Advertisement

Aplikasi Perekaman Suara Jernih di PC

Rancakmedia.com – Sejak era Android, perekaman ucapan telah berkembang cukup pesat. Salah satunya tentang ke canggihan aplikasi perekaman suara jernih di PC. Apalagi sekarang banyak individu yang ingin menjadi YouTuber.

Salah satu alat utama untuk membuat video youtube adalah aplikasi suara. Aplikasi suara memungkinkan pengguna untuk merekam lebih jelas dan bersih.

Ada beberapa manfaat menggunakan aplikasi, tetapi itu tidak terlalu penting. Selain wawancara dan rapat, software perekam suara sering digunakan untuk merekam lagu, tilawah, aplikasi cover lagu, dll.

Aplikasi perekaman suara terbaik untuk perangkat Android sudah diulas dalam penelitian kami. kamu dapat merekam apa pun lebih sederhana dengan HP.

Saatnya berbicara tentang aplikasi perekam suara PC dengan kualitas yang sama baiknya. kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbagai keperluan seperti dubbing materi youtube, streaming game online, dan sebagainya.

Di PC, sebenarnya ada kemampuan perekam suara bawaan, hanya saja opsi ini agak sulit ditemukan. Hasilnya, kamu tidak hanya mendapatkan kualitas suara yang lebih baik, tetapi kamu juga dapat menangkap suara dengan lebih mudah.

Penting!

kamu tidak memerlukan mikrofon eksternal saat menggunakannya di laptop. Tetapi untuk hasil suara yang lebih baik, kamu dapat menggunakan mikrofon tambahan.

Selain itu, mikrofon terpisah diperlukan untuk penggunaan PC.

Mikrofon kedua yang sederhana dapat menggunakan mikrofon di headset atau apa pun. kamu cukup memasukkannya ke dalam port input suara (biasanya di sebelah port headset) (biasanya di sebelah port headset)

Daftar Aplikasi Perekaman Suara Jernih di PC

Ada berbagai aplikasi untuk merekam suara di PC yang memiliki kualitas tinggi. Aplikasi ini juga sangat populer dan sering digunakan. kamu memiliki pilihan untuk memilih dari aplikasi berikut.

1. Adobe Audition

kamu dapat mengklaim ini adalah program perekaman audio dan pengeditan audio terbaik dengan berbagai fitur bermanfaat. Mirip dengan aplikasi Adobe lainnya.

Aplikasi ini berisi fitur-fitur penting seperti multitrack, pengeditan gelombang, dan alat pemulihan audio dengan hasil yang sangat baik, Ada juga efek suara yang sangat bagus, banyak elemen imersif yang membuat hasilnya lebih profesional.

Negatif dari aplikasi ini adalah mahal. Selain itu, tampilannya sangat detail sehingga membutuhkan waktu tambahan bagi pengguna baru.

Baca Juga:  Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC

2. Filmora Scrn

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi scrn Filmora. Aplikasi ini mencakup serangkaian fitur yang kuat dan antarmuka yang ramah pengguna.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat merekam dalam kualitas tinggi dan mengimpor file audio dan video dalam lebih dari 50 format berbeda.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah menggunakan teknologi flash yang kinerjanya agak berat. Alat pengeditan tidak mencukupi secara mendalam.

3. WavePad

Merekam suara dengan WavePad sangat mudah, dan ini adalah salah satu opsi paling populer yang tersedia. Tidak hanya mungkin untuk merekam, tetapi kamu juga dapat meningkatkan suara yang direkam dengan merekam berbagai parameter dan menerapkan berbagai efek.

Pemotongan dan tugas pengeditan lainnya juga dibuat lebih sederhana. kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis atau membeli untuk versi pro.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah kualitas akhir yang masih belum sempurna, kinerja yang terkadang kurang efisien.

4. Ocenaudio

Aplikasi Oceanaudio kemudian dapat diinstal. Meski tidak tampak mulus, aplikasi ini masih cukup user-friendly. Pengguna juga mudah untuk melakukan perekaman dan pengeditan audio.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat meningkatkan kualitas audio, merekam aktivitas layar, dan banyak lagi. Kelemahan dari aplikasi ini adalah software ini tidak bisa langsung memuat file dari CD, kinerjanya terbilang buruk.

5. Audacity

Audacity adalah freeware untuk merekam suara di PC yang dapat kamu gunakan secara gratis. Aplikasi ini, yang dapat diunduh gratis, bebas iklan dan memiliki banyak fitur praktis.

Aplikasi ini juga memiliki UI yang basic dan sederhana sehingga mudah digunakan. Pengeditan multi-track dan dukungan untuk plugin VST adalah fitur lain dari Audacity.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah fungsi noise cleaning masih perlu ditingkatkan, perekaman voice cord belum bisa.

6. Wavosaur

Banyak aplikasi mahal mungkin dianggap lebih rendah daripada alternatif gratis ini. Itu semua karena kualitas programnya tidak tertandingi.

Pemrosesan file dilakukan dengan menggunakan filter file WAV dan Mp3 yang membuat prosedurnya jauh lebih sederhana. Masalah dari aplikasi ini adalah fitur multichannel perlu ditingkatkan, kinerjanya sedikit lamban.

7. MixPad

Atau kamu dapat menginstal aplikasi MixPad. Antarmukanya sangat layak dan mudah digunakan, kamu dapat menyesuaikan audio dengan lebih hati-hati.

Baca Juga:  Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC

Beberapa manfaat yang dapat kamu terima dari aplikasi ini antara lain, menggabungkan banyak lagu secara bersamaan, dapat memilih berdasarkan filter, mendukung hampir semua format.

Masalah dari aplikasi ini adalah hanya memungkinkan output suara hingga 32 bit, Sample rate hanya 96 kHz.

8. Sound Forge

Sound Forge adalah program perekaman dan pengeditan suara dengan fungsionalitas yang cukup lengkap.

Kamu dapat merekam dan memodifikasi banyak saluran secara bersamaan dengan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini mendukung berbagai plugin dan efek VST.

Masalah aplikasi ini adalah hanya mendukung suara 32 bit dan kualitasnya tidak luar biasa, Beberapa GUI VST tidak didukung.

9. Spek

Kemudian kamu dapat menggunakan aplikasi Spec. kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit banyak audio sekaligus.

Mengimpor file juga mudah karena memungkinkan drag and drop. Dan dukungan untuk 19 bahasa yang berbeda.

Kelemahan dari aplikasi ini seperti nama codec dan karakteristik sinyal audio tidak dapat diamati, pada kenyataannya software tersebut telah kadaluarsa.

10. Highjack Audio

kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui bagaimana proses pengeditan suara bekerja secara real time. Antarmuka dan kontrolnya sangat mudah digunakan, bagus untuk pemula.

Selain data statistik yang kaya, aplikasi ini memungkinkan kamu mendengar modifikasi saat dibuat secara real time.

Dan beberapa kelemahan dari aplikasi ini adalah sering mengalami kesulitan mengekspor file bahkan untuk mp3.

Kesimpulan

Itulah aplikasi perekam suara jernih di PC yang bisa kamu gunakan. Ada juga lebih banyak aplikasi yang tersedia, tetapi kamu dapat mulai dengan mengevaluasi aplikasi di daftar ini.

Simak juga perbincangan tentang aplikasi perekaman suara jernih di Android, yang dapat membuat rekaman suara di Android kamu menjadi keren.

Oke, selain itu juga terdapat aplikasi perekaman suara iPhone dan iPad. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Back to top button