Advertisement

Cara Membuat Graffiti di Photoshop dengan Mudah

Rancakmedia.com – Graffiti tidak hanya dapat dilakukan di dinding jalanan saja, tetapi bisa juga kamu membuat Graffiti di Photoshop.

Dalam materi pembelajaran Photoshop ini, saya juga akan menyajikan tutorial cara menulis menggunakan program tetapi dengan jenis tulisan yang lebih keren seperti yang biasa kamu lihat di dinding jalanan.

Ya, gaya penulisan ini dikenal sebagai Graffiti. Lukisan jalanan ini tidak perlu membuat tangan kamu kotor atau bekerja keras untuk membuat dinding jalanan kosong di luar rumah kamu.

Kamu hanya perlu duduk manis di depan komputer dan menggunakan program Photoshop untuk membuatnya.

Saya pikir ada baiknya untuk memperjelas apa itu Graffiti terlebih dahulu, sebelum kita berbicara tentang penggunaan Photoshop untuk membuatnya.

Apa Graffiti itu?

Graffiti (kadang-kadang disebut graffity atau Graffiti) adalah jenis Graffiti dinding di mana frasa, simbol, atau kalimat tertentu ditulis menggunakan kombinasi warna, garis, bentuk, dan volume, menurut Wikipedia.

Kaleng cat semprot adalah instrumen yang paling sering digunakan saat ini. Sebelum cat semprot dapat diakses, Graffiti terutama dibuat dengan menyikat cat dengan kuas atau kapur.

Nah, bedanya dari penjelasan graffiti di atas, saya akan share cara membuat tulisan graffiti tidak menggunakan pilok atau cat. Akan tetapi saya akan mengajarkannya dengan menggunakan photoshop. Artinya membuat graffiti elektronik

Cara Membuat Graffiti dengan Photoshop

Ingin tahu cara membuat graffiti dengan photoshop? Simak cara berikut ini:

Langkah 1

Buatlah sebuah layer kerja baru pada software photoshop. Sesuaikan ukuran dengan besar desain yang ingin kamu buat. Pastikan mengatur resolusi pada angka tinggi apabila kamu ingin mencetak desain tersebut dengan ukuran yang besar.

Langkah 2

Download gambar background dengan tekstur tembok. Kemudian buka gambar tersebut dalam aplikasi photoshop kemudian sesuaikan bentuknya dengan ukuran layer yang tadi kamu buat.

Seperti biasa, kamu bisa melakukannya dengan teknik Free Transform (CTRL + T) setelah ukurannya sesuai tekan Enter.

Langkah 3

Mulailah membuat tulisan yang akan diubah menjadi graffiti. Sebenarnya di internet adna bisa dengan mudah mendownload jenis font yang didesain dengan bentuk graffiti. Seperti pada tutorial ini yang digunakan adalah font dengan type LEMON DAY.

Langkah 4

Tambahkan garis luar dengan menuju menu Layer>Layer Style>Stroke lalu atur sampai mendapatkan ukuran garis luar yang sesuai.

Langkah 5

Langkah selanjutnya adalah menambahkan efek cat yang menetes. Dengan menggunakan Pentool dan mengatur Shape Layers.

Langkah 6

Lakukan langkah tersebut secara berulang sampai mendapatkan banyak efek tetean cat dan menjadikan tulisan grafiti tersebut menjadi lebih keren.

Langkah 7

Sekarang tekan Ctrl kemudian Klik Layer Tulisan untuk memunculkan seleksi pada sekitar tulisan. Ketika seleksi tersebut masih aktif, buatlah sebuah layer baru dengan melakukan klik kanan lalu pilih opsi Edit>Stroke. Atur seperti pada gambar betikut:

Langkah 8

Buat lagi efek tetesan cat namun kali ini diberi warna ungu. Gambar tulisan graffiti akan menjadi semakin keren dan menarik.

Langkah 9

Untuk membuat tulisan graffiti menjadi lebih dramatis. Buatlah sebuah layer bari di atas layer tembok. Buat gambar dengan menggunakan Pentool mengelilingi tulisan graffiti yang telah dibuat.

Langkah 10

Bua efek tetesan cat lagi dengan warna hitam. Maka gambar graffiti akan tampak lebih dramatis dan semakin menarik.

Langkah 11

Agar tampak menyatu dengan tembok, aturlah opacity dari layer tersebut aar gambar menjadi transparan dan nampak efek tekstur dari tembok pada tulisan graffiti yang telah dibuat.

Kesimpulan

Begitulah cara membuat graffiti di photoshop. Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Kembangkan kreatifitas kamu dan buatlah beragam tulisan yang lebih menarik. Semoga bermanfaat.

Back to top button