Advertisement

Cara Mencegah Ketergantungan Pada Smartphone

Rancakmedia.com – Harus tahu cara mencegah ketergantungan pada smartphone, di dunia digital saat ini, keberadaan manusia kontemporer bergantung pada gadget, khususnya handphone, simak dalam artikel berikut ini.

Pagi, siang, hingga menjelang malam, handphone tentu ketergantungan pada Smartphone dari genggaman. Masalah muncul ketika kamu “berpikir” tentang apa yang “di” ponsel kamu hampir sepanjang waktu. Alhasil, mau tidak mau kamu harus mengecek ponsel untuk melihat apa saja, entah itu update informasi, email, bermain game, hingga melihat pesan teks.

Semuanya terasa signifikan. Seiring waktu, hidup kamu seperti ada yang hilang jika kamu tidak melihat (memeriksa) smartphone kamu.

kamu tidak sendirian, temuan penelitian Ernst and Young terhadap 1000 warga Singapura menemukan bahwa konsumen menghabiskan 12 jam 42 menit setiap hari menggunakan gadget. Artinya, kamu menghabiskan setengah dari jam bangun kamu mengutak-atik teknologi.

Padahal, penggunaan gadget yang berhubungan dengan kesehatan telah terbukti berdampak buruk dalam berbagai penelitian. Penelitian dari University of British Columbia menunjukkan bahwa orang yang memeriksa email mereka secara teratur lebih rentan terhadap stres daripada mereka yang memindai email mereka hanya 3 kali per hari.

Kurangi dampak negatif stres pada kesehatan dan kesejahteraan kamu. Coba minimalkan frekuensi penggunaan gadget. Psikolog Bhali Gil dari Forbes.com mengusulkan berbagai cara untuk menghindari kecanduan gadget, seperti:

Matikan telepon (offline) di Malam Hari

Kamu mungkin berasumsi akan sulit tidur tanpa memeriksa ponsel kamu terlebih dahulu di malam hari. Sebenarnya, masalah tidur karena rutinitas tidur kamu dipengaruhi oleh kebiasaan memeriksa ponsel kamu. Cahaya biru ponsel mengganggu pembentukan melatonin, menyebabkan otak tetap terjaga dan waspada. Berikut adalah beberapa ide untuk mematikan komputer kamu di malam hari untuk mencegah hal ini:

  1. Berhenti menggunakan ponsel kamu satu jam sebelum tidur.
  2. Matikan penggunaan data seluler agar tidak ada notifikasi yang masuk.
  3. Tidur dengan ponsel di luar jangkauan.
  4. Gunakan jam alarm alih-alih alarm ponsel kamu untuk membuat kamu bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Hilangkan Kebiasaan Memeriksa Ponsel Kamu Segera Setelah Kamu Bangun dari Tempat Tidur

Hindari memeriksa ponsel kamu di pagi hari mulai sekarang. Pagi hari adalah saat otak kita segar dan awal yang baik untuk membangun hari yang penuh optimisme, ketenangan, dan sejenisnya. Periksa email, Facebook, Twitter, Whatsapp, dan aplikasi lain memungkinkan kamu memulai hari dengan pendapat, ide, dan fakta orang lain.

Ini dapat mengganggu kemampuan kamu untuk berpikir kreatif dan produktif, dan bahkan dapat menempatkan kamu dalam sikap yang buruk untuk memulai hari. Untuk memulai kebiasaan ini, tunda memeriksa atau melirik ponsel setidaknya selama satu jam setelah bangun tidur.

Begitu ada Pesan atau Notifikasi Update Informasi, Jangan Langsung dicek

Setelah kamu menerima pemberitahuan, kamu biasanya ingin langsung memeriksanya. Bukan hanya karena notifikasinya yang signifikan, tapi hormon dopamin di otak yang menciptakan sensasi kenikmatan. Akibatnya, timbul kebutuhan untuk merasa senang berulang-ulang (kecanduan) dari notifikasi.

Langkah-langkah berikut akan membantu kamu memulai kebiasaan untuk segera memeriksa ponsel kamu setiap kali kamu mendapat pemberitahuan:

  1. Atur atau jadwalkan waktu untuk memeriksa email atau pemberitahuan lainnya.
  2. Matikan notifikasi (lansiran).
  3. Hapus semua program yang tidak mutlak diperlukan.
  4. Ada banyak aplikasi di luar sana yang membuat kamu merasa cemas karena menekankan bahwa kamu akan memeriksanya setiap saat.

1 2Next page
Back to top button