena aplikasi ini juga dapat merekam di latar belakang.

MP4, PCM, AMR, dan lainnya adalah beberapa format perekaman yang didukung oleh Easy Voice Recorder.

Tidak puas dengan tampilannya? Tidak perlu beralih ke aplikasi lain, karena aplikasi yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali ini memberikan pilihan tema menarik yang dapat kamu gunakan secara gratis.

6. RexForge II – Audio Recorder

Ingin aplikasi perekam suara yang menawarkan fitur lengkap? Mungkin saja RecForge II – Audio Recorder adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan kamu.

Aplikasi Dje037 mungkin lebih cocok untuk orang yang sudah terbiasa dengan pengeditan audio, karena aplikasi opsi yang disediakannya.

Menggunakannya akan sulit bagi orang non-teknis. Selain kaya akan kemampuan, Rec Forge II juga menawarkan UI yang terlihat profesional. Penambahan fungsi penganalisis spektrum juga menawarkan tampilan yang lebih kontemporer.

7. Tape-a-Talk Voice Recorder

Rekam suara dengan kualitas terbaik dengan aplikasi Tape-a-Talk Voice Recorder. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam suara tanpa memperhatikan panjang rekaman atau ukuran file.

Perangkat lunak Markus Drosser dapat menangkap audio dengan kecepatan pengambilan sampel setinggi 44,1 kHz PCM. Bukan rahasia lagi bahwa peningkatan kualitas suara ada harganya: ukuran file yang lebih besar.

Untungnya, format AAC didukung oleh Perekam Suara Tape-a-Talk, membuatnya lebih ringan dan lebih kecil. Saat merekam dengan smartphone, mengapa layar menjadi hitam? tidak perlu takut, karena aplikasi ini dapat merekam dengan baik meskipun layar smartphone dalam keadaan mati.

Beberapa alat pengeditan audio dasar disertakan dalam aplikasi ini, yang telah diunduh lebih dari satu juta kali.

8. Titanium Voice Recorder with Number ID

Aplikasi perekaman suara Sappalodapps Development merekam suara dengan kecepatan pengambilan sampel mulai dari 8 kHz hingga 48 kHz dan menyimpan rekaman dalam format 3GP atau ACC.

Selain dapat digunakan untuk merekam suara dari luar smartphone Android, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menangkap suara saat melakukan panggilan di smartphone.

Selain itu, antarmuka yang dasar dan mudah digunakan juga menjadi salah satu fitur dari aplikasi ini. Meski begitu, aplikasi ini berhasil menjaring lebih dari 1 juta pengguna lho.

9. Samsung Voice Recorder

Apakah kamu pengguna smartphone Samsung? kamu harus mencoba aplikasi perekam suara yang satu ini. Samsung Voice Recorder sebenarnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Samsung.

Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan di smartphone lain, namun hanya beberapa perangkat yang dapat menjalankan aplikasi ini. Speech to Text adalah fitur menarik dari aplikasi ini. Dimungkinkan untuk menyalin dan menempelkan teks dari suara dengan fungsi ini.

Ada tiga mode perekaman di Samsung Voice Recorder. Mode Standar Pertama, mode ini menawarkan antarmuka perekaman dasar. Mode ini dapat digunakan dalam salah satu dari dua format wawancara.

Mikrofon atas dan bawah ponsel cerdas secara otomatis dihidupkan dalam mode Wawancara untuk memberikan suara wawancara yang jelas.

Terakhir adalah mode Memo Suara, mode ini dapat kamu gunakan untuk menangkap suara dan kemudian mengubahnya menjadi teks.

Dengan Samsung Voice Recorder, kamu dapat merekam di latar belakang saat menggunakan aplikasi lain juga, yang menambahkan aplikasi keren lainnya.

10. Voice Recorder Pro

Perekam Suara Pro adalah aplikasi perekam suara gratis yang sarat dengan kemampuan yang sangat lengkap.

Melalui aplikasi ini kamu dapat mengubah sample rate kualitas rekaman dari 8 kHz menjadi 44 kHz, dengan Bitrate yang juga dapat diubah, dari 32 kbps menjadi 320 kbps.

Voice Recorder Pro juga mendukung empat format audio yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari MP3 dan PCM untuk rekaman berkualitas tinggi, AAC untuk kualitas ideal, dan AMR untuk kualitas rendah yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi ruang penyimpanan.

Dari segi estetika, aplikasi ini memang terkesan lugas. Namun, jika kamu mencari aplikasi berkualitas tinggi, aplikasi dengan lebih dari 10 juta unduhan ini harus dimiliki.

Karena aplikasi program untuk menghasilkan rekaman suara sejernih kristal, satu pengguna bahkan telah menggunakannya untuk membuat iklan radio. Tak heran jika aplikasi besutan Splend Apps ini mendapat rating 4,6 di Play Store.

Baca Juga:  Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC

11. Voice Recorder

Aplikasi perekam suara baru Green Apple Studio, yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memiliki peringkat aplikasi 4,6, mengikuti jejak pendahulunya.

Kualitas suara dan fungsi aplikasi ini hampir identik dengan yang sebelumnya; hanya tampilan visualnya yang berubah.

Perekam Suara menawarkan antarmuka yang lebih sederhana daripada Perekam Suara Pro, meskipun demikian aplikasi ini juga mampu merekam suara dari laju pengambilan sampel 8 kHz hingga 41,1 kHz.

Perekam Suara hanya mendukung dua format audio, yaitu mp3 dan ogg. Layar mati saat merekam? Tidak perlu takut, karena aplikasi ini dapat beroperasi di latar belakang tanpa mengganggu.

Jika kamu mencari aplikasi perekam suara yang mudah digunakan namun dapat menghasilkan rekaman suara yang bagus, Perekam Suara mungkin merupakan pilihan yang tepat.

12. Super Voice Recorder

Pada umumnya aplikasi perekam suara biasanya hanya mampu menangkap suara dalam hitungan jam saja, namun hal itu tidak berlaku untuk aplikasi yang satu ini.

Pasalnya, aplikasi Lovekara ini memungkinkan kamu merekam audio selama yang kamu suka—hingga ratusan jam.

Saat merekam dalam durasi yang lama, tentunya kamu harus mengatur ruang penyimpanan yang sesuai, karena semakin lama waktu perekaman, maka ukurannya akan semakin besar. Jika kamu ingin merekam suara dalam jangka waktu yang lama, aplikasi ini sangat ideal untuk kamu.

Selain itu, Super Voice Recorder menawarkan tujuh pengaturan kualitas audio, mulai dari audio berkualitas tinggi untuk suara jernih hingga audio berkualitas rendah untuk menghemat ruang penyimpanan.

Tak heran jika aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini mendapatkan rating yang cukup lumayan di Play Store, mengingat fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini juga berhasil membuat pengguna senang.

13. Audio Recorder and Editor

Mau aplikasi perekam suara sederhana yang sudah dilengkapi dengan fitur audio editor? Audio Recorder and Editor solusinya.

Seperti namanya, aplikasi ini mungkin tidak hanya digunakan untuk merekam suara, tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan mengedit audio.

Namun, aplikasi yang dibangun oleh Rierie501 ini tidak akan membuat kamu bingung untuk menggunakannya, karena hanya memberikan fungsi pengeditan yang mudah.

Misalnya, aplikasi ini memiliki opsi konversi untuk merekam file, kontrol kecepatan, dan fitur penggabungan untuk merekam file.

14. Wear Audio Recorder

Perangkat lunak perekam suara oleh BinomV ini dibuat untuk ponsel cerdas dan jam tangan pintar yang menjalankan sistem operasi Wear OS.

Apakah kamu ingin menangkap suara tanpa ada yang memperhatikan? Wear Audio Recorder mungkin merupakan keputusan terbaik untuk kamu.

Pasalnya, meski aplikasi ini aktif, kamu mungkin menyembunyikannya agar tidak muncul di layar smartphone atau di bilah notifikasi. Bahkan Wear Audio Recorder juga bisa merekam dengan baik meski layar smartphone dalam keadaan mati.

Dari segi kualitas, tentunya aplikasi ini juga perlu kamu pertimbangkan, karena aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini memiliki karakteristik kualitas suara yang bisa di-tweak sesuai kebutuhan.

15. AudioRec

AudioRec menawarkan fungsi yang memungkinkan kamu merekam suara dalam mode stereo, meskipun fitur ini hanya berfungsi dengan baik pada ponsel cerdas yang memiliki dua mikrofon.

Dengan memanfaatkan aplikasi yang diproduksi oleh AC SmartStudio ini, kamu juga dapat memilih sample rate sendiri sesuai kebutuhan, dari 8 kHz hingga 48 kHz.

Audio Rec juga mendukung berbagai format audio, termasuk WAV, PCM, 3GPP, AMR, MP4, ACC, dan sebagainya. Belum lagi betapa hebatnya kamu dapat memanfaatkan kemampuan aplikasi ini secara gratis.

Kesimpulan

Demikian daftar aplikasi Aplikasi perekaman suara jernih untuk Android. Tentu saja, aplikasi yang tercantum di atas lebih baik daripada aplikasi perekaman bawaan untuk perangkat Android.

Silakan pilih aplikasi yang paling memenuhi kebutuhan kamu dari yang tersedia, karena masing-masing memiliki kemampuan khusus. Selamat mencoba.

Back to top button